Trending News

Blog Post

Album of The Day: Dia Frampton – Red
Album of The Day

Album of The Day: Dia Frampton – Red 

Released by: Universal Music Indonesia

Kita mungkin mengenal Dia Frampton sebagai runner-up dari ajang pencarian bakat Amerika, The Voice musim pertama. Tapi jauh sebelum itu, bersama saudara perempuannya, Meg, Dia telah wara-wiri di dunia musik. Meski tidak mencapai kepopuleran seperti yang diraihnya sekarang, akan tetapi Meg & Dia, demikian nama band mereka, cukup mendapat tempat di penikmat musik mereka. Nah sebagai salah satu pemenang The Voice, selain populeritas, Dia juga mendapat kesempatan untuk merekam album solo debutnya. Dan voila, inilah Red!

Dia Frampton tidak hanya memiliki suara yang berkarakter khas, sebagai modal utama, namun juga kemampuannya untuk menulis lagu. Beruntungnya lagi, Dia bukan penulis lagu biasa karena ia pun memiliki bakat yang lebih dari cukup untuk menulis lagu yang bagus. Semua kelebihan Dia ini dapat ditemui dalam album Red ini. Namun Dia tidak sendiri. Ada beberapa nama paten yang membantu dia dalam menulis lagu, sebut saja Mark Foster dari Foster the People, Kid Cudi, Isabella Summer dari Florence + Machines, Julie Frost dan banyak lagi. Kehadiran nama-nama tersebut selain memperkaya materi album namun justru juga membantu ciri khas dalam musik milik Dia.

Red sebenarnya adalah album pop berbalut rock. Namun sama sekali tidak terdengar pasaran karena Dia juga mengimbuhi dengan beberapa warna musik seperti folk, dance, sampai hip-hop. Uniknya semua materi tersebut pada akhirnya terdengar sangat Dia sekali, meski hadir dengan konsep yang berbeda-beda satu sama lain. Album dibuka dengan Don’t Kick The Chair dan ini adalah pilihan yang cukup tepat karena melalui lagu ini Dia dapat menunjukkan musikalitas dirinya yang cukup luas. Kehadiran rapper Kid Cudi menjadi nilai lebih tersendiri sehingga lagu yang sangat manis ini. Pada akhirnya Don’t Kick The Chair mengalir seperti sebuah pop yang dibalut oleh nuansa hip-hop namun tidak terdengar saling bertolak belakang. Sebaliknya, mereka memadu dan saling mendukung untuk membangun atmosfir riang lagunya. Sungguh awal yang bagus.

Masuk ke track kedua, Isabella, Dia pun hadir dengan lebih tradisional dalam balitan pop-folk yang sedikit riuh namun sangat menyenangkan untuk disimak. Vokal Dia yang unik memang tampaknya tepat jika bernyanyi dalam lagu penuh emosi seperti The Broken Ones ini. Eskalasi vokal yang diperlukan oleh single ini dengan mulus dinyanyikan oleh Dia. The Broken Ones sendiri adalah sebuah power ballad dengan sedikit intensitas dalam ritmenya. Mengandalkan tetabuhan drum yang intens, meski sebenarnya adalah sebuah lagu melankolis tentang perasaan cinta yang terluka. Dan Dia Frampton dengan sangat mulus menyampaikan esensi lagunya melalui nyanyiannya yang total.

Kerja sama dengan Mark Foster dapat disimak dalam track Billy The Kid. Nuansa alternative-dance mewarnai single ini dengan sedikit sentuhan rock. Sedang tangan dingin Isabella Summer dapat di dengar di track Bulleye yang moody dan atmospheric. Pemanfaat gitar akustik ditengah-tengah musik yang ambisius membuat track ini tetap terdengar organis dan membumi. Track I Will menjadi istimewa karena menampilkan vokal Blake Shelton, yang merupakan mentor Dia di program The Voice. Lagu yang ditulis Dia bersama busbee dan Saphiro ini memang kental dengan aroma country yang dapat dimaklumi sebagai bentuk terimakasih Dia kepada sang mentor. Sementara itu, dalam Walk Away, yang dibuka dengan siulan, Dia seolah mengingatkan jika ia adalah seorang pengusung musik pop yang eklektik *cough* indie *cough*, dengan folk dan rock saling bergantian menemani ia bernyanyi.

Sungguh, semua materi di dalam album Red ini tidak ada yang jelek. Semua lagu memiliki keunikannya masing-masing dan berbeda satu sama lain namun tetap memiliki benang merah yang akan langsung menandai kita dengan seorang Dia Frampton. Dia adalah seorang penyanyi pop. Itu memang tidak terbantahkan. Namun ia bukan penyanyi pop kebanyakan. Idealisme dalam bermusik tetap kental menemani komersialisasi yang terdapat di dalamnya. Jam terbang Dia yang cukup tinggi sebelum perilisan Red memberi keuntungan tersendiri karena album ini kemudian sama sekali tidak terdengar sebagai album debutan. Matang dan memiliki konsep yang rapi. Maka sambutlah Dia Frampton. Dan Red dijamin akan menarik perhatian anda. Such a delightful album!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Don’t Kick the Chair” (featuring Kid Cudi) Dia Frampton, Scott Mescudi, busbee, Julie Frost Greg Kurstin 3:34
2. “Isabella” Frampton, Troy Verges, Brett James Greg Wells 3:08
3. “The Broken Ones” Frampton, Ross Copperman, Tom Shapiro Greg Wells 4:14
4. “Good Boy” Frampton, Chris Seefried busbee & J Bonilla 3:00
5. “I Will” (featuring Blake Shelton) Frampton, busbee, Shapiro busbee 3:28
6. “Billy the Kid” Frampton, Mark Foster, Isom Innis Isom Innis, Mark Foster (co.) 3:47
7. “Daniel” Frampton, Toby Gad, Lindy Robbins Toby Gad 3:35
8. “Walk Away” Frampton, Jimmy Harry, Fran Hall Ian Kirkpatrick 4:14
9. “Bullseye” Frampton, Isabella Summers Isabella “Machine” Summers 3:24
10. “Trapeze” Frampton, David Hodges, David Harris David Hodges, David Ryan Harris (co.) 3:31

Related posts

Leave a Reply