Trending News

Blog Post

Album of The Day: Super Junior – Sexy, Free & Single
Album of The Day

Album of The Day: Super Junior – Sexy, Free & Single 

The King of Hallyu superstar group is back. Super Junior baru saja merilis album ke enam mereka “Sexy, Free And Single” secara resmi tanggal 1 July. Album ini berisi 10 track yang berbeda dengan lagu-lagu mereka di album-album sebelumnya. Dengan kesuksesan album-album sebelumnya tidak heran jika mereka ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda. Jika sudah terbiasa dengan lagu Sorry Sorry, Bonamana atau Mr. Simple dengan style funky dance industrial music, maka di album ini bersiaplah mendengarkan versi baru dari Super Junior.

Coba simak track pertama Sexy, Free and Single yang menjadi single andalan. Dengan durasi 3:44, lagu yang ditulis dan di aransir oleh penulis lagu asal Denmark Daniel “Obi” Klein, Thomas Sardorf and Lasse Lindorff berkisah tentang kehidupan Super Junior sebagai seorang lelaki sexy yang free dan masih single dalam mengarungi dunia selebrities. Lagu ini bertempo middle-beat European House music di balut unsur R&B serta sentuhan soul. Tak ada beat up tempo yang berulang-ulang. Vokal para personilpun terdengar lebih natural tanpa banyak sentuhan auto tune dan effect yang berlebih. Mereka terdengar lebih kalem dan dewasa.

Sayangnya hal ini bisa jadi boomerang. Tone yang di hadirkan yang terdengar sama hampir dari awal hingga akhir tidak memberikan sesuatu yang bisa langsung menarik perhatian pendengar. Walaupun verse lagu ini pun terdengar kuat dari sisi vokal dan aransemennnya tapi tetap tidak ada tidak ada sound ataupun lirik di awal yang catchy seperti pada lagu Sorry Sorry, Bonamana bahkan Mr. Simple. Sepertinya ada sesuatu yang hilang dan perlu waktu berkali-kali untuk mendapatkan soul dari lagu ini sebenarnya apa. Tapi lama kelamaan jika di dengar berulang kali lagu ini sebenarnya asik juga. Penemanan di berkendara di jalan bahkan bisa di jadikan semacam soundtrak saat berjalan di keramaian. It’s like “Hey look at me, I’m Sexy, Free and Single”. Yah semoga tidak kesandung saja.

Hal yang juga berbeda dari track Sexy,Free and Single adalah pengaturan pembagian bernyanyi. Jika di lagu-lagu andalan album sebelumnya Siwon selalu menjadi penyanyi pembuka, maka kali ini Donghae di usung menyanyikan bait pertama. Selanjutnya aturan di lagu-lagu sebelumnya kembali terulang. Berturut turut giliran Kyuhyun yang mempunya kekuatan menyanyikan lagu-lagu mellow lalu di susul Sungmin dan Ryewook. Setelah itu di bagi rata ke para personil lainnya. Sayangnya, seperti biasa juga Shindong selalu hanya kebagian satu baris lirik saja.

Sebelumnya para E.L.F ( sebutan untuk fans Super Junior) sempat mengirim semacam petisi untuk album ke enam ini. Mereka meminta pihak SM Entertainment selaku agency Super Junior lebih serius menggarap album ini. Lebih banyak lagu yang mengeksplore kemampuan vokal mereka dan bukan sekedar semacam kejar setoran. Di track kedua permintaan E.L.F terpenuhi dengan “From You”

Lagu “From You” adalah lagu yang khusus di persembahkan untuk para E.L.F. Didukung kekuatan vokal Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung lagu ini easy listening Lagu R&B ini akan mencerminkan hubungan antara Super Junior dan penggemar dalam pasang surut ketenaran mereka.

Ketika mendengar track ketiga “Now” sempat terpikir, ini bukan lagu Kpop. Super Junior ingin terdengar sedikit british-pop,funky tapi ada unsur rocknya juga. Jika butuh semangat di pagi hari,silahkan menyimak track ini. Lagu yang berkisah tentang gelora musim panas ini memang asik untuk di dengarkan.

Track ke empat adalah Rockstar. Dalam lagu ini sepertinya Super Junior ingin membanggakan diri mereka sebagai Rockstar yang lagunya di gilai banyak orang, dimana pun mereka pergi akan di ikuti dan fans yang meneriakkan nama mereka dimana-mana. Lagu ini dimaksudkan sebagai lagu party, sayangnya musiknya malah mengingatkan pada music LMFAO. Padahal sebenarnya mereka punya style tersendiri. Entahlah mengapa mereka sepertinya agak maksa dengan memasukkan track yang satu ini.

Jika di album ke lima Mr. Simple ada satu lagu berjudul Superman, maka di album ke enam ini mereka memasukkan satu track yang terinspirasi oleh satu tokoh film :’Gulliver’s Travel’. Eunhyuk yang menulis lirik rap lagu ini mengaku terinspirasi oleh karakter raksasa itu mengingat Super Junior adalah grup yang besar dari segi ukuran dan jumlah member. Euhyuk ingin mengambarkan Super Junior secara santai pandangan mereka terhadap anti fan dan para “pesaing” mereka hingga akhirnya dia pun memilih Gulliver. Seberapa keras usaha mereka untuk mendahului Super Junior, dengan langkah raksasa mereka Super Junior tetap akan terdepan. Track kelima bertempo up beat mengombinasikan rap yang dinyanyikan Lee Teuk, Shin Dong, Eun Hyuk Dong Hae dibantu Ryewook dengan suara beningnya memberikan aksen unik di lagu ini.

Untuk para penggemar ballad silahkan menyimak track 6 ” Someday”. Lagu ini adalah lagu lawas Lee Sang Eun yang dinyanyikan ulang oleh seluruh personil Super Junior. Menitik beratkan pada ke kuatan vokal Kyuhyun, Ryewook dan Yesung lagu ini adalah lagu ballad galau yang tepat di dengarkan sebelum tidur. Sepertinya memang ketiga member Super Junior ini special lagu-lagu galau, patah hati dan tidak bisa move on. Terbukti di track ke-7 “Bittersweet” lagi lagi Kyuhyun, Ryewook, Yesung di bantu Sungmin di usung lagi sebagai lead vocal. Lagu ini termasuk lagu berbeat manis dan sangat easy listening.

Tempo kembali naik di track ke 8 “Butterfly”.Intro lagu terdengar menarik dengan melody yang catchy sayangnya terdengar terlalu berisik. Walaupun begitu jika di dengar berulang kali lumayan lah bisa menemani lari pagi. Lagu galau patah hati masih tetap jadi andalan di album ini. Di Track 9 ” Daydream” lagu slow yang semi ballad ini dinyanyikan dengan baik. Emosionalnya dapat. Lagu seperti ini biasanya lagu jatah K.R.Y tapi kali ini pembagian vokal di bagi rata ke setiap personil.

Tapi dari semua track bertempo slow, track terakhir ” A ‘Good’ Bye” seperti berlian yang disiapkan di akhir. Lagu ini di buka dengan dentingan piano,di tambah dengan string section dan suara Kyuhyun yang lembut membuat aroma-aroma kegaulan. Sampai akhirnya beatpun sedikit naik saat suara Ryewook terdengar disusul Yesung yang suaranya makin berpower terdengar. Di tengah-tengah ada semacam gimmick detak jam mengiringi suara Sungmin memberi aksen tersendiri bagi lagu ini. Bisa dikatakan lagu ini semacam save the best for last. Sebuah cara yang manis untuk mengakhiri album ini. Dan juga bisa di sebut sebagai lagu perpisahan untuk leader Super Junior, Leeteuk yang akan segera menjalani wajib militernya di tahun ini. Wajib militer adalah salah satu kewajiban yang harus di penuhi oleh warga negara Korea. Makanya Heechul pun tak bisa bergabung di album ke enam ini. Tapi sebagai gantinya Kangin yang sudah dua tahun absen demi tugas wajib militernya kembali bergabung.

Album Sexy. Free and Single ini memang terdengar kurang catchy di bandingkan Sorry Sorry, Bonamana dan Mr. Simple. Tapi secara musikalitas album ke enam mereka ini masih setingkat diatasnya. Mereka lebih berani mengeksplore sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Memang album ini tidak sempurna, tapi paling tidak dengan sound yang lebih fresh dan simple membuat album ini “less is more” dan worth to listen to. Untuk grup sebesar Super Junior keluar dari zona nyaman patut di acungi jempol. Satu Pe-er terbesar Super Junior selanjutnya adalah : lebih giat belajar bahasa Inggris. Kadang pengucapannya masih terdengar sangat Korea. Jika perlu saya bisa jadi teacher mereka.. ( Segera melipir sebelum di bully ELF).

Official Website

(Vita)

TRACKLIST

  1. “Sexy, Free & Single” – 3:44
  2. “????” (From U) – 3:11
  3. “Now” – 3:53
  4. “Rockstar” – 3:11
  5. “???” (Gulliver) – 3:25
  6. “????” (Someday) – 4:13
  7. “????” (Bittersweet) – 3:26
  8. “???” (Butterfly) – 3:08
  9. “???” (Daydream) – 3:44
  10. “???? ?” (A ‘Good’bye) – 3:48

Related posts

Leave a Reply