Trending News

Blog Post

Album of The Day: Esperanza Spalding – Radio Music Society
Album of The Day

Album of The Day: Esperanza Spalding – Radio Music Society 

Released by: Universal Music Indonesia

Kehadiran Esperanza Spalding memang mengejutkan. Orang bertanya-tanya, siapakah sosok misterius ini? Siapakah penyanyi muda ini, yang dengan luar biasa menyingkirkan Justin Bieber sebagai artis pendatang baru terbaik di ajang Grammy 2011 yang lalu. Bagi yang penasaran dengan dirinya, mungkin album ke empat Spalding, Radio Music Society, bisa memberi jawaban akan rasa penasaran tersebut.

Bagi yang familiar dengan Joni Mitchel, mungkin bisa langsung merelasikan diri dengan gaya bermusik yang ditawarkan oleh Spalding. Jazz kontemporer yang dibalur dengan sentuhan pop, soul dan blues. Hasilnya adalah sebuah album yang mengalun tenang dan menghanyutkan serta kaya dengan improvisasi vokal yang cantik dan mengagumkan. Jangan lantas mengira Spalding akan pamer vokal yang melengking-lengking ala Mariah Carey, tentu saja, karena gaya bernyanyi Spalding hadir dengan pembawaan yang jauh lebih tenang dan lembut.

Track pembuka, Radio Song, adalah anthem jazz sepanjang 6:32 menit yang dimulai dengan harmonisasi vokal yang terjaga. Spalding bernyanyi dengan santai namun tak terlupa untuk terkadang meliukkan vokal soprano-nya, seolah-olah mencoba untuk menarik ulur perasaan pendengarnya. Bagi yang sangat gandrung dengan musik jazz, lagu ini jelas cukup memuaskan dan merupakan pembuka yang baik untuk menyimak albumnya secara keselurahan.

Track ke dua, Cinnamon Tree, mengalun dengan gaya loungy, tenang lagi menghanyutkan, sedang dalam Crowned & Kissed, piano, bass, drum dan trumpet yang bergerak lincah menjadi tandem seru bagi vokal Spalding. Tentu saja ini akan menjadi jamak ditemukan dalam Radio Music Society. Terutama trumpet. Darren Barrett yang kebagian tugas sebagai peniup trumpet dalam nyaris setiap lagu memainkan instrumen tersebut dengan aktraktif tanpa harus terdengar overakting atau mencuri spotlight.

Lagu-lagu yang terdapat dalam Radio Music Society pun pun hadir seolah-olah sebagai resume yang impressive bagi Spalding. Mulai dari nomor minimalis seperti Land of The Free atau cover version lagu lawas Michael Jackson, I Can’t Help It, yang juga terdengar bergerak dalam tune Jazz yang lebih konvensional. Atau dengar Endangered Species, dimana dia tampil duet bersama Lalah Hathaway, dan agak mengingatkan akan gaya bermusik dari Manhattan Transfer.

Tidak bisa dipungkiri, materi yang terdapat dalam Radio Music Society, memang terdengar sukup segmental. Mungkin hanya bisa diapresiasi dengan lebih sempurna oleh para pendengar yang memang telah khatam dengan genre Jazz. Namun Spalding tetap mampu memberi impresi yang segar dan menyenangkan, yang mungkin dikarenakan oleh usianya yang masih belia.

Namun jangan tertipu dengan usia muda, karena Spalding terdengar begitu fasih dalam merangka notasi dan melodi yang lancar bertutur. Coba dengar saja Vague Suspicion yang terdengar sangat matang, baik dalam produksi maupun interprestasi Esperanza dalam menyanyikan lagunya. Sebuah versi muda Roberta Flack dalam bernyanyi The First Time Ever I Saw Your Face? Mungkin saja. Namun lagu ini tak kalah “misterius”nya dalam penampilannya.

Esperanza Spalding adalah musisi yang spesial. Ia tidak hanya juara dalam bernyanyi, pintar dalam menulis lagunya sendiri dan jagoan memainkan instrumen bass, baik akustik maupun bass. Dengan kelebihannya ini jelas menjadikan Radio Music Society sebagai album yang berkelas. Ia menunjukkan jika seorang penyanyi juga merupakan musisi. Sebuah bakat yang jarang dimiliki oleh banyak penyanyi masa kini. Dan meski mungkin Radio Music Society terdengar bukan “untuk semua orang”, namun percayalah, album ini sangat layak untuk disimak.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Radio Song” 6:32
2. “Cinnamon Tree” 5:36
3. “Crowned & Kissed” 4:35
4. “Land of the Free” 1:54
5. “Black Gold” (featuring Algebra Blessett & Lionel Loueke) 5:17
6. “I Can’t Help It” (featuring Joe Lovano) 4:42
7. “Hold On Me” 3:40
8. “Vague Suspicions” 5:51
9. “Endangered Species” (featuring Lalah Hathaway) 6:38
10. “Let Her” 4:21
11. “City of Roses” 4:35
12. “Smile Like That” 4:18

Related posts

Leave a Reply