Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kimbra – Vows
Album of The Day

Album of The Day: Kimbra – Vows 

Released by: Warner Music Indonesia

Kimbra Johnson atau yang lebih dikenal dengan Kimbra adalah solois asal Selandia Baru yang patut untuk dicermati dan debut albumnya, Vows, adalah sebuah album pop yang memikat. Mungkin kita mengenal dia berkat duet ciamiknya bersama Gotye dalam single super hits Somebody That I Used To Know, namun jauh sebelum itu Kimbra telah menghadirkan beberapa single yang mencuatkan namanya, sebelum akhirnya merilis album ini.

Settle Down, yang dirilis pada tanggal 10 Juni 2010 menjadi momentum awal Kimbra. Lagu yang menjadi pembuka Vows ini memang jenis lagu yang pas untuk memperkenalkan vokal Kimbra yang cemerlang sekaligus memperkenalkan jenis musik eklektik yang diusung oleh Kimbra. Dibuka dengan perlahan dan lembut, memasuki pertengahan Settle Down berubah menjadi lagu penuh tenaga dan meledak-ledak. Jelas vokal Kimbra termasuk golongan yang mengagumkan dengan selera musik yang berkelas

Vokal Kimbra mempunya jangkauan yang luas juga sangat bertenaga, namun dalam album ini ia tidak hanya menjual kekuatan vokalnya belaka namun juga dengan berani menampilkan lagu-lagu yang dikomposisikan dalam semangat urban dan eklektik yang tebal.Meski pop masih menjadi dasar bagi kebanyakan lagunya, namun setiap lagu diaransemen dengan menyimpan kejutan dalam pergerakan notasinya. Bisalah kita sebutkan jika Kimbra adalah pengusung pop alternatif yang progresif. Jangan lupakan adonan soul yang tanpa segan-segan ditiupkan Kimbra dalam teknik bernyanyinya. Sangat menyegarkan untuk disimak.

Coba simak Cameo Lovers untuk mengenal perpindahan corak yang mengejutkan oleh Kimbra. Dibuka seperti seolah-olah sebuah synthpop 80-an, kemudian berubah menjadi sebuah retro-pop-soul dipertengahan. Perpindahan ini dieksekusi dengan sangat mulus dan alih-alih mengganggu malah menambah kuat impresi lagunya itu sendiri. Seperti sebuah petualangan yang seru.

Meski begitu, jika kita cermati baik-baik setiap lagu yang terdapat di dalam album ini memiliki warna jazz namun dalam tone yang lebih light. Tentu saja tidak kita nafikan pesona pop yang diadopsi oleh Kimbra untuk memperkaya, namun fusi yang menarik ini membuat setiap lagu terdengar begitu variatif dan tak terduga. Sebagai contoh ambil saja track Wandering Limbs, dimana Kimbra benar-benar menunjukkan sisi jazzy sebenarnya. Lagu yang menampilkan vokal Sam Lawrence ini memang disajikan sebagai hidden track setelah single terakhir, jadi jangan sampai terlewatkan.

Selebihya, Vows menawarkan lagu-lagu dengan atmosfir yang cenderung kelam, seperti lagu ala trip-hop berjudul Plain Gold Ring atau new-wave-ish seperti Something In The Way You Are. Lantas, dimanakah lagu-lagu sederhana yang menye-menye namun justru sangat membuai pendengaran? Jangan kuatir, Vows masih menyimpan lagu seperti Old Flame, sebuah anthem galau, yang meski tetap terdengar eklektik, namun jelas hadir dengan pendekatan struktur yang sederhana. Dan jangan sampai lewatkan Two Ways Street yang berderap dalam beat yang pekat, namun sebenarnya memiliki melankolisme yang cukup tinggi.

Sebagai bonus, diselpikan tack Warrior, yang merupakan single promosi milik brand sepatu populer, Converse dan menampilkan kolaborasi Mark Foster dari Foster the The People, DJ A-Trak. Lagunya sendiri dikerjakan dengan serius. Dengan mengambil elemen-elemen synth-pop dan electro-pop, vokal Kimbra pun dipilih untuk mendominasi lagunya.

Vows yang kita bahas kali ini adalah edisi edar untuk daerah Amerika Serikat / Kanada dan memiliki beberapa materi yang berbeda dari perilisan sebelumnya. Namun secara umum, terutama jika kita membicarakan masalah konteks, benang merah dan atmosfir, tidak banyak terdapat perbedaan. MUngkin yang menjadi sedikit masalah saat mendengarkan album ini adalah tensi yang sedikit menurun saat memasuki paruh akhir. Setelah “dihajar” oleh lagu-lagu seru tak biasa, mungkin kita akan menjadi sedikit lelah dengan gaya yang sedikit tipikal. Namun ini bukan masalah besar, karena Kimbra memiliki vokal juara yang memikat dan juga keberanian untuk mengeksplorasi bebunyian untuk memperkaya lagu-lagunya dan tidak melulu mengandalkan vokalnya.

In the end, this is really an impresive album and this girl really deserved a giant success!

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Settle Down” 4:02
2. “Something In The Way You Are” 4:23
3. “Cameo Lover” 4:03
4. “Two Way Street” 4:20
5. “Old Flame” 4:30
6. “Good Intent” 3:32
7. “Plain Gold Ring (Live)” 4:32
8. “Come Into My Head” 4:39
9. “Sally I Can See You” 3:58
10. “Posse” 5:07
11. “Home” 3:04
12. “The Build Up” 5:06
13. “Warrior” (Bonus Track) 4:16
14. “Wandering Limbs” (Hidden track on CD after Warrior) 5:26

Related posts

Leave a Reply