Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Chris Brown
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Chris Brown 

Bukan tugas mudah menggabungkan 10 music video terbaik milik seorang Chris Brown. Meskipun dirinya masih berkarir di bawah 10 tahun dalam industri rekaman, penampilan videonya sudah sangat banyak, baik yang ditampilkannya sebagai main performer maupun sebagai featured artist. Dan atas jerih payah tersebut, inilah kesimpulannya!

Lima buah album, empat mixtapes, tujuh single promosi dan lima puluh delapan single, termasuk tiga puluh satu sebagai artis pendukung, dan empat puluh video musik. Itu adalah kesimpulan sejauh ini dari karir di industri rekaman oleh seorang Chris Brown. Maka dari itu, mengecilkan angka 40 menjadi 10 dalam Top 10 Music Video – Chris Brown ini bukan perkara gampang. Banyak pertimbangan yang harus dilibatkan sehingga jadilah sebuah suguhan khas berkenaan dengan keberadaannya sebagai Artist of The Month kita bulan ini.

10. Don’t Wake Me Up (Alb. Fortune, 2012)

Video Don’t Wake Me Up disutradarai oleh Collin Tilley dan berlokasi di sebuah padang pasir. Chris Brown digambarkan mengikuti seorang perempuan misterius yang menyebabkan ia harus terlibat dalam berbagai peristiwa yang menggetarkan. Visual video ini begitu cantik dan sekaligus mampu menampilkan atmosfir misterius yang ingin disampaikan. Brown pun tampaknya cukup maksimal dalam berakting. Seperti narasi yang dikisahkan oleh videonya, Don’t Wake Me Up terasa sangat dreamy dan twisted. Namun juga sangat mengasyikkan untuk disimak.

09. No Air performed with Jordin Sparks (Alb. Jordin Sparks, 2008)

Satu buah penampilan duet yang sangat manis dari 2 penampil muda dalam genre pop dan R&B. Jordin Sparks mengajak serta Chris Brown dalam single terlaris yang pernah dicetak oleh penenang American Idol tersebut. Dirinya pun menerima sebuah unggulan di ajang Grammy Awards, terima kasih atas kolaborasi ini. Video No Air ini bergerak dalam skenario yang mempertegas kehampaan hidup tanpa sang kekasih. Dimana secara terpisah Jordin dan Chris menyanyikan lirik masing-masing yang sangat menyayat hati, hingga akhirnya keduanya bertemu di akhir video dan bernyanyi duet. Tapi entah mengapa penulisan penampilnya Jordin Sparks featuring Chris Brown, bukan Jordin Sparks & Chris Brown. Mungkin karena kata “featuring” memang sedang in.

08. With You (Alb. Exclusive, 2007)

Menurutku video musik untuk single With You ini biasa saja. Tapi penampilan nge-dance Chris secara sendirian yang paling oke ya ada di video ini. Oh my God, he’s not just that good in singin, but he’s also that good in dancing. Penggunaan gambar-gambar tetap dalam pergerakan video ini memberikan variasi di dalamnya. Kalaulah Chris Brown terinspirasi berat dari seorang Michael Jackson, maka luwesnya gaya nge-dance dan nyanyinya di lagu ini telah menginspirasi bagi performer muda seperti David Archuleta dan Justin Bieber. Plus, warna baru Chris yang kotak-kotak berubah-ubah lho. Sadar ga?

07. I Can Transform Ya (ft Lil Wayne and Swizz Beatz) (Alb. Graffiti, 2009)

Untuk video yang paling megang special effect-nya dari Chris Brown yang video I Can Transform Ya ini. Transformasi demi transformasi yang luar biasa canggih ditampilkan. Dari mobil yang bisa berubah menjadi manusia, manusia yang berubah menjadi gulungan pita kaset. Pokoknya canggih dan modern, meskipun dengan hanya berlatarkan putih saja. Enggak cuma itu, nge-dance-nya juga dong, jago banget.

06. Run It (ft Juelz Santana) (Alb. Chris Brown, 2005)

Chris Brown paling jadul, boleh ditonton disini. Sekaligus ini adalah lagu debutnya sebagai seorang artis yang menjuarai top chart di Amerika, Australia, dan juga Selandia Baru. Dan berkat video ini juga Chris diunggulkan di ajang MTV Video Music Awards di tahun 2006. Skenario bergerak pada pesta sekolahan yang tentunya menyulap gedung olahraga menjadi lantai dansa, dimana Chris menemukan cewek yang diajaknya goyang bareng. Tapi pesta diusik dengan kehadiran penjaga sekolah. Konsep dance battle antara cewek dan cowok ini juga kerap muncul di video musik untuk artis-artis lain kayak Pixie Lott (Boys & Girls) dan Justin Bieber (Baby). Pastikan kalian enggak kelewatan aksi cewek bersanggul 2 yang nge-dance-nya heboh banget!

05. Forever (Alb. Exclusive The Forever Edition, 2008)

My personal favorite! Bukan hanya lagunya yang sangat asyik dengan melodi yang kencang dan vokal Chris yang menawan, tapi juga dengan tampilan video yang jelas-jelas menghidupkan suasana. Sebuah kota di malam hari dimarakkan sembari lagu Forever ini terdengar. Special effect yang dipakai untuk menghilangkan dan menghadirkan orang-orang menjadi salah satu pemacu kehebohan party. Adegan kejar-kejaran sama si cewek juga pernah Chris pake di video klip Yo (Excuse Me Miss). Kemudian satu lagi, Chris Brown is so damn cute! Setiap kali mukanya ditampilkan close up, he stole every girl’s heart! Video ini sedikit banyak mengingatkan pada video milik Michael Jackson dan Justin Timberlake. Oh, ternyata mereka memang satu akar.

04. Crawl (Alb. Graffiti, 2009)

Chris Brown mengajak kita semua untuk mengobati luka dan memulai lagi dari awal lewat single Crawl yang diambil dari album Graffiti. Lagu ini memang berdasarkan kisah nyata yang dialami sendiri oleh Chris sehingga apa yang ditampilkan dalam video arahan sutradara Joseph Kahn ini pun kurang lebih demikian; memojokkan keberadaan Chris, seolah dirinya enggak ada. Sedih sih, di awal-awal video seperti terbersit makna permintaan maaf yang enggak kesampaian. Namun saat Chris berhadapan langsung dengan si cewek dan respon baik terpancar lewat senyumnya, kegembiraan Chris diekspresikannya lewat tarian. Oh ya, bintang video klipnya adalah Cassie.

03. Kiss Kiss (ft T-Pain) (Alb. Exclusive, 2007)

Chris Brown bermain menjadi banyak karakter lewat video klip Kiss Kiss ini. Dimana dirinya yang keren dan populer di sekolah harus melawan dirinya yang culun untuk memenangkan hati gadis pujaannya. Tapi memang sebenarnya dari awal tujuan video klip ini untuk menghibur memang sudah eksis. Mulai dari siaran radio dan respon pendengar, membuat sedikit keonaran di fakultas, hingga si culun yang akhirnya memenangkan hati si gadis impian di akhir cerita. Ini lagu adalah lagu nomor 1 kedua Chris setelah Run It.

02. Yeah 3X (Alb. F.A.M.E, 2010)

Chris Brown memboyong speaker super gede pulus DJ dan juga pemain musik lainnya untuk memarakkan suasana lingkungan. Enggak hanya mereka yang udah dewasa, tapi anak-anak pun ikutan dalam pagelaran pesta jalanan a la Chris Brown ini. Kawasan yang dipakai sebagai lokasi enggak asing dech. Kayak lokasi yang sama dengan video The Saturdays featuring Flo Rida yang Higher. Lagu ini membawa aura positif. Makanya, kita bisa jadikan single Yeah3x sebagai titik tolak kembalinya Chris Brown pasca kemundurannya di album ketiga. Tapi tetap aja ada kontroversi mengenai lagunya. Kalau ini dibilang plagiat dari dari Calvin Harris yang I’m Not Alone.

01. Wall To Wall (Alb. Exclusive, 2007)

It’s a thriller 2.0? Entahlah. Mungkin terlalu muluk kalau dinobatkan demikian. Tapi paling enggak pengaruh salah satu video musik terbaik sepanjang masa itu sangat terasa disini. Kalau MJ jadi zombie, CB jadi vampir, makanya ini video dibilang imitasi dari film Blade. Check out how they dance on the wall. Dan saat gerhana tiba, maka pesta para vampir pun semakin panas. Ada penampilan Sean Garrett di akhir video.

Dari saking banyaknya video musik dari Chris Brown, mungkin ada yang kamu suka dan terlewat dari daftar Top 10 kita. Makanya, silahkan rekomendasikan video itu di kotak komentar kita. Mungkin itu adalah Dueces yang memakai konsep hitam putih, atau Say Goodbye yang menampilkan Chris Brown selingkuh?

Related posts

Leave a Reply