Trending News

Blog Post

Album of The Day: Bloc Party – Four
Album of The Day

Album of The Day: Bloc Party – Four 

Released by: Warner Music Indonesia

Tahun 2012 rasanya memang milik generasi baru UK Indie Scene. Dan kali ini memang sudah saatnya band bergenre post punk asal Inggris ini untuk kembali ke ranah musik. Ya, Bloc Party kini telah merilis album teranyarnya yang diberi titel “Four” yang apabila anda simak lebih seksama, sepertinya mereka memilih untuk kembali ke jalur musik mereka pada saat-saat awal mereka menapakkan diri di jagat industri musik Inggris ini. Dengan dinamika yang naik turun persis secara repetitif, album ini berhasil membius penikmat musik di negara asalnya dengan peak di posisi 3 UK Album Chart beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya apa hebatnya album ini?

Dengan aroma progresif gitar yang kuat, dengan jeniusnya Russell Lissack dapat memaksimalkan penggunaan instrumen ini dari segi rhythm dan melodi, bahkan diiringi dengan strumming yang anggun seperti pada track “Kettling” dan “3×3”. Sedangkan pada track pembuka, “So He Begins To Lie” walaupun terdengar hingar bingar namun tidak begitu menusuk telinga, mungkin berkat teknik mixing yang apik, dan menurut saya track tersebut sangat cocok sekali ditempatkan sebelum track “3×3” yang memiliki semangat sama. Namun kadang arah mereka kurang jelas dan sedikit “nanggung” seperti “Coliseum” yang terdengar sangat blues namun tiba-tiba berubah menjadi revival punk yang meledak-ledak, atau “Day Four” yang tiba-tiba terdengar seperti Two Door Cinema Club dikombinasikan dengan The Temper Trap. Namun walaupun demikian, saya mengakui bahwa track tersebut merupakan track favorit saya sejauh ini.

Single utama dari album ini, “Octopus” dapat dibilang merupakan pilihan yang jitu, yang walaupun tidak merepresentasikan keseluruhan album ini, namun single ini cukup ear-catchy. Track “The Healing” juga sangat unik dimana vokal Kele Okereke terdengar seperti Muse, namun dengan iringan aransemen khas Bloc Party. Atraksi layer gitar yang menarik juga dapat anda temui di track “Truth”, track yang sangat worth to listen menurut saya.

Secara keseluruhan, album ini merupakan album yang menarik, dan peran Russell Lissack sebagai gitaris utama band ini patut diacungi jempol. Album yang diproduseri oleh Alex Newport ini berisi 12 track (atau 15 track di special edition) dimana setiap track nya memiliki aura yang berbeda-beda. Namun entah mengapa menurut saya dengan adanya hal ini malah terkesan bahwa album ini hanya kumpulan materi-materi lagu saja, kurang ada konsep kuat yang ditawarkan. Sepertinya mereka berusaha keras untuk kembali seperti form lama mereka layaknya album “Intimacy”, namun dibumbui dengan kondisi yang lebih menghentak pada penggunaan gitar yang lebih bertenaga. Apapun kritisi yang diberikan, album ini masih terdengar seru dan menghibur. Come on, be excited for Bloc Party!

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “So He Begins to Lie” 3:34
2. “3×3” 2:39
3. “Octopus” 3:05
4. “Real Talk” 4:14
5. “Kettling” 3:41
6. “Day Four” 4:11
7. “Coliseum” 2:29
8. “V.A.L.I.S.” 3:20
9. “Team A” 4:37
10. “Truth” 4:00
11. “The Healing” 4:19
12. “We Are Not Good People” 3:20

Related posts

Leave a Reply