Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ellie Goulding – Lights
Album of The Day

Album of The Day: Ellie Goulding – Lights 

Ellie Goulding merupakan sensasi Inggris terbaru yang cukup menyita perhatian. Dengan vokalnya yang khas, cengkok folk yang kuat, namun justru bermain-main dalam ranah synth-elektro-pop yang lebih populer. Tidak heran perpaduan yang unik tersebut membuat Lights, yang merupakan album debut dara 25 tahun kelahiran Hereford, Herefordshire, Inggris ini, terdengar begitu istimewa.

Under the Sheets adalah single pertama yang digunakan oleh Goulding untuk memperkenalkan musiknya. Sebuah lagu bercorak rock namun dengan imbuhan bebunyian elektronika dibelakang, sementara Goulding bernyanyi seperti peri-peri di dataran Skotlandia yang mengawang dan berkelok-kelok. Beat yang berat olahan drum machine membuat lagu ini terdengar begitu bersemangat namun justru berubah menjadi sebuah light-disco yang mengalir di bagian chorusnya.

Selanjutnya ada Starry Eyed yang ultra-catchy. Vokal Goulding segera membuka lagunya sementara gitar akustik bermain-main disekitarnya. Memasuki chorus ia tiba-tiba berubah menjadi sebuah elektro-pop yang berdegup kencang. Perpindahan struktur ini uniknya tidak terdengar berantakan, namun justru menjadi kekuatan lagunya.

Tampaknya Goulding memang senang dengan mengobrak-abrik pola dan struktur lagu untuk memuaskan estetika bermusiknya. Namun (untungnya?) ia tidak begitu nekad dengan mengambil tindakan-tindakan eksperimental yang ektrim, karena lagu-lagu yang terdapat di dalam Lights masih terdengar harmonis dan easy listening. Namun dengan pilihan yang tidak biasa seperti ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Goulding karena ia terdnegar cukup berbeda dengan kebanyakan penyanyi pop yang ada.

Lights pada intinya memang sebuah album pop dengan beat-beat catchy dan bisa disebut generik. Namun untunglah Ellie Goulding tidak mengizinkan musiknya menjadi terlalu banal, karena ia mampu menghadirkan lagu-lagunya dalam koridor eklektik, meski dalam kadar yang cukup ringan. Coba simak lagu Guns and Horses. Folk dan synth-pop yang diusung oleh lagu tersebut malah membuat ia terdengar seperti sebuah anthem new wave dengan kadar pop yang kental. Unik.

Gaya sejenis dapat ditemui dalam track This Love (Will Be Your Downfall), yang kental dengan nuansa dance meski bukanlah sebuah lagu dansa. Sedang Animal malah terdengar seperti sebuah lagu new age awalnya, meski kemudian berubah bentuk menjadi sebuah elektro-pop dengan beat yang berat dan rapat. Setelah kita mengira lagu sudah menunjukkan bentuk sebenarnya, ia berubah lagi menjadi sebuah elektro-house di pertengahan.

Lagu-lagu pop yang lebih konvensional dan organis juga masih tersimpan di dalam Lights, contohlah seperti Everytime You Go yang bergaya power-pop atau lagu mid-tempo yang penuh perasaan seperti The Writer. Sepertinya di lagu-lagu seperti inilah vokal Goulding terdengar lebih jernih dan subtil, serta mampu memberi penekanan pada akesntuasi vokalnya yang unik. Makanya saat ia menyanyi-ulang Your Song milik Elton John, ia tetap mampu menangkap esensi lagu dan menginterprestasi dengan ciri khasnya tanpa harus mengkhianati bentuk asli lagunya

Album yang juga dikenal dengan Bright Light, dibuka dengan Lights, elektropop dengan arsiran folk yang cukup tegas. Bisakah kita sebut dengan elektro-folk atau folktronika? Terserah apa namanya, namun Ellie Goulding telah memiliki cukup modal untuk membuat namanya dikenal secara luas. Berbekal album yang diisi oleh banyak lagu yang menarik dan mudah dicerna.

Mungkin ia terdengar too manufactured, mengingat Starsmith yang menjadi produser bagi album ini dikenal sebagai DJ kawakan, sehingga akar folk Goulding terdengar agak dipoles sebagai gimmick untuk “musik mesin” yang menjadi andalan album ini, Namun percayalah, kerjasama mereka terjalin dengan cukup baik dan meski Lights tidak mencapai level musik dengan estetika yang tinggi, namun ia adalah sebuah album pop yang bagus dan sangat pantas untuk disimak.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Lights” (Single Version) 3:32
2. “Guns and Horses” 3:35
3. “Starry Eyed” 2:56
4. “This Love (Will Be Your Downfall)” 3:53
5. “Under the Sheets” 3:44
6. “The Writer” 4:11
7. “Animal” 3:40
8. “Every Time You Go” 3:25
9. “Your Biggest Mistake” 3:25
10. “Salt Skin” 4:17
11. “Your Song” 3:10

Related posts

Leave a Reply