Trending News

Blog Post

Album of The Day: Green Day – ¡Uno!
Album of The Day

Album of The Day: Green Day – ¡Uno! 

Released by: Warner Music Indonesia

¡Uno! adalah bagian pertama dari proyek ambisius band pengusung pop-punk, Green Day untuk comeback-nya setelah hiatus selama 3 tahun. Trilogi ¡Uno!, ¡Dos!, ¡Tré! adalah album ke sembilan, sepuluh dan sebelas yang dirilis secara berdekatan, yaitu antara bulan September 2012 hingga Januari 2013. Dengan jam terbang yang terbentang dari lebih dua dekade, tentu saja ini merupakan sebuah proyek yang menarik dari band yang sekarang berdiri sebagai kuartet yang terdiri dari Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, Tre Cool dan Jason White ini.

Single pertama yang dirilis oleh Green Day adalah Oh Love, sebuah power pop yang sebenarnya termasuk ringan untuk ukuran Green Day. Setelah Oh Love yang terdengar nge-pop, kembali hadir dengan semangat pop yang hadir dalam sebuah lagu bercorak dance, dalam single kedua bertajuk Kill The Dj. Sesuatu yang selama ini kita tidak pernah dengar dari karir dua dekade mereka. Tentu saja aransemen yang dihadirkan Green Day hadir dalam konsep organis ketimbang mengandalkan synth. Meski begitu Kill The DJ jelas-jelas memiliki ritme dance yang seru yang dikemas dengan semangat funk, sehingga terdengar seperti lagu-lagu dance ala 70-an seperti The Bee Gees misalnya.

Akhirnya kita pun berkesempatan untuk menyimak ¡Uno! secara penuh. Surprise-surprise! Setelah tampil dengan aransemen punk yang kompleks dan dipengaruhi oleh rock-opera serta muatan politis yang kental dalam dua album terakhir mereka, American Idiot (2004) dan 21st Century Breakdown (2009), dalam ¡Uno!, Green Day memutuskan untuk back to basic alias menampilkan lagu-lagu pop-punk yang menampilkan komposisi sederhana dan easy-listening.

Album dibuka dengan Nuclear Family yang segera menghajar pendengaran melalu semangat punk yang kental. Disambung dengan Stay the Night yang fun and light, seolah mengajak seseruan bersama dengan Green Day. Carpe Diem terdengar agak modern-rock ketimbang punk namun tak kehilangan semangat Green Day, yang terimakasih tentu saja kepada vokal BJ Armstrong yang khas.

Secara umum ¡Uno! memang diisi oleh lagu-lagu yang dulu membuat kita jatuh cinta kepada Green Day di dekade 90-an. Fun. Light. Free-spirited. Energetic. All that punk! Seru. Maka simak saja lagu-lagu seperti Let Yourself Go, Fell for You, Loss of Control, Troublemaker, Angel Blue, Sweet 16 atau Rusty James yang sambung menyambun hadir dengan pendekatan yang setipe nyaris tanpa jeda.

Bagi yang kangen dengan Green Day versi lama, tentu saja ini merupakan sarana reuni yang sangat menggembirakan. Mendengarkan ¡Uno! seolah-olah terbawa kembali ke dalam serunya 90-an dan Green Day seolah tak pernah keluar dari dekade tersebut. Namun begitu, mejadi catatan adalah lagu-lagu tersebut umumnya terkesan setipe dan tidak ada yang benar-benar stand-out.

¡Uno! juga mungkin akan terdengar inferior setelah kita menyimak album-album brilliant seperti American Idiot dan 21st Century Breakdown. Dan jika pun harus dibandingkan dengan Dookie (1994) atau Insomniac (1995) juga belum bisa menandingi kelasnya. Namun begitu, harus dicatat jika ¡Uno! merupakan bagian awal darii sebuah trilogi yang telah direncanakan oleh Green Day sebelumnya. Oleh karenanya, yang kita harus lakukan saat ini adalah menunggu sekuel-sekuel-nya rilis.

Terlepas dari itu, ¡Uno! masih merupakan album yang seru untuk disimak, terutama bagi yang merindukan lagu-lagu pop-punk ala Green Day.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Nuclear Family” 3:03
2. “Stay the Night” 4:36
3. “Carpe Diem” 3:25
4. “Let Yourself Go” 2:57
5. “Kill the DJ” 3:41
6. “Fell for You” 3:08
7. “Loss of Control” 3:07
8. “Troublemaker” 2:45
9. “Angel Blue” 2:46
10. “Sweet 16” 3:03
11. “Rusty James” 4:09
12. “Oh Love” 5:03

Related posts

Leave a Reply