Trending News

Blog Post

Album of The Day: Original Motion Picture Soundtrack – Sparkle
Album of The Day

Album of The Day: Original Motion Picture Soundtrack – Sparkle 

Released by: Sony Music Indonesia

Cukup alasan untuk menjadikan “Original Motion Picture Soundtrack: Sparkle” sebagai sebuah album yang sensasional. Pertama, ini adalah karya terakhir Diva Whitney Houston sebelum beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Penggemar atau tidak, publik sebaiknya mempertimbangkan untuk memiliki album ini sebagai kenang-kenangan pertama pasca meninggalnya sang artis. Kedua, di dalamnya tak hanya sekedar lagu-lagu yang menghias film, tapi juga menguatkan ide cerita sehingga sukses membawa suasana dengar kita ke era 60-an, sesuai dengan setting film. Selanjutnya, dari sebuah gambaran daur ulang tentang sebuah kisah nyata tentang kumpulan cewek yang hidup dari dan untuk musik, hadir lagu-lagu baru yang berdampingan dengan rekaman ulang dari musik di film original.

Dibuka dengan penuh soul lewat ‘I’m A Man’ dengan vokal CeeLo Green. Lagu ceria bertempo cepat ini membangun ketertarikan untuk menyediakan waktu menyimak track demi track yang disajikan selanjutnya. Carmen Ejogo memiliki peran yang penting dalam hal ini, karena selanjutnya, ia menguasai landasan dengar dengan track solo maupun dalam timnya bersama Tika Stumper dan Jordin Sparks. Ia dan suara merdunya yang agak serak dipamer solo dalam ‘Yes I Do’ dan memandu trio Carmen-Tika-Jordin dalam ‘Jump’, ‘Hooked On Your Love’, dan ‘Something He Can Feel’. Benar-benar juara dalam urusan harmonisasi di 3 track di atas.

Whitney menyanyikan lagu gospel ‘His Eye Is On The Sparrow’ diiringi piano organ dan paduan suara sebagai vokal latar, membangun puji-pujian yang khidmat. Kejutan di album ini adalah bagaimana vokal Jordin diproduksi untuk dikeluarkan dengan warna soul yang kental, tidak seperti kebiasaanya yang berkubang dalam warna pop komersil ketika muncul untuk nama pribadi, tidak sedang dalam berperan. Itulah yang terdengar dalam ‘Look Into Your Heart’ dan ‘One Wing’. Good for her. Pasca Idol, Jordin terkesan komersil sehingga sering kehilangan momentum untuk menikmati vokalnya yang bertenaga maupun kemampuan penjiwaan dalam lagu. Dua track di atas cukup untuk menutupi yang sebelumnya sempat terhilang. Sementara di ‘Love Will’, transisi vokal itu sangat terasa. Disini tampak versatilitas yang Jordin punya.

Tanpa mengurangi rasa hormat, track terbaik sepanjang album ini terletak di bagian akhirnya. ‘Celebrate’ yang ditulis oleh R Kelly dibawakan secara duet oleh Jordin dan Whitney memberikan sentuhan modern dalam setting masa lampau di presentasi visualnya. I can see this song being played for the ending title of the movie. Dan lagu ‘Running’ milik Goapele juga demikian. Kehadiran lagu ini menambah suasana semarak, mewakili kata “sparkle” itu sendiri lewat tempo musiknya dan liriknya yang menggairahkan. Ada groovy, ada soul, ada rohani. Kompleksitas yang tersaji apik untuk sebuah album tema satu film.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “I’m a Man” 3:09
2. “Yes I Do” 3:14
3. “Running” 3:16
4. “Jump” 2:28
5. “Hooked on Your Love” 4:09
6. “Something He Can Feel” 3:28
7. “His Eye Is on the Sparrow” 3:32
8. “Look into Your Heart” 2:26
9. “One Wing” 4:15
10. “Love Will” 3:12
11. “Celebrate” 3:36

Related posts

Leave a Reply