Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Usher
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Usher 

Memulai karir semenjak awal 90-an hingga sukses bertahan hingga sekarang membuktikan kekuatan seorang Usher Raymond dalam bermusik. Dengan amunisi 7 buah album studio, 1 album live, 9 album kompilasi, 1 EP, 33 singles solo dan 12 single sebagai featuring artist, Usher sejauh ini telah meraih prestasi dengan rekor penjuala sebanyak 65juta copy albumnya untuk seluruh dunia. Sangat membanggakan dan pantas menempatkan dirinya di posisi terdepan. Sebagai seorang artis penyanyi, tentu saja kehadrian video musik sangat mendukung, tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, akan tetapi juga memberi penekanan pada estetika dan cita rasa seninya. Sejauh ini Usher sudah terlibat dalam 29 buah musik video serta hadir dalam 12 video artis lainnya. Mencari 10 video terbaik Usher tentu saja menjadi hal yang cukup sulit. Namun, berdasarkan polling yang telah dilakukan sebelumnya melalui Twitter, berikut Top 10 Music Videos milik Usher.

PS:
Pilihan hanya terbatas pada video yang menampilkan Usher sebagai artis utama, bukan featuring.

10. Burn (Alb. Confessions, 2004)


Dirilis pada tanggal 21 Maret 2004, Burn merupakan single kedua untuk album ke empat Usher, Confessions. Sesuai dengan judulnya, maka MV Burn pun menampilkan adegan bakar-bakaran. Mulai dari tempat tidur hingga pepohonan. Namun sebenarnya video lebih cenderung menampilkan visual yang sifatnya personal, mulai dari Usher yang bernyanyi dengan penuh perasaan hingga adegan “intim”-nya dengan seorang perempuan yang diperankan oleh seorang model. Video yang disutradarai oleh Jack Nava ini tampaknya memang ingin mengekspos tema lagu yang melankolis.

09. U Got It Bad (Alb. 8701, 2001)


U Got It Bad merupakan video yang cukup istimewa karena menampilkan Usher bersama Chilli dari TLC yang saat itu mereka dikabarkan tengah menjalani hubungan kasih. Sebenarnya terasa cukup awkward juga karena bukankah video ini berkisah tentang hubungan yang tengah dilanda masalah, sebagaimana isi lagunya. Namun begitu Little X yang menjadi sutradara cukup tangkas untuk merangkai gambar-gambar yang menangkap kemesraan antara Usher dan Chili.

08. You Make Me Wanna… (Alb. My Way, 1997)


Usher terlihat sangat muda di video ini. Tidak heran, karena You Make Me Wanna… diambil dari album studio keduanya, My Way, yang dirilis di tahun 1997, atau kurang lebih 15 tahun yang lalu. MV yang disutradari oleh Bille Woodruff ini terlihat unik karena menampilkan berbagai versi Usher, yang diperankan oleh Usher, dalam satu frame dan melakukan dance secara sinkron. Video juga menjadi ajang bagi Usher untuk memperlihatkan kelincahannya dalam menari. Yang pasti MV You Make Me Wanna… memang bertujuan untuk mengeksplorasi kekuatan Usher, yang pada saat itu masih tergolong artis pendatang baru.

07. Confessions Part II (Alb. Confessions, 2004)


Confessions Part II adalah single ketiga dari album ke empat Usher, Confessions. Videonya dikerjakan oleh Chris Robinson dengan Usher pun turut andil menjadi seorang co-sutradara. Kerjasama mereka tampaknya bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan Usher di bidang akting. Dibuka dengan sebuah adegan dimana Usher menerima panggilan telepon, Usher pun tanpa segan-segan langsung memperlihatkan emosi yang cukup mumpuni untuk menghidupakab adegan tersebut. Sepanjang video pun Usher terlihat bernyanyi dengan penuh perasaan (dan tanpa atasan untuk memperlihatkan tubuh bagusnya). Intinya, mencari perhatianlah. But in a good ways.

06. Love in This Club (Alb. Here I Stand, 2008)


Sebagai single andalan untuk album ke lima Usher, Here I Stand, Love In This Club jelas memiliki video yang menjual meski terlihat agak sureal. Dikisahkan Usher “terdampar” ke sebuah klub yang kosong melompong sampai kemudian muncul sesosok perempuan misterius (diperankan oleh Keri Hilson) yang tampaknya ingin menggoda Usher. Tidak berapa lama kemudian terlihat “penampakan” orang-orang yang tengah berdansa dengan meriah di klub tersebut, namun hadir seolah-olah ilusi yang hilang dan timbul. Konsep yang ditawarkan oleh The Brothers Strause ini cukup menarik, mengingat single Love In This Club pada dasarnya mempunyai tempo yang sedang dan bukanlah lagu dance murni.

05. DJ Got Us Fallin’ in Love (Alb. Versus, 2010)


Siapa pun tahu kalau Usher itu piawai dalam menari. Video DJ Got Us Fallin’ in Love ini pun seolah tak mau kalah untuk mengeksplorasi kekuatan Usher tersebut. Namun bedanya disini Usher diberi kebebasan untuk melakukan freestyle yang acak dan bertabrakan dengan suasana pesta yang meriah di sebuah klub. Para partygoers dihadirkan dalam gerak lambat sementara Usher bergoyang dengan normal. Barulah menjelang akhir, Usher menari dengan ditemani oleh sebarisan penari. Harmonis dan kompak. Sangat seru untuk disimak. Penampilan Pitbull yang mengisi bagian rap pun semakin menyemarakkan videonya.

04. My Boo (Alb. Confessions, 2004)


Duet manis antara Usher dengan Alicia Keys dalam My Boo pun ternyata dapat disampaikan dengan baik melalui versi video musiknya. Video dibuka dengan lagu Bad Girls yang menjadi pembuka video ini. Kesan liar dan panas yang ditampikan oleh intro tersebut segera digantikan oleh lagu My Boo, tentu saja, setelah Usher terlihat mematikan televisi. Selanjutnya video menampilkan Usher dan Alicia Keys menyanyikan bagian mereka. Uniknya, Chris Robinson, yang menyutradari video ini sengaja memilih mereka selalu berada dalam frame yang berbeda sampai akhirnya bertemu di penghujung video. Sebuah narasi yang cukup manis dan mendukung lagunya.

03. Climax (Alb. Looking 4 Myself, 2012)


Climax adalah single yang sensional. Kerjasama antara Usher bersama DJ yang tengah naik daun, Diplo, mengejutkan malah menghasilkan lagu RnB yang gelap dan pekat namun tetap seru untuk disimak. Kekuatan utama lagu ini adalah kemampuan vokal Usher yang prima serta emosi yang tepat saat menyanyikannya. Videonya sendiri berusaha menangkap hal tersebut dengan menampilkan video bergaya neo-noir yang tak kalah gelap dalam atmosfir. Dengan alur maju-mundur, video yang disutradari oleh Sam Pilling ini memiliki stuktur narasi yang non linear dan mengadopsi konsep thriller. Seru.

02. OMG (Alb. Raymond v. Raymond, 2010)


OMG adalah single internasional pertama Usher untuk album kelimanya, Raymond v. Raymond. will.i.am bertugas sebagai produser dan penulis lagu, sehingga tidak heran jika pengarh musik will besar sekali disini. Sentuhan elektro-op dan dance dipadu dengan RnB bertempo kencang menjadikan OMG sebagai sebuah lagu dance yang seru. Videonya tentu saja menampilkan will.i.am sebagai bintang tamu. Pemanfaatan split screen juga berguna untuk menampilkan Usher dan will secara bersamaan. Secara umum, tempo video pun mengikuti perpindahan notasi lagu sehingga video terasa sangat dinamis. Jangan lupakan pula sisipan efek 3 dimensi di bagian terakhir video. Video disutradarai oleh Anthony Mandler.

01. Yeah! (Alb. Confessions, 2004)


Yeah! mungkin merupakan salah satu single Usher yang tersukses dan fenomenal. Video yang disutradarai oleh Mr. X (Little X) ini benar-benar mengeskplorasi swag-nya Usher. Seting club mungkin terlihat tipikal untuk seorang Usher, akan tetapi video ini dengan efektif memperlihatkan kekuatan seorang Usher yang tidak hanya piawai bernyanyi namun juga dalam menggerakkan tubuhnya secara lincah dan cekatan mengikuti beat lagunya. Visual dan audio yang begitu padu tidak hanya menjadi keberhasilan dari video ini namun juga tentu saja karena materi lagu yang diproduseri oleh Lil Jon ini memang sangat kuat dan ultra-catchy. Lin Jon sendiri pun tampil sebagai featuring artist bersama dengan Ludacris. So, yeah!

Related posts

Leave a Reply