Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: No Doubt
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: No Doubt 

Bermodalkan enam album, grup ska populer No Doubt, sejauh ini telah menghasilkan sebanyak 21 video musik. Cukup banyak juga. Memilih 10 yang terbaik diantaranya pastilah cukup sulit. Namun, setelah mengakumulasi pilihan para penggemar No Doubt, maka terpilihlah 10 Video berikut yang terangkum dalam kumpulan video musik terbaik mereka.

10. Simple Kind of Life (Alb. Return of Saturn, 1999)

Simple Kind of Life merupakan single kedua untuk album keempat No Doubt, Return of Saturn. Untuk konsep video musiknya sama sekali tidak “sederhana”. Bahkan dramatis. Sesuai dengan esensi lagunya yang berkisah tentang upaya untuk menikah dan membentuk sebuah keluarga, maka MV yang disutradari oleh Sophie Muller ini memperlihatkan Gwen Stefani dalam rambut merah muda dan balutan gaun pengantin (yang didesain oleh John Galliano). Adegan paling memorable adalah saat Gwen berlari keluar dari Gereja dan dikejar-kejar oleh rekan seband-nya. Konsep yang sangat menarik sekali. Penuh dengan metafora sebenarnya jika kita menyimak secara cermat.

09. Bathwater (Alb. Return of Saturn, 1999)

Bathwater merupakan single ketiga sekaligus terakhir untuk album Return of Saturn. Video musiknya lagi-lagi dikerjakakan oleh Sophie Muller. Cross gender mewarnai MV ini karena menampilkan drummer Adrian Young dalam balutan tampilan ala Gwen Stefani. Sementara itu Gwen Stefani cukup tampil menjadi dirinya sendiri. Karena gaya musiknya yang mengadopsi konsep kabaret, tidak heran jika tari-tarian menambah riuh konsepMV-nya. Jangan lupakan penampilan The Pussycat Dolls yang hadir untuk menampilkan tarian ala burlesque yang dulu menjadi ciri khas mereka.

08. Hey Baby (Alb. Rock Steady, 2001)

Hey Baby merupakan single pertama untuk album kelima No Doubt, Rock Steady. Musik videonya dikerjakan oleh sutradara MV kenamaan, Dave Meyers. Dalam video diperlihatkan sebuah bus yang berisi No Doubt. Kemudian mereka singgah di sebuah di sebuah klub yang tengah mengadakan pesta. Selanjutnya para persel pria berpencar setelah bertemu dengan perempuan-perempuan cantik. Inti dari video ini adalah untuk menangkap suasana pesta di Jamaica yang dialami No Doubt saat berada disana untuk merekam single ini. Kontroversi tercipta saat salah satu adegan menampilkan Adrian Young tampil secara full frontal, meski bagian pribadinya diburamkan.

07. Underneath It All (Alb. Rock Steady, 2001)

Sophie Muller lagi-lagi dipercayakan untuk mengerjakan musik video untuk single ketiga dari album Rock Steady ini. Konsep sensual menjadi sesuatu yang diusung oleh MV ini. Meski memiliki tema yang tidak mengindikasikan sesuatu yang….seksual. Suasana Jamaika lagi-lagi menjadi seting di MV ini. Hanya saja kehadirannya memanfaatkan bluecreen dan CGI ketimbang para personal No Doubt langsung hadir di Jamaika, yang pastinya akan sedikit merepotkan. Warna-warna cerah pun mendominasi layar, sehingga MV Underneath It All tampil dengan sangat semarak.

06. Hella Good (Alb. Rock Steady, 2001)

Konsep video Hella Good datang daru sang sutradara, Mark Romanek, yang mengambil inspirasi dari sebuah pemotretan di majalah Vogue Italia. Dengan memakai konsep hitam-putih, MV ini tidak memiliki jalinan kisah yang utuh, melainkan menampilkan barisan gambar yang artistik dan penuh gaya. Intinya No Doubt digambarkan sebagai geng punk yang mengejar Gwen Stefani di sebuah kapal yang tak terpakai lagi. Diselingi dengan adegan No Doubt manggung dan menyanyikan lagunya.

05. Just A Girl (Alb. Tragic Kingdom, 1995)

Just A Girl merupakan single pertama untuk album ketiga milik No Doubt yang secara fenomenal telah mengangkat nama mereka. Disutradarai oleh Mark Kohr, konsep video ini sederhana saja, dimana diperlihatkan No Doubt memainkan lagunya dengan penuih semangat. Uniknya, boombox dan kamar mandi, baik laki-laki maupun perempuan menempati, sudut perhatian yang lebih. Boombox menjadi benda yang dibawa-bawa oleh Gwen sedangkan kamar mandi perempuan digambarkan secara menarik dengan dekorasi yang cerah dan penuh bunga-bunga. Sedangkan kamar mandi laki-laki, diperlihatkan gelap dan kotor. Ujung-ujungnya, baik pria dan wanita kemudian saling berdansa.

04. Running (Alb. Rock Steady, 2001)

Musik video Running dikerjakan oleh Chris Hafner dan menampilkan Gwen Stefani dalam balutan busana polkadot yang memberi penekanan pada kesan klasik Gwen. Sementara itu, personel lain ditampilkan secara kasual saja. Video juga menghadirkan foto-foto lama mereka, yang tampaknya belum menyentuh kepopuleran. Adegan pantai dimana No Doubt diperlihatkan tengah bersantai menjadi sajian utama. Video diakhiri dengan adegan mereka berlari memasuki laut.

03. Settle Down (Alb. Push and Shove, 2012)

Setelah hiatus selama 11 tahun, No Doubt kembali lagi dengan Settle Down. Dalam video ini, yang dikerjakan oleh sutradara langganan mereka, Sophie Muller, No Doubt hanya ingin reuni dan bersenang-senang. Tidak heran jika video memperlihatkan keseruan sebuah pesta outdoor. Satu yang pasti, Gwen Stefani seperti tidak pernah terlihat tua dan selalu cantik seperti biasanya.

02. Don’t Speak (Alb. Tragic Kingdom, 1995)

Don’t Speak adalah single yang membawa nama No Doubt ke puncak kepopuleran. Kesuksesannya mungkin juga didukung oleh musik video yang dikerjakan oleh Sophie Muller ini. Menggabungkan antara visual-visual cantik namun surreal dengan penampilan No Doubt membawakan lagunya. Gwen Stefani sendiri tampaknya sangat menghayati lagunya yang berkisah tentang hubunganya dengan Tony Kanal.

01. It’s My Life (Alb. The Singles 1992–2003, 2003)

It’s My Life bukanlah lagu orisinil milik No Doubt, melainkan milik band synthpop Inggris, Talk Talk. Lagu ini kemudan dipilih untuk menjadi lead single album koleksi hits mereka di tahun 2003. MVnya dikerjakan oleh David LaChapelle dan mengambil inspirasi dari tahun 1930-an. Kesan melodramatis yang kental mewarnai MVnya, saat Gwen Stefani digambarkan sebagai seorang perempuan yang tengah terlibat dalam kasus hukum. Ruang sidang pun menjadi seting sempurna. Digambarkan kemudian korban-korban Gwen, yang diperankan oleh para personel No Doubt. Ending yang out-of-the-world menutup sempurna.

Related posts

Leave a Reply