Trending News

Blog Post

Album of The Day: Joss Stone – The Soul Sessions Vol 2
Album of The Day

Album of The Day: Joss Stone – The Soul Sessions Vol 2 

Released by: Warner Music Indonesia

Di usia karir yang hampir menapak ke angka 10, Joss Stone yang sedari awal sudah memiliki kematangan dalam bermusik semakin mantap menancapkan kakinya di industri ini. Ia mengukir citra yang kuat sebagai solois bergenre soul yang punya popularitas sejajar para popstar. Album terbarunya, “The Soul Sessions Vol. 2“, selayaknya tajuk tersebut merupakan sebuah sekuel dari album debutnya yang rilis nyaris 10 tahun jaraknya. Menyandingkannya kembali dengan Steve Greenberg, mengambil peran yang lebih besar dengan ikut memproduserinya, dan semakin larut mengalunkan irama-irama musik yang smooth lewat vokalnya yang berkarakter.

Pembuka lagu ini adalah ‘I Got The…’ yang berdurasi tepat lima menit yang ketika mendengar bagian akhirnya, lagu ini seolah tak sudi untuk berakhir. Dan seakan-akan menaikkan level, ‘(For God’s Sake) Give More Power To The People’ menghentak kita. Lagu soul R&B klasik ini punya rasa yang membangkitkan semangat. Joss juga pintar dalam memilih single andalan untuk album ini. Ia memilihkan sebuah tune yang memiliki bakat mainstream, yang atau dengan kata lain adalah radio friendly, ‘While You’re Out Looking For Sugar’. Lagu ini enerjik, fun, dan playful.

“The Soul Sessions Vol 2” is a rich album. Album ini dengan royal memperdengarkan kemurnian instrumen yang dimainkan dari lagu ke lagu. ‘Sideways Shuffle’ adalah salah satunya. Lagu ini dibuka dengan gemuruh perkusi yang dilanjutkan dengan sesi musik yang diimami oleh bass. ‘I Don’t Wanna Be With Nobody But You’ digawangi oleh suara organ yang mengaduk diri dengan sesi musik yang melibatkan drum, bass, juga terompet. Sementara ‘Tell You Can Tell Me Goodbye’ beraroma akustik. Kalem, damai, menghanyutkan. Alunan biola yang ikut hadir juga menambah kesan tersebut lebih hidup.

Saya suka setiap kali Joss melibatkan paduan suara, atau memposisikan penyanyi latarnya untuk berlaku sedemikian rupa, dalam lagunya. ‘The High Road’ memperdengarkan hal itu. Tertangkap kesan penguatan pesan pada lirik yang dinyanyikan itu tatkala Joss sibuk memberikan dinamika nyanyiannya menghias lagu. Dan hal lain yang saya juga suka dari Joss adalah saat ia mencurahkan segenap jiwa dan perasaan untuk menyanyikan lagunya. Disini, contoh terbaik untuk hal itu adalah ‘The Love We Had (Stays On My Mind)’. Emosinya mencapai puncak, mengingatkan kembali pada emosi yang pernah ia sampaikan lewat lagu ‘Right To Be Wrong’.

Kesimpulannya adalah perasaan puas hadir setelah mendengarkan album ini. Puas akan lagu-lagunya yang punya spirit, musiknya yang tidak hanyut dalam arus masa kini, dan nyanyian Joss yang jempol punya. Senang Joss Stone konsisten, senang album ini hadir di saat musik terlalu berkiblat kepada pasar.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “I Got The…” 4:59
2. “(For God’s Sake) Give More Power to the People” 3:44
3. “While You’re Out Looking for Sugar” 3:28
4. “Sideways Shuffle” 3:38
5. “I Don’t Wanna Be with Nobody But You” 5:00
6. “Teardrops” 5:55
7. “Stoned Out of My Mind” 3:12
8. “The Love We Had (Stays on My Mind)” 4:42
9. “The High Road” 4:40
10. “Pillow Talk” Sylvia Robinson, Michael Burton 4:42
11. “Then You Can Tell Me Goodbye” 3:51

Related posts

Leave a Reply