Trending News

Blog Post

Album of The Day: Regina Spektor – What We Saw from the Cheap Seats
Album of The Day

Album of The Day: Regina Spektor – What We Saw from the Cheap Seats 

Regina Spektor is back !!! And this time, she’s in the cheap seats!! Setelah 3 tahun, penyanyi dan pianis asal Amerika namun berdarah Rusia ini kembali dengan album ke-6 yang berjudul unik, bahkan terkesan provokatif, What We Saw from the Cheap Seats. Perkembangan dari album ke album yang konsisten menunjukkan grafik naik membuat fans berharap banyak dari album terbaru penyanyi berumur 32 tahun ini.
Tentu saja, begitu mendengar lagu pertama di album ini, harapan itu jadi kenyataan. Small Town Moon begitu catchy dengan suara gitar elektrik yang disisipi dibeberapa bagian lagu. Lagu ini tepat sekali menjadi pembuka album karena membuat pendengar optimis dengan apa yang akan mereka dengar selanjutnya.

Regina yang dikenal beraliran anti-folk ini mengatakan bahwa dalam proses pembuatan lagu, disebabkan karena berhadapan hanya dengan piano membuat dia bernyanyi dengan aksen atau intonasi tertentu untuk menambah “rasa” dari lagu yang dia ciptakan. Sebut saja aksen Perancis di lagu Oh Marcello, “vocal drumming” di Oh Marcello dan All The Rowboats , “vocal trumpet” di The Party, juga tarikan nafas di Open. Semuanya bisa dinilai sangat berhasil kecuali pada lagu Open, tarikan nafas yang dibuat Regina terdengar sedikit berlebihan.

Lagu Oh Marcello yang bergaya mafia dan dengan logat Perancis bisa bikin kamu tersenyum. Lagu ini mengambil chorus lagu The Animals, band Inggris tahun 60an, yang berjudul Don’t Let Me Be Misunderstood sebagai chorusnya. Kreatif!

Don’t leave Me (Ne Me Quitte Pas) yang juga menjadi single kedua dari album ini, sebelumnya sudah masuk ke album kedua Regina, Songs. Aransemen lagunya diubah jadi lebih rame dan lebih ceria dibanding aransemen lama yang hanya memakai piano. Regina berhasil membuat lagu ini menjadi lebih fresh.

Buat yang lagi galau, kamu akan diajak untuk move on dilagu Firewood. Aransemen ala waltz dan liriknya yang memuat kalimat motivasi susah untuk kamu lewatin gitu aja, misalnya kalimat “love what you have and you’ll have more love”. Kemudian ada lagu All The rowboats yang merupakan single pertama Regina untuk album ini, yang secara aransemen mempunyai melodi dasar piano dari yang mirip dengan lagu Regina dialbum Far yang berjudul Dance Anthem Of The 80’s. Regina memang suka “bereksperimen”.

Di lagu Jessica, instrumen yang dipakai adalah gitar akustik. Ini pengalaman pertama Regina memakai gitar akustik sebagai satu-satunya instrumen untuk mengiringi dia bernyanyi. Hasilnya?bilang saja berhasil bikin kita berharap dia bakal bereksperimen lebih dengan gitar akustik dialbum-album mendatang.

Di versi deluxe dari album ini, ada tambahan tiga lagu. Salah satunya lagu duet Regina dengan suaminya, Jack Dishel, gitaris The Moldy Peaches. Dua lagu lain adalah lagu berbahasa Rusia.

Semua lagu ditulis oleh Regina sendiri, kecuali lagu-lagu tambahan di versi deluxe. Regina berhasil membuktikan dia bukan penyanyi dan penulis lagu yang konvensional seperti yang dia klaim sebelumnya. Regina juga tampak mulai nyaman bernyanyi dengan nada-nada tinggi dialbum ini.

Secara keseluruhan, album ini sangaaaat bagus, lebih bagus dari semua album Regina yang sebelumnya. Didukung oleh aransemen piano yang ciamik, suara yang unik dan lirik yang mengandung makna-makna tersirat namun dalam, gak heran album ini sempat menduduki posisi 1 di Billboard Alternative Albums dan posisi 3 di chart Billboard 200. Pujian yang sama perlu diberikan untuk produsernya, Mike Elizondo, yang telah memberikan andil besar dalam proses kreatif recording. Job well done!

It makes me wonder, If this is what we saw from the cheap seats, how good is it if we saw it from the expensive seats?. Album yang sangat pantas untuk dikoleksi. Sayangnya, album ini gak dirilis di indonesia oleh labelnya, Warner. It’s OK though, you can always order the album online. Get it,NOW! 😉

Official Website

(Lisa Adams)

TRACKLIST
1. “Small Town Moon” 3:02
2. “Oh Marcello” 2:38
3. “Don’t Leave Me (Ne me quitte pas)” 3:39
4. “Firewood” 4:55
5. “Patron Saint” 3:40
6. “How” 4:48
7. “All the Rowboats” 3:34
8. “Ballad of a Politician” 2:13
9. “Open” 4:30
10. “The Party” 2:28
11. “Jessica” 1:44

Related posts

Leave a Reply