Trending News

Blog Post

Album of The Day: Justin Bieber – Believe (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of The Day: Justin Bieber – Believe (Deluxe Edition) 

Released by: Universal Music Indonesia

Justin Bieber tidak bisa dipungkiri adalah salah satu fenomena terbesar dalam industri musik saat ini, mendapat popularitas yang bisa dikatakan cukup instant dan berbagai hal yang sudah dilakukannya rasanya mustahil untuk tidak mengenal musisi yang satu ini. Tahun 2012 ini, Justin Bieber mengeluarkan studio album ketiganya yang diberi judul Believe setelah pada akhir tahun lalu Ia sempat merelease album natal yang berjudul ‘Under the Mistletoe’. Berbagai ekspektasi dari para penikmat musik terhadap album ini cukup tinggi apalagi setelah kesuksesan yang Ia raih dengan 2 album sebelumnya yang selalu berhasil menjadi no 1 pada berbagai chart di seluruh dunia. Justin Bieber sendiri mengatakan bahwa album barunya ini akan memiliki nuansa yang berbeda dan akan terdengar lebih dewasa dari album-album sebelumnya, namun perubahan seperti apakah yang Ia tawarkan dalam album ini? Apakah Justin Bieber berhasil terdengar lebih dewasa dalam album ini? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh kedalam album berisi 13 tracks untuk versi standard dan 16 tracks untuk versi deluxe, Believe diproduseri oleh berbagai orang yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam industri musik mulai dari Darkchild, Max Martin hingga Diplo turut campur tangan untuk menangani album ini. Dengan adanya nama-nama besar dibalik album ini tentunya tidak heran apabila ekspektasi pada album ini bisa dikatakan cukup tinggi. Album ini dibuka oleh sebuah lagu berjudul All Around The World dimana Ia kembali mengajak Ludacris untuk berkolaborasi. Ini adalah sebuah lagu dance-pop dimana musiknya sedikit mengintakan akan lagu ‘Till The World Ends dari Britney Spears. Ini adalah lagu yang kaya dengan bebunyian synth dan beat yang catchy seperti kebanyakan lagu-lagu Justin lainnya. Track selanjutnya ada Boyfriend yang juga merupakan single andalan untuk album ini. Sejak pertama single ini direlease, banyak yang membanding-bandingkan lagu ini dengan karya-karya dari Justin Timberlake. Hal itu bisa dimaklumi karena ini adalah sebuah lagu RnB yang kental dan sound acoustic guitar yang mendominasi. Pada lagu ini Justin Bieber mencoba nge-rap pada bagian versenya dan ya, Ia terdengar lebih dewasa dari segi vocal dan music. Masuk ke track selanjutnya ada As Long As You Love Me dimana pada lagu ini Ia mengajak rapper Big Sean. Pada lagu ini kita bisa mendengar bagaimana Justin mencoba untuk memberikan sedikit sentuhan dubstep pada musiknya dan lyricnya masih bercerita tentang cinta. Selanjutnya ada Catching Feelings yang musik hingga gaya bernyanyi Justin dalam lagu ini mengingatkan kita akan lagu Only Thing I Ever Get For Christmas dari album Under The Mistletoe, such a sweet song.

Justin mengajak beberapa rapper untuk berkolaborasi dalam album ini, salah satu diantaranya adalah Drake dimana mereka berkolaborasi dalam lagu yang berjudul Right Here. Verse pertama dinyanyikan oleh Justin dan memasuki verse kedua kita mendengar Drake menyanyikan bagian ini. Right Here adalah sebuah lagu urban RnB dengan bebunyian DJ scratch yang merncuri perhatian. Selain Drake, Justin juga mengajak rapper wanita yang namanya saat ini sedang naik daun yaitu Nikki Minaj. Pada bagian intro lagu ini kita bisa mendengar sebuah intro khas dari Nikki Minaj dan dilanjutkan dengan verse yang diisi oleh Justin dilanjutkan dengan rap dari Nikki pada bagian bridge. Salah satu track yang juga berhasil mencuri perhatian dalam album ini adalah Die in your Arms dimana Justin menggunakan sample dari lagu Michael Jackson yang berjudul We’ve Got a Good Thing Going. Saat lagu tersebut direlease sebagai promotional single untuk album Believe, Justin mendapat banyak kritik positif yang mengatakan bahwa Justin berani keluar dari comfort zonenya dan berhasil terdengar lebih dewasa dengan style musik semacam ini. Untuk versi deluxe, ada 3 lagu tambahan yang berjudul Out of Town Girl, She Don’t Like The Lights dan Maria. Maria adalah sebuah lagu yang Justin tulis untuk menggambarkan pengalamannya tentang Maria Yeater, seorang wanita yang mengaku mempunyai anak hasil hubungannya dengan Justin namun hal tersebut ternyata hanyalah sebuah kebohongan belaka.

Secara keseluruhan, Believe adalah sebuah album yang solid dan apabila Justin mencoba untuk terdengar lebih dewasa dalam album ini, bisa saya katakan bahwa Ia berhasil dengan vocalnya yang kini terdengar lebih matang dari 2 album sebelumnya. Album inipun mendapat review yang cukup positif dari sebagian besar music reviewer termasuk diantaranya Metacritic dan Billboard. Bagi anda yang selalu menganggap Justin hanya seorang pop icon untuk para ABG, ada baiknya untuk mencoba mendengarkan album ini dahulu sebelum menjudgenya lebih jauh lagi. Can this album make you believe that he’s growing to be a better musician??

Official website

Rate this album: [ratings]

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. All Around the World (feat. Ludacris)
2. Boyfriend
3. As Long As You Love Me (feat. Big Sean)
4. Take You
5. Right Here (feat. Drake)
6. Catching Feelings
7. Fall
8. Die In Your Arms
9. Thought of You
10. Beauty and A Beat (feat. Nicki Minaj)
11. One Love
12. Be Alright
13. Believe
BONUS TRACK:
14. Out Of Town Girl
15. She Don’t Like the Lights
16. Maria

Related posts

Leave a Reply