Trending News

Blog Post

Album of The Day: Christina Aguilera – Lotus
Album of The Day

Album of The Day: Christina Aguilera – Lotus 

Released by: Sony Music Indonesia

Untuk para #TeamXtina seperti saya, Lotus is a highly anticipated record from one of the best vocalist of all time, Christina Aguilera. Yes, she’s a vocalist, satu title yang menurut saya tidak akan disematkan untuk sembarangan orang. Sebagai most accomplished vocalist dari era bubblegum pop, menurut saya Christina Aguilera akan lebih baik menyanyikan lagu-lagu ballad atau pop/adult kontemporer, tidak perlu ikut invasi elektronik masa kini, atau membuat album yang konsisten saja seperti Back To Basics (her best album, in my opinion). However, aside from being an artist herself, she means business in music, dan memang harus beradaptasi dengan pasar. Layaknya Benjamin Button, fenomena ‘The Curious Case of Adele Adkins (and her ballads)‘ adalah rare case yang tidak terjadi dua kali dalam waktu berdekatan.

Xtina memiliki The Voice dan Moves Like Jagger yang membuat karir-nya bersinar lagi, dan Lotus menurut saya album yang diperlukan Xtina sebagai follow-up. Rasanya nyaris semua lagu di album ini dikemas untuk memuaskan the real #TeamXtina dan possibly the younger audience, yang akan klik dengan lagu semacam Let There Be Love yang sangat ‘David Guetta’, whom as far as I’m concern tidak terlibat di album ini. The part when Xtina soars thru the final chrous adalah bagian paling oke di single ini. Sepertinya Let There Be Love ini seharusnya jadi lead single Lotus. Another stand out electronic tracks adalah the very sassy, Red Hot Kinda Love yang menurut saya akan jadi biasa saja kalau dinyanyikan orang lain.

Lalu Make The World Move (featuring Cee Lo Green) adalah contoh yang bagus untuk retro-elektro, it’s a cool track namun kurang anthemic menurut saya, it does not make me want to move. Saya bahkan lebih tertarik dengan Army of Me yang menunjukkan Xtina yang lebih ‘matang’ sebagai individu, vokalis, dan musisi. Single pertama Your Body is super catchy, jika di-remix dengan tempo lebih cepat akan menjadi perfect club anthem, tetapi saya bertanya-tanya kenapa single ini tidak sukses secara komersil seperti yang diharapkan? Sebagai orang awam, menurut saya: 1) Most people don’t like Xtina in common-dance tunes. Xtina is at her best at Beautiful, Hurt, The Voice Within, see, (mostly) all ballad, 2) Kurang marketing effort dari manajemen-nya (had she is in Rihanna’s or Katy Perry’s, she’ll do phenomenal).

Kebiasaan Xtina sejak Stripped adalah ‘menyimpan’ lagu-lagu ballad-nya di paruh kedua albumnya. Blank Page pun demikian, the best track in Lotus, elegan, heartfelt, dan yang paling penting, perfectly-sung. Lagu seperti inilah yang menurut saya seharusnya menjadi fokus Xtina, do what she does best, sing her heart out. Kalau duet-nya dengan Blake Shelton, Just A Fool, juga dihitung sebagai ballad (with country road twist), maka ini juga termasuk salah satu yang keren. Hanya saya kolaborasi ini menurut saya tidak kohesif dengan Lotus track 1 hingga track 12.

Deluxe version dari album ini berisi 4 tracks tambahan, termasuk satu versi remix dari Your Body. Light up the Sky menurut saya terlalu bagus untuk hanya menjadi bonus. It is light but lyrically excellent. Saya akan switch lagu ini dengan Circles yang ada di porsi main track. Circles menunjukkan sisi ‘mean’ seorang Xtina, musically it is good tapi tidak cocok dengan pure spirit of Lotus. Jika menjadi bonus track maka Circles akan melengkapi Shut Up yang cenderung ber-aura sama.

Lotus, lepas dari my personal preference, adalah album yang jika ‘dipasarkan’ dengan baik oleh label & manajemen-nya, bisa jadi album yang sukses komersil; banyak single yang berpotensi jadi hit dari album ini. Apakah ini album comeback-nya Xtina? Yes, definitely . Apakah Lotus akan membawa Xtina kembali ke puncak seperti The Emancipation of Mimi – Mariah Carey? Belum tentu. But still, #TeamXtina all the way.

Official Website

(Rio Ichsan)

TRACKLIST
1. “Lotus Intro” 3:18
2. “Army of Me” 3:27
3. “Red Hot Kinda Love” 3:06
4. “Make the World Move” (featuring CeeLo Green) 3:00
5. “Your Body” 4:00
6. “Let There Be Love” 3:22
7. “Sing for Me” 4:01
8. “Blank Page” 4:05
9. “Cease Fire” 4:08
10. “Around the World” 3:25
11. “Circles” 3:26
12. “Best of Me” 4:08
13. “Just a Fool” (with Blake Shelton) 4:14
Deluxe Edition Bonus Tracks
14. “Light Up the Sky” 3:31
15. “Empty Words” 3:47
16. “Shut Up” 2:53
17. “Your Body” (Martin Garrix Remix) 5:12

Related posts

Leave a Reply