Trending News

Blog Post

Album Of The Day: Ellie Goulding – Halcyon
Album of The Day

Album Of The Day: Ellie Goulding – Halcyon 

Released by: Universal Music Indonesia
Ellie Goulding is nothing but unique. Dirinya membuat pengaruh yang cukup besar di dunia pop saat ‘Lights’ diakui sebagai salah satu single hit tahun ini di Amerika Serikat. Ini membuat perilisan album studio keduanya, “Halcyon” mendapat atensi masyarakat yang lebih besar dan lebih luas. Dengan bertambahnya jumlah rekaman, bertambah pula kedewasaan si penampil yang terpancar dari karya yang ia hasilkan. Kalau album terdahulu bertemakan terang benderang, maka di kesempatan kedua ini, perjalanan musik Ellie menelusuri jalan yang kelam.

What’s “Halcyon”? Ternyata itu adalah sebuah species burung yang di musim dingin mengerami telur-telurnya di pesisir pantai dan menambah keteduhan suasana sekitar. Cukup menggambarkan sebagian besar lagu dalam album ini yang bercerita tentang air dan lautan. Demikian menurut pengakuan Ellie. Selanjutnya, bisa ketebak dong apa yang bisa kita rasakan sebagai dampak dari mendengarkan album ini. Ya, tentram.

Kebanyakan dari ketentraman itu muncul dari vokal yang teduh milik Ellie. Soalnya lagu-lagu di dalamnya rata-rata bergerak dalam tempo menengah ke cepat, dan sulit menemukan kedamaian di dalam musik yang riuh. ‘Anything Could Happen’ adalah track yang beat-nya solid, ‘Figure 8’ resmi sebuah lagu club ready, begitu juga dengan ‘Hanging On’ (Calvin Harris feat. Ellie Goulding). Tapi dari yang Ellie rancang untuk album keduanya ini adalah mengurangi porsi elektronika sehingga tidak sebanyak yang hadir dalam album perdananya dulu, sehingga mengkondisikan album ini ke ranah pop. Tujuannya apa? Mungkin agar masuk ke jalur mainstream, sehingga lebih banyak lagunya yang bisa nyangkut ke telinga orang. ‘Only You’, ‘Joy’, ‘I Know You Care’ mencontohkan ke-pop-an yang dimaksud. Berhasilkah? Nyaris. Masih belum sempurna untuk menggolongkan album ini ke dalam tipe pop. Dengan demikian, alternative adalah pilihan yang lebih cocok, karena agak sulit mengotakkan musik variatif Ellie.

Her vocal is her power. Pendengar bisa mati kutu mendengarkan keunikan vokalnya yang diolah sempurna, unjuk gigi dengan gaya nyanyi yang enggak biasa pula. ‘Don’t Say A Word’ memamerkan keluwesan senandung Ellie yang agak-agak mengetnik, ‘Atlantis’ habis-habisan menonjolkan kesenduan vokal nan merdu itu, dan ‘Halcyon’ menghipnotis sekaligus menyemangati. Namun untuk vokal sespesifik Ellie, ternyata ia juga takluk sama pesona Adele. Di ‘My Blood’ tercetus kalau ada peengaruh gaya bernyanyi Adele di dalamnya. Amazing kan bagaimana percobaan vokal tipis Ellie diracik menggelegar seperti Adele.

Dan oh ya, jangan lupakan track emosional yang juga dihadirkan dalam album ini. Selain ‘I Know You Care’, ada ‘Dead In The Water’ yang bisa menguras air mata. Coba teliti liriknya. “I’m there in the water//Still looking for ya//I’m there in the water//Can’t you see? Can’t you see?” Penantian tak berujung itu menggiring pada “menyerah”, dan lirikpun berubah menjadi “I’m dead in the water//Still looking for ya//I’m dead in the water//Can’t you see? Can’t you see?” di penghujung lagu.

Saya yakin bagi mereka yang dari dulu sudah cinta sama Ellie akan menemukan kecintaan yang lebih besar padanya lewat album ini. Dan buat yang terlambat, tidak ada masalah sama sekali. Karena besar potensi “Halcyon” untuk memberi porsi cinta yang sama besarnya. It’s a 4-star album!

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Don’t Say A Word 4:07
2. My Blood 3:54
3. Anything Could Happen 4:47
4. Only You 3:51
5. Halcyon 3:25
6. Figure 4:08
7. Joy 3:14
8. Hanging On 3:22
9. Explosions 4:03
10. I Know You Care 3:26
11. Atlantis 3:53
12. Dead In The Water 4:44
Bonus Track:
13. Lights
14. I Need Your Love (Calvin Harris feat. Ellie Goulding) 3:58

Related posts

Leave a Reply