Trending News

Blog Post

Album of The Day: Conor Maynard – Contrast
Album of The Day

Album of The Day: Conor Maynard – Contrast 

Released by: Warner Music Indonesia

Meskipun debut albumnya baru dirilis, bukan berarti nama Conor Maynard adalah nama yang asing. Ia sudah dikenal dari jauh-jauh hari, saat video-video yang ia unggah ke YouTube menjadi konsumsi publik. Itu juga yang membuatnya menjadi unggulan dalam daftar MTV Brand New for 2012, dan berhasil pula memenangkan voting yang melibatkan masyarakat. Itu artinya ia memang sudah punya landasan yang kuat untuk meluncurkan karirnya. Maka saat “Contrast” dirilis ke pasaran, masyarakat sudah siap menyambut musik original dari artis muda ini.

Yang saya suka dari Conor adalah meskipun ia muncul dalam segala beban ke-Justin-Bieber-an, ia tetap mencoba untuk memiliki rasa khas sendiri. Dia mungkin enggak berjoget seluwes Bieber, atau berparas seimut bocah itu, tapi ia punya vokal yang lebih matang. Ia diuntungkan dalam hal ini, karena usianya juga lebih dewasa dibanding Bieber, ataupun Bieber-Bieber lainnya, sehingga enggak memiliki kecenderungan perubahan warna vokal yang sangat kontras. Dengarkan deh ‘Another One’ dan ‘Just In Case’ yang punya potensi besar menjadi track terfavorit dari album ini. Vokal Conor terpajang maksimal indahnya disana. Dan yang lebih lembut, ada di ‘Pictures’, saat ia mencoba untuk mengolah vokalnya dengan gaya falsetto.

Yang jempolan dari Conor juga adalah ia ikut terlibat dalam penulisan lagu-lagu untuk album ini. Masalah keterlibatannya masih kecil-kecilan atau hanya sekedar mendompleng, itu urusan kesekian, karena yang penting ia berusaha untuk lebih dari sekedar penyanyi saja. ‘Animal’, ‘Lift Off’, ‘Mary Go Round’, ‘Take Off’, ‘Better Than You’, ‘Another One’, dan ‘Just In Case’ adalah bukti kebolehannya di bidang penulisan lagu, berikut single-single andalan dari album ini, ‘Can’t Say No’ dan ‘Vegas Girl’. Andilnya juga yang sepertinya membuat lagu-lagu di album ini punya rasa “youth”, sesuai dengan usianya.

Hal lain yang membuat album ini terkesan kontras adalah keberadaan dua performer kelas dunia yang tak hanya tampil di balik layar, tapi juga bersedia menjadi featured artist. Mereka adalah Ne-Yo dan Pharrell, yang masing-masing muncul di lagu ‘Turn Around’ dan ‘Lift Off’. Ciri keduanya menguasai musik dalam lagu masing-masing dan memberi warna yang menyegarkan bagi awal karir Conor. Selain itu, rekan sesama artis baru, Rita Ora juga menyumbang vokal dalam ‘Better Than You’. Lagu techno ini seolah battle antara Conor vs Rita, belum lagi judulnya yang adalah perbandingan, menguatkan kesan battle tadi.

Album ini berhak atas 4 dari 5 bintang. Sebuah album R&B yang solid, berciri, kini, dan cukup memberi nilai stand out bagi Conor sebagai artis pendatang baru. Memang butuh sebuah album untuk membuktikan siapa Conor dan membedakannya dari Bieber yang sudah lebih dahulu mencicipi kejayaan di industri ini. Yang publik suka sekarang memang penampil usia muda dengan lagu-lagu yang penuh keceriaan, supata ikut menularkan semangat ke keseharian.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Animal” 3:16
2. “Turn Around” (featuring Ne-Yo) 3:52
3. “Vegas Girl” 2:49
4. “Can’t Say No” 3:14
5. “Lift Off” (featuring Pharrell) 2:59
6. “Mary Go Round” 3:09
7. “Take Off” 3:36
8. “Better Than You” (featuring Rita Ora) 3:13
9. “Another One” 3:12
10. “Pictures” 4:09
11. “Glass Girl” 4:31
12. “Just In Case” 3:17

Related posts

Leave a Reply