Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Offspring – Days Go By
Album of The Day

Album of The Day: The Offspring – Days Go By 

Released by: Sony Music Indonesia

Mempertahankan karir dengan usia panjang itu memang susah. Dibutuhkan dedikasi yang konsisten untuk menjaganya. Dengan sejarah hampir 30 tahun, grup pengusung punk rock, The Offspring, ternyata masih mampu untuk tetap eksis di arus musik dunia. Ini dapat dibuktikan dengan album ke sembilan mereka, yang diberi judul Day Go By. Dengan amunisi 12 lagu, The Offspring lagi-lagi akan mengajak kita untuk bersenang-senang dalam bisingnya punk yang badung.

Sebenarnya The Offspring merencanakan untuk merilis album ini di tahun 2010 yang lalu, akan tetapi dikarenakan kesibukan mereka dalam melakukan tur, sehingga pada akhirnya terus mengalami penundaan. Ini juga memberikan keuntungan tersendiri karena band gawangan Dexter Holland ini bisa memasukkan materi baru yang kiranya dapat memeriahkan albumnya.

Mendengarkan Days Go By, kita dapat merasakan bahwa dedikasi The Offfspring terhadap skena punk memang besar, karena setiap lagu yang terdapat di album ini mengapungkan semangat punk yang kental. Rasa-rasanya sedari awal mereka mememulai karir, tidak banyak perubahan yang signifikan dalam musik mereka. Ini bisa menjadi sesuatu yang positif atau sebaliknya, tergantung dari sudut mana memandangnya.

Yang pasti, yang kangen dengan The Offspring, bisa memuaskan hasratnya dengan album ini. Banyak track-track punk seru yang bisa ditemui disini, seperti lagu yang menjadi track terkahir dan mempunyai judul yang cukup panjang, Slim Pickens Does the Right Thing and Rides the Bomb to Hell. Well, tentu saja Days Go By sudah dibuka dengan nomor seru seperti The Future Is Now. Sementara itu track Days Go By yang menjadi judul album memang terdengar agak sedikit nge-pop dengan sentuhan modern rock yang cukup kental.

Setelah didengar-dengar, The Offspring memang terdengar cukup nge-pop dengan album Days Go By ini. Simak saja track Cruising California (Bumpin’ In My Trunk). Ok, mungkin distorsi gitar dan gebukan drum dalam semangat punk masih terdengar, namun jika dua hal tersebut dihilangkan maka single ini adalah sebuah pop-musim panas yang sangat easy listening sekali. Mulai hook yang sedikit cheesy di chorus hingga gaya singtalk Dexter Holland. Dan itu artinya Cruising California (Bumpin’ In My Trunk) adalah lagu yang menyenangkan. The Offspring cukup pintar memadukan semangat punk mereka dengan elektro-pop yang menjadi andalan utama single ini hingga ciri khas The Offspring masih cukup melekat.

Membandingkan Days Go By dengan lagu-lagu yang mereka populerkan di era 90-an, The Offspring saat ini memang cenderung terdengar lebih soft dan pop-ish, bahkan vokalnya pun tidak segarang yang dulu. Namun begitu nuansa rock yang diusung oleh mereka tetaplah tebal dan mencorong, meski tetap saja melodi yang ringan dan easy listening menjadi highlight dalam setiap aransemennya. Coba simak track “paling tenang” di album ini, All I Have Left Is You. Hilangkan distorsi atau riff gitar, maka ini adalah sebuah pop mid-tempo yang cukup sentimentil.

Nomor-nomor cepat dan menggebu seperti Turning Into You, Hurting As One dan Dividing By Zero, masih bisa disimak. Sedang yang sedikit grungy dapat ditemui dalam Dirty Magic. Dan kalau pengen yang sedikit pop-punk campur hard-rock, bisa menyimak I Wanna Secret Family (With You) yang riang. Namun jangan sampai melewatkan lagu “reggae” yang seru ala The Offspring dalam OC Guns. Dipadupadan dengan musik mariachi dan referensi meksiko membuat single ini terdengar nakal namun sulit untuk melewatkan keseruan yang ditawarkannya.

Days Go By adalah album yang ramai dan penuh warna. The Offspring tidak mematokkan atmosfer di dalamnya harus melulu gelap atau cerah ceria. Menjadi masalah saat mungkin album terdengar tidak konsisten dan sedikit longgar dalam unsur tematis. Ada lagu-lagu yang mengindikasikan perkembangan musikalitas yang dewasa, namun lebih banyak seperti terjebak dalam mesin waktu kejayaan masa lalu. Akhirnya ia cenderung menjadi album pop yang berusaha memuaskan banyak pihak namun kurang menggali eksplorasi seni bermusik The Offspring yang sebenarnya telah memiliki jam terbang yang tinggi serta pengalaman yang luas.

Bermain aman dan repetitif adalah kritik terkeras untuk Days Go By. Akan tetapi, kalau The Offspring bertujuan hanya untuk bersenang dengan album ini, maka mereka berhasil untuk itu. Days Go By is a fun album. Berjalan dengan tempo cepat dan cukup memanjakan adrenalin. Dan tentu saja jangan melewatkan keusilan ala The Offspring yang masih dapat didapatkan disini. I think it a must have for The Offspring’s avid fans.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Future Is Now” 4:08
2. “Secrets from the Underground” 3:10
3. “Days Go By” 4:02
4. “Turning Into You” 3:42
5. “Hurting as One” 2:50
6. “Cruising California (Bumpin’ in My Trunk)” 3:31
7. “All I Have Left Is You” 5:19
8. “OC Guns” 4:08
9. “Dirty Magic” 4:00
10. “I Wanna Secret Family (With You)” 3:02
11. “Dividing by Zero” 2:22
12. “Slim Pickens Does the Right Thing and Rides the Bomb to Hell” 2:36

Related posts

Leave a Reply