The Voice - Battle Rounds Week 2

Oleh: aihasibuan - 23 Oct 2012

Seleksi ketat yang hanya berdasarkan pada suara membuat The Voice memiliki bakat yang melebihi standar ajang pencarian bakat menyanyi lainnya. Kenyataan bahwa sebagian besar peserta dalam acara ini adalah penyanyi profesional juga membuat tayangan The Voice minim sia-sia. Blind Auditions menghasilkan 16 nama dalam tiap tim, angka ini akan dikuruskan menjadi 8 di masing-masing tim, ditambah kuota 2 STEAL, menjadikan 10 nama yang akan melaju ke babak knockout.

#TeamBlake: Julio Cesar Castillo vs Terisa Griffin - Conga

Blake memasangkan dua artis dari dunia berbeda untuk menyakikan sebuah lagu milik Gloria Estefan. Yang menyatukan mereka adalah lagunya, paling tidak itu menurut Blake. Michael Buble sebagat penasihat #TeamBlake menyatakan bahwa lagu ini butuh kontrol nafas. Tak disangka, Terisa mengungkapkan kebimbangannya mengenai pemasangan ini. Ia berargumen bahwa tujuan akhir dari pemasangan ini adalah untuk menyingkirkannya dari kompetisi. Blake beralasan bahwa ia tidak ingin battle ini begitu mudah. Di sesi latihan, Julio mengalami kesulitan. Untunglah yang terjadi di ring panggung adalah keluwesan dan semangat.

Christina: Wow. I'm kinda speechless. I'm still processing. CeeLo, why don't you say something.

CeeLo: It was cool. I enjoyed it. Terisa you got so much personality.

Adam: I am speechles. Blake, you really outdone yourself. It was odd and it worked.

Blake: It was a hard song to sing. I don't really know who won. I think probably put the most work into, I'm gonna have to go with Julio.

Tak disangka, Julio menang melawan Terisa. Syukurnya, Terisa di-STEAL oleh CeeLo. She's back in the game! She deserved it.

#TeamXtina: Dez Duron vs Paulina - Just The Way You Are

Tidak ada yang janggal dengan pemasangan Dez melawan Paulina. Keduanya muda, punya karisma, dan daya tarik tersendiri. Christina berfikir kalau lagu milik Bruno Mars ini akan sangat mudah untuk mereka bawakan. Billie Joe Armstrong bilang kalau gugup itu alamiah, jangan mengubah melodi lagu. Christina ingin vokal mereka lebih bertenaga menyanyikannya. Di sesi latihan, masih banyak yang harus diperbaiki. Paulina harus memperhatikan pengucapannya, Dez harus lebih powerful. Battle ini kurang memuaskan. Mungkin yang terlemah sejauh ini.

CeeLo: Paulina, you have such tone and such personality. You did a great job. But as a total package, I gotta give it to my man, Dez.

Adam: I think that there are great things about both your voices. It seems like more kinda seasoned, I'd probably go with Dez.

Blake: Dez, it's a mazing to see you now. Paulina, you have such different quality and character. Dez's experience is the reason here why he won this battle.

Christina: So incredibly proud of you. Paulina, you showcase that you're a real performer. Dez, I thought you were very consistent. I gotta give it to Dez.

Paulina tak tampak kecewa karena telah kalah. Ia berhati besar dan sangat bersyukur atas kesempatan berada di The Voice ini.

#TeamAdam: Benji vs Sam James - You Give Love A Bad Name

Ga menyangka kalau cowok vs cowok dalam Battle Rounds ini akan sangat bersaing seperti Benji vs James ini. Mereka punya cokal yang nge-rock, mereka diberikan lagu rock, dan mereka nge-rock mulai dari latihan awal hingga penampilan. Mary J Blige memberikan pengajaran yang berlaku untuk setiap orang yang hendak bernyanyi: "If you can't hit that note, hit it with emotion." Adam menahan Benji dari mejerit setiap saat di lagu ini.

Blake: Sam, you kinda have your thing and stay there. You know what I mean. Benji, either you have a bigger range or you more willing to explore. I would give this to Benji.

Christina: I was so entertained. Sam, you immediately caught my intention. Benji, definitely doing his thing. For me, it's Benji.

CeeLo: Initially, it was pretty even match. I think Benji was the clear lead this one.

Adam: Benji, you own the best scream. The problem, in between your lower register and your scream there's a little bit lack of control. Sam, you have your own style and I really felt it coming through. The winner of this battle, Sam.

Wow! Ga nyangka. Ketika tiga pelatih lain memilih Benji, Adam memilih Sam. Lebih wow lagi, tak seorang pelatih pun yang nge-STEAL Benji.

#TeamCeeLo: Nicholas David vs Todd Kessler - She's Gone

Battle Brewok di #TeamCeeLo antara Nicholas dan Todd. Mereka berdua bukan menganggap ini sebagai pertarungan, lebih ke pertarungan persahabatan. Lagu klasik yang dinyanyikan sempat dicontohkan oleh CeeLo dan penasihatnya, Rob Thomas. CeeLo ingin mereka terikat secara emosi ke dalam lagu ini. Nicholas curhat kalau ia sudah sangat dekat dengan Todd sehingga sulit memandang persaingan antara mereka. Rob bilang meskipun nanti ia menang, kemenangan itu bukan menjadikan Nicholas kurang manusiawi.

Adam: It was awesome. Nicholas, that's only one of those.

Blake: Todd, you're in the upper, upper, upper of percentile this great vocalist. Nicholas, there's nobody else like you. You look like Jesus and people like that.

Christina: I had a lot of fun watching that. I really enjoyed the two of you voice doing that.

CeeLo: I'm going to go with Saint Nick.

Meskipun tak terpilih, Todd tak merasa pulang hampa tangan. CeeLo menjanjikan sesuatu untuknya.

#TeamBlake: Lelia Broussard vs Suzanna Choffel - Dog Days Are Over

No surprise untuk pemasangan ini. Baik Blake, Lelie, dan Suzanna sudah dapat melihat diri mereka dipasangkan. Kalau di Blind Auditions Blake belum kenal sama Florence + The Machine, maka kini ia sudah mengenalinya. Buktinya ia memilihkan lagu Florence untuk dibawakan oleh pasangan ini. Seperti layaknya pemasangannya yang mengejutkan, penampilan keduanya juga seperti itu, tidak begitu mengejutkan. Suzanna memiliki keunikan dalam vokalnya, itu yang membuatnya memenangkan pertarungan ini.

Christina: That was really beautiful. This was a great pairing, a great match.

CeeLo: You both deserve to be here, you both got talent.

Adam: I have to go with you, Suzanna.

Blake: I think Suzanna won the battle.

See, no surprise.

#TeamXtina: Joselyn Rivera vs Sylvia Yacoub - Best Thing I Never Had

Salah satu battle paling seru tahun ini adalah Joselyn vs Sylvia di #TeamXtina. Pilihan lagu Beyonce diberikan Christina yang dapat mengakomodir vokal keduanya yang bertenaga. Billie Joe menyarankan Sylvia untuk menahan power suaranya supaya tidak berlebihan. Masalah Joselyn yang Christina lihat adalah ia kurang mengetahui volumenya. Cewek vs cewek ini juga seru karena mereka menyeretnya ke dalam catfight. Joselyn agak terganggu dengan penampilan Sylvia yang selalu mencoba mengungguli.

CeeLo: I won't pick anpyone because you're both great.

Adam: If I had to choose I would choose Joselyn.

Blake: From my personal taste, I think I'm gonna pick Joselyn.

CeeLo: Let me set the record, I would pick Sylvia.

Christina: This really hard for me, guys. I seriously wanna keep both of you. It's killing me. I'm sorry. I'm so torn. I'm gonna go with fire, I love Sylvia. I'm gonna go with Sylvia.

Christina mengundang Adam untuk menekan tombolnya untuk mencuri Joselyn. Tak lama setelah Adam, Blake pun ikut menekan tombolnya. Adam: You came out and you impressed all of us. Blake: Joselyn, I love you. Joselyn memilih Adam.

Ketika para pelatih memasangkan artis yang kuat melawan artis yang kuat dan menyediakan pertarungan yang super seru, mereka benar-benar harus dihadapkan dengan keputusan super sulit untuk menentukan siapa yang akan keluar menjadi pemenang.

#TeamBlake: Liz Davis vs Nicole Johnson - Baggage Claim

Dua season pertama, Blake seperti kecolongan dan tak sempat membawa penyanyi country bahkan ke semifinal. Kini, saatnya ia menyeleksi penyanyi country dalam timnya dengan memasangkan mereka sehingga yang terbaik akan terus melaju dalam kompetisi. Liz yang lebih berpengalaman melawan Nicole yang masih hijau diberikan lagu Miranda Lambert untuk audisi mereka ke babak Knock Out. Blake ingin mengajak yang terbaik di antara dua ini untuk mewakili timnya.

Christina: It was great, I thought you both had strong voices. Great job both of you, honestly.

CeeLo: Nicole, that was a great job.

Adam: Your voice exactly sounded alike. Nicole, I think you might've taken this one.

Blake: I think it's based on experience. Liz never really lost her breath. I'm gonna go with Liz on this one.

Pendapat CeeLo dan Adam tak mempengaruhi keputusan Blake. Ketika tak ada STEAL untuk Nicole, ia menangis di belakang panggung curhat bahwa ia tak tau apa yang salah.

#TeamAdam: Alessandra Guercio vs Kayla Nevarez - Wide Awake

Penyanyi teknik yang sangat kaku dan terpaku dengan pengetahuannya melawan penyanyi natural yang lebih luwes. Adam tak ingin mereka melihat mengapa keduanya dipasangnkan, ia lebih suka memikirkan bagaimana menjadikan penampilan ini baik sekali. Mary merasa Alessandra terpenjara oleh pemikirannya sendiri untuk menjadi sempurna. Teknisnya di sesi latihan, Kayla mengalami masalah dengan nadanya yang terlalu tajam. Ini yang terjadi di atas ring panggung: Alessandra lebih rileks dan mengeluarkan teknik lain yang ia bisa, Kayla memiliki keluwesan yang tidak dimiliki oleh Alessandra. Dan kejutan terjadi pasca battle.

Blake: Alessandra, I really enjoy that when your voice gets so raspy way more than I like your soft vibrato, which is the opposite of you, Kayla.

Christina: One thing that I can't wait for both you to do, and it does come with a little bit of age and experience, is really uniquely who you are.

CeeLo: Kayla, that soft sound of your voice is very very precious, but I don't know it's really a winning quality. If I have to go with someone, I would say Alessandra.

Adam: Kayla, believe in yourself and be humble. The winner of this battle is Kayla.

Saat Alessandra mengatakan pidato terimakasihnya kepada Adam, Christina menyelanya dan menyatakan kalau Alessandra berhak untuk bertahan di kompetisi ini. Christina melakukan STEAL dan dia bergabung dalam #TeamXtina

Keputusan sulit juga dihadapi oleh pelatih-pelatih yang lain dalam menentukan artis mana yang memenangkan Battle Rounds di tim masing-masing.

#TeamCeeLo: Ben Taubb vs Mycle Wastman - Too Close

CeeLo: I wanna go with Mycle

#TeamAdam: Adanna Duru vs Michele Brooks-Thompson - Crazy In Love

Adam: You guys both really impressed me so much. I gotta give this to Michele.

#TeamXtina: Beat Frequency vs Laura Vivas - PokerFace

Christina: I gotta give it to Laura.

#TeamCeeLo: Emily Earle vs Mackenzie Bourg - Good Time

Kita tidak banyak melihat Emily saat audisi. Ia adalah gadis country yang pernah menjadi pengamen. Ia melawan Mackenzie yang sudah menjadi salah satu favorit. Em merasa lagu ini sangat jauh dari elemennya. Sebenarnya kalau ia menyadari bahwa elemen Carly Rae Jepsen juga sedikit jauh dari dancepop seperti ini, ia seharusnya bisa ngeklik ke kenyataan itu. Saat di sesi latihan, Mackenzie ingin menggunakan gitar. CeeLo menyarankan ia untuk menemukan kepercayaan diri untuk tampil sendiri tanpa embel-embel apapun. Penampilan mereka cukup menggembirakan, cukup menyajikan good time.

Adam: It was a little uncomfortable. The chemistry wasn't what I wanted to be. If I had to make a decision, Emily I probably go with you.

Blake: I'm with Adam. I think I'd probably go with Miss Earl.

Christina: As I watch Mackenzie, I had a better time just watching.

CeeLo: Mackenzie!

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

aihasibuan
More from Creative Disc