Trending News

Blog Post

August Artist Highlight: Justin Bieber
Reviews

August Artist Highlight: Justin Bieber 

Justin Bieber menghabiskan waktu berkeliling dunia, mengunjungi para penggemar di setiap sudut bumi, menjelajah dan belajar mengenai keberagaman, hingga akhir timbul sebuah semangat untuk menginspirasi. Itulah dari mana “Believe” ini berasal. Album studio kedua Bieber yang membuat dunia tetap mengidap demam Bieber dan tak mau sembuh akannya. Sepanjang tahun saat dirinya berkeliling, ia mempersiapkan album ini yang Kuk Harrell, salah seorang produser albumnya mempercayai bahwa album ini masih sebuah transisi dari bintang muda tersebut. Tapi album ini punya ciri kuat, yaitu pesan cinta yang menjembatani konsep lagu demi lagu.

Justin Drew Bieber, lahir di Stratford, Kanada pada 1 Maret 1994. Ia cukup rapi menjadwalkan kesuksesannya. Mulai dari kecil mengakrabi musik dengan otodidak bermain gitar, terompet, piano, dan drum. Mengikuti ajang menyanyi di kotanya, keluar sebagai pemenang kedua. Dan itu menjadi audisinya untuk melanglang buana, karena kesempatan berbagi pengalaman dengan keluarga lewat mengunggah video Bieber berkompetisi ke YouTube mendapat perhatian khusus dari pencari bakat Scooter Braun, yang mengantarkannya ke Usher, yang membimbingnya ke L.A. Reid, yang memuluskannya menjadi artis rekaman di bawah naungan Island Def Jam. Karirnya pun dimulai, dengan ‘One Time’ yang membuat jerit histeris para penggemar meledak. EP “My World” pun diluncurkan, tak lama setelah orang mulai mengidap demam Bieber. Album mini berisi 7 lagu ini dipercaya dirilis memenuhi kebutuhan penggemar akan vokal merdunya. Album ini juga memuat single ‘One Less Lonely Girl’, juga ‘Love Me’ dan ‘Favorite Girl’ yang kelak menjadi semacam brand buat ia tampilan di setiap konsernya.

Tak lama, “My World” menjadi salah satu album terlaris di tahun 2009, meskipun dirilis mendekati akhir tahun tersebut. Dan benar saja, popularitas Bieber semakin meraja lela. Awal tahun 2010 ia merilis single ‘Baby’ yang hingga saat ini tercatat sebagai hit terbesarnya. Salah satu lagu teropuler abad ini adalah lagu dengan melodi yang semangat dan lirik yang menggoda milik seorang bocah yang belum genap 16 tahun! Usia yang muda itu juga yang membuatnya memperoleh gelar artis termuda sejak Stevie Wonder yang memiliki album nomor 1 di Amerika saat “My World 2.0” rilis. Enggak heran, album yang menjadi debutnya ini membuat Bieber diperhitungkan untuk ajang Grammy. Ia diunggulkan untuk kategori Best New Artist dan albumnya untuk kategori Best Pop Vocal Album.

Kalau banyak artis mendapat label “Sensasi YouTube”, maka Bieber adalah “Sensasi Terbesar YouTube”. Yah, setelah memperbaiki nasibnya lewat situs tersebut, ia pun menguasai situsnya dengan angka view untuk video klip ‘Baby’ sebagai video paling banyak ditonton dalam sejarah web tersebut. Tak hanya itu, Twitter juga ia kuasai dengan menjadi salah satu pesohor yang memiliki jumlah pengikut terbanyak disana. Makanya Bieber dengan mulusnya mengamankan posisinya sebagai selebriti media sosial terpopuler, seperti yang diakui Billboard Music Award tahun 2012 ini.

Saat berada puncak, saat itu pula angin terasa bertiup lebih kencang. Tak sedikit yang meragukan kualitas musik Bieber, ataupun kemampuannya bersenandung. Mungkin ia hanya seseorang yang memiliki keberuntungan sebentar dan akan hilang ditelan waktu. Bieber menolak tudingan itu dengan mengeluarkan EP “My Worlds Acoustic” yang memberi kesempatan bagi kita untuk mendengarkan lagu-lagu Bieber dalam versi lebih ringan. Memungkinkan menjangkau vokal murninya, dan kebolehannya menggenjreng gitar dan menekan tuts piano. ‘U Smile’ dan ‘Never Say Never’ menjadi track yang super ngena dalam versi ademnya ini.

Apa yang ada di Bieber dan apa yang dihasilkan darinya selalu menjadi item paling diminati. Parfum Bieber, laris. Boneka Bieber, laris. Begitu juga dengan film “Never Say Never” yang ia rilis, menjadi salah satu film dokumenter terbaik dan terlaris. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat album soundtrack yang mengiringinya, EP “Never Say Never The Remixes” yang menyajikan versi baru lagi untuk lagu-lagu Bieber. Album ini membuka demografi baru bagi Bieber, yaitu country saat ia membawakan ‘That Should Be Me’ bersama bintang musik country, Rascal Flatts. Sukses besar saat keempat koleksinya ini pernah menjamah Top 40 di album chart Billboard di Amerika Serikat pada minggu yang sama. Dan orang-orang pun tahu bahwa popularitas Bieber berada di angkasa.

Sebelum “Believe”, ia menyempatkan diri berdendang religi, yang juga tak lepas dari alunan cinta lewa album “Under The Mistletoe”. Enggak ada yang heran saat album ini menjadi salah satu album Natal terlaris tahun lalu. Selain isinya lagu-lagu super catchy, lagu-lagu Natal tradisional seperti ‘Silent Night’ dan ‘Little Drummer Boy’ pun disulap menjadi catchy abis! Dan mendekati perilisan “Believe”, Bieber berkelana kemana-mana untuk menyebar kembali demam Bieber. Sayangnya, ia sempat berkomentar kurang mengenakkan mengenai Indonesia saat diwawancara oleh media di London. Tapi kita sudah maafin Bieber, kog! Buktinya, ‘Boyfriend’, single andalan dari album ini menjadi top chart, dan menyusul ‘As Love As You Love Me’ yang punya daya “most anticipated” paling tinggi. Album yang dirilis istimewa dalam kemasan deluxe ini punya 16 track di dalamnya, berikut sekeping DVD yang dijamin membuat demam Bieber kita tak berkesudahan! Dan selama bulan Agustus 2012 ini kita puas-puasin bersama Justin Bieber yang terpilih menjadi CreativeDisc Artist Highlight bersama Universal Music Indonesia!

“Everything I have & everything I am are because of my fans. I feel so lucky every day to do what I do. From the bottom of mt heart, thank you for always believing in me.” –
Justin Bieber

Check out our review on Album of The Day: Believe, here
Official Website Justin Bieber
Official Twitter Justin Bieber
Official Twitter Universal Indo

Related posts

Leave a Reply