Trending News

Blog Post

Album of the Month: Maroon 5 – Overexposed
Album of The Day

Album of the Month: Maroon 5 – Overexposed 

Released by: Universal Music Indonesia

Band peraih 3 Grammy Awards asal Los Angeles,California yang menamakan diri mereka Maroon 5 pada tahun 2012 ini kembali lagi dengan album ke-4nya yang berjudul Overexposed setelah terakhir kali merelease album pada tahun 2010. Album ke-4 Maroon 5 ini sudah direlease sejak 26 Juni lalu dan berhasil peak di posisi 2 US Billboard Charts. Rentang waktu 2 tahun ini adalah rentang waktu yang cukup pendek melihat jarak antara album Maroon 5 lainnya yang rata-rata berjarak 3 hingga 5 tahun. Maroon 5 mengatakan bahwa perelease-an album ini dipercepat dikarenakan kurang suksesnya album ketiga mereka dibandingkan dua album sebelumnya serta sebagai follow up dari kesuksesan single Moves Like Jagger. Maroon 5 cukup banyak mengerjakan materi untuk album ini pada saat mereka melakukan Hands All Over World Tour antara 2010 – 2011 lalu. Seperti apakah album baru Maroon 5 ini, apakah dengan rentang waktu yang hanya 2 tahun Maroon 5 berhasil menghasilkan sebuah album yang solid seperti album-album sebelumnya? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 13 tracks ini, Overexposed diproduseri oleh Benny Blanco, Sam Farrar dan Max Martin sebagai executive producer. Apabila pada album-album sebelumnya hampir semua lagu ditulis oleh Maroon 5 sendiri namun melihat kesuksesan lagu Moves Like Jagger yang ditulis oleh Adam Levine bekerja sama dengan Benny Blanco dan Shellback maka pada album ini Maroon 5 mengajak serta beberapa orang untuk membantu mereka menulis lagu-lagu di album ini. Adam Levine sempat mengatakan bahwa ini adalah album paling pop dan paling kaya akan genre yang mereka pernah buat sejauh ini. Hal tersebut sudah bisa kita rasakan sejak track pertama album ini yaitu sebuah lagu berjudul One More Night dimana pada lagu ini kita bisa merasakan vibe raggae yang begitu kental disepanjang lagu dan berhasil membuat kita semakin penasaran seperti apa sebenernya lagu-lagu dalam album Maroon5 kali ini. Beralih ke lagu selanjutnya ada sebuah lagu yang menjadi single andalan untuk album ini dan berhasil memberi impact yang cukup besar untuk kesuksesan penjualan album ini yaitu Payphone. Lagu ini adalah contoh sempurna atas apa yang Adam Levine katakan sebelumnya dimana ini adalah sebuah lagu pop murni dengan melodi yang sangat catchy dan rasanya sulit untuk tidak bisa menyukai lagu yang satu ini. Beralih ke track selanjutnya ada sebuah lagu berjudul Daylight dimana ini juga adalah sebuah lagu pop dengan sedikit sentuhan rock dan di lagu selanjutnya yang berjudul Lucky Strike Maroon 5 mencoba memberikan sentuhan funk dengan sound gitar electric yang terdengar mendominasi. Tickets dan Doin Dirt adalah 2 lagu yang mempunyai nuansa yang sama dengan Lucky Strike. Salahn satu lagu yang berhasil mencuri perhatian adalah sebuah lagu berjudul Sad dimana Adam Levine bernyanyi hanya dengan diiringi oleh piano dan perpaduan tersebut berhasil menghasilkan sebuah lagu yang terdengar manis. Selain Sad, Beautiful Goodbye juga adalah sebuah lagu yang menarik untuk disimak. Beautiful Goodbye adalah sebuah lagu dengan tempo medium yang sedikit mengingatkan akan lagu Never Gonna Leave This Bed. Album Overexposed ini akhirnya ditutup oleh salah satu lagu paling sukses dari Maroon 5, Moves Like Jagger.

Secara keseluruhan, Maroon 5 berhasil mencapa tujuannya untuk terdengar lebih fresh dengan album ini dimana album ini adalah sebuah album yang kaya akan genre dan keluar dari apa yang biasa ditawarkan Maroon 5 pada album-album sebelumnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pro dan kontra pastinya muncul terhadap album ini namun sebagian besar tampaknya menyukai apa yang ditawarkan Maroon 5 kali ini dan buktinya adalah album ini bisa menembus posisi 2 di US maupun di UK. Bagi anda yang penasaran seperti apa sebenernya genre pop ditangan Maroon 5 atau bagi anda yang siap-siap untuk nonton konser Maroon 5 oktober nanti sebaiknya segera beli albumnya ini agar lebih familiar dengan lagu-lagunya dan bisa sing a long di konsernya nanti !!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. One More Night
2. Payphone (feat. Wiz Khalifa)
3. Daylight
4. Lucky Strike
5. The Man Who Never Lied
6. Love Somebody
7. Lady Killer
8. Fortune Teller
9. Sad
10. Tickets
11. Doin’ Dirt
12. Beautiful Goodbye
13. Moves Like Jagger (feat. Christina Aguilera)

Related posts

Leave a Reply