Trending News

Blog Post

Album of The Day: No Doubt – Push And Shove
Album of The Day

Album of The Day: No Doubt – Push And Shove 

Released by: Universal Music Indonesia

Sebelas tahun tanpa album baru. Ini kejadian lho sama band No Doubt. Di saat Gwen Stefani, sang vokalis, meraih kesuksesannya sebagai penyanyi solo, band bentukan tahun 1986 ini terpaksa menunda kegiatan bermusiknya. Berlangsung cukup lama, dan itu lantas yang memacu mereka untuk antusias dan menyegerakan pengeluaran musik baru No Doubt. Ini dicanangkan di tahun 2008, dan bisa kejadian di tahun 2012. “Push And Shove” yang telah dirilis mendekati akhir September lalu adalah koleksi 11 lagu untuk album comeback yang memuaskan. Rasa alami No Doubt yang dinamis didukung dengan melibatkan elektronika yang membuat kesan kekinian hadir dalam track-track-nya.

‘Settle Down’ sebagai intro sekaligus single andalan dari album ini adalah kualitas terbaik dalam album. Memiliki apa yang menjadi rasa asli No Doubt: dinamis dan me-reggae yang diproses melibatkan elektronika dan synth nan current. Hal lain yang bisa dipastikan dari mendengarkan track seperti ini adalah efek feeling good yang diberikannya. Lagu-lagu funky nan ceria membuat mood kita terbangun mendekat ke kebahagiaan tatkala mendengarkannya, meskipun satu lagu ke yang lainnya mengidap kisah dalam lirik yang berbeda-beda. ‘Looking Hot’ dan ‘Undercover’ berada dalam vibe ini.

Satu lagu punya banyak rasa? Ada! ‘Push And Shove’ yang dijadikan title track albumnya adalah sebuah lagu yang kompleks. Ia punya ciri No Doubt dan juga ciri penampil tamu yang dihadirkan; Busy Signal dan Major Lazer. Kalau ‘Settle Down’ simply the best, maka ‘Push And Shove’ is simply complex. (Whatever that means). Yang pasti lagu ini memikiki struktur yang kaya dan nilai unpredictability yang tinggi.

Untuk beberapa yang mid-tempo dan terkesan personal, ada ‘One More Summer’, ‘Easy’, dan ‘Gravity’. Ini pilihan yang lebih suka ke sound alternative ketimbang yang eksperimental. Dalam lagu-lagu yang begini, intrumen band yang dimainkan lebih alami terdengar. I love the rock piano and acoustic guitar played in ‘Undone’. Lagu ini gampang terkoneksi sama pendengar secara emosional. Saya juga berani memberi jaminan 80% pendengar album akan memilih ‘Undone’ ke dalam daftar favorit mereka.

Menutup album, good feeling vibe tadi harus dihadirkan. Maka dari itu, ada ‘Dreaming The Same Dream’. Lagu ini membuat kita merasa nagih untuk kembali mendengarkan “Push And Shove” utuh, kembali dari awal. Dan saatnya kita menyatakan kalimat ajaibnya, No Doubt is back! Masa vakum yang mereka lakukan memang tidak mempengaruhi kualitas bermusik mereka. Masa-masa itu tak hanya dipakai untuk keleluasaan Gwen bersolo karir, tapi juga untuk membangun antusiasme penggemar kepada musik atas nama No Doubt!

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Settle Down” 6:01
2. “Looking Hot” 4:43
3. “One More Summer” 4:39
4. “Push and Shove” (featuring Busy Signal and Major Lazer) 5:07
5. “Easy” 5:10
6. “Gravity” 4:25
7. “Undercover” 3:32
8. “Undone” 4:38
9. “Sparkle” 4:08
10. “Heaven” 4:06
11. “Dreaming the Same Dream” 5:27

Related posts

Leave a Reply