Trending News

Blog Post

Album of The Day: Cover Drive – Bajan Style
Album of The Day

Album of The Day: Cover Drive – Bajan Style 

Released by: Universal Music Indonesia

Siapa itu Cover Drive? Jika belum mengetahui, itu wajar saja, karena band yang beranggotakan Karen Amanda Reifer (vocal), “T-Ray” Armstrong (drum), Barry “Bar-Man” Hill (gitar) dan Jamar Harding (bass) ini adalah band yang fresh from oven. Dan album debut mereka, Bajan Style, baru saja dirilis di penghujung Mei yang lalu, sehingga masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan dan menyimak serunya musik mereka.

Tapi pasti pernah mendengar Twilight, dong? Dengan memadukan antara reggae dan electro-pop, lagu tersebut terdengar mantap di pendengaran dan siap menjadi teman penggoyang tubuh. Twilight hadir dengan sangat menyegarkan, easy listening dan sangat memorable. Vokal Karen yang khas juga mengundang perhatian dengan maksimal.

Seolah kita mendengarkan imaji Rihanna saat menyimak lagu tersebut. Tidak salah juga, karena Cover Drive pun berasal dari Barbados, sehingga vokal Karen pun masih diselumuti oleh aksen yang biasa kita kenal dari Riri. Kemiripan itu semakin kental saat mendengarkan Bajan Style. Lagu-lagu yang terdapat di album ini seolah-olah melempar kita ke mesin waktu beberapa tahun lalu, saat Riri memaksimalkan lagu-lagu berirama reggae/karibia, sebelum akhirnya lebih condong pada elektro-pop.

Lagu Lick You Down mungkin adalah lagu yang paling mengingatkan akan Riri. Mulai dari cengkok hingga corak reggae dan Hip-hop yang menjadi hibrida lagunya. Akan tetapi Cover Drive jelas bukan Rihanna. Mereka masih memiliki banyak kualitas lainnya yang membuat mereka terdengar berbeda. Persamaan ini cukup sampai disini dan kita harus melihat Bajan Style dalam konteksnya sendiri.

Sebuah album yang tidak akan membosankan sama sekali, karena memiliki lagu-lagu yang sangat entertaining dan ini menjadikan Bajan Style sebagai album musim panas yang seru. Pesta dan kemeriahan akan menjadi semakin riuh dengan kehadirannya. Mendengarkan Hurricane mungkin dapat menjadi contoh bagaimana sebenarnya album ini. Dengan beat rapat dan menderu, Cover Drive dengan cerdik menjadikan reggae menjadi mesin dance yang seru. Memadukan antara irama karibia dengan elemen pop kekinian dengan sangat menarik dan mudah untuk dicerna adalah kelebihan tersendiri.

Namun, highlight untuk album ini mungkin terdapat di track seperti Sparks mungkin dapat menjadi sample untuk ini. Disini Karen menunjukkan kelasnya dengan menghadirkan vokalnya secara lebih lembut dan penuh perasaan, sehingga lagunya terdengar lebih subtil. Penerapan yang sama juga dapat ditemui dalam track Can’t Live In A World yang memadukan antara mello-pop dengan reggae yang lebih pekat. Vokal Karen terdengar cukup berbeda dari biasanya dan hadir dengan melepas embel-embel jenerik.

Meski begitu, jangan lupakan jika Bajan Style adalah anthem pesta dan ia memiliki banyak amunisi paten untuk itu. Contohlah Headphones yang agak terdengar sedikit No Doubt-ish. Atau simak track That Girl yang gegap-gempita, memadukan antara dance dan elektro-pop dengan maksimal tanpa meminggirkan ciri khas mereka, reggae. Explode mungkin terdengar cukup tipikal, akan tetapi masih bolehlah untuk memanaskan suasana pesta.

Bajan Style adalah album pop yang intens dan dipenuhi dengan semangat serta enerji muda yang segar. Lagipula rasa-rasanya sudah cukup lama kita tidak mendengarkan lagu-lagu berirama reagge yang seru. Dengan menyebutkan nama Bob Marley sebagai salah satu inspirasi mereka, jelas telah menjadi kelebihan tersendiri, meski kemudian mereka memilih untuk hadir dengan lebih pop dan easy listening. Namun itu bukan masalah sama sekali, karena Cover Drive menjanjikan pesta yang seru. Dan mereka menepatinya.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Bajan Style (Intro)” 1:17
2. “Twilight” 3:27
3. “Lick Ya Down” 3:21
4. “Headphones” 3:58
5. “That Girl” 2:37
6. “Sparks” 2:55
7. “Explode” 3:08
8. “Wrongside” 3:26
9. “Can’t Live in a World” 3:48
10. “Hurricane” 3:24
11. “I Know You Too Well” 3:26
12. “Bajan Style (Outro)” 0:37

Related posts

Leave a Reply