Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kelly Clarkson – Greatest Hits: Chapter One
Album of The Day

Album of The Day: Kelly Clarkson – Greatest Hits: Chapter One 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Jangankan kita, Kelly Clarkson sendiri tidak menyangka bahwa dirinya telah sepuluh tahun berkelanana di industri musik internasional. Menghasilkan lima album studio dan puluhan single. Mengumpulkan lusinan penghargaan musik dan berkolaborasi dengan beragam artis, pencipta lagu, dan juga produser. Melakukan tur keliling dunia. Itu didapatkannya dari platform Idola Amerika, dengan tingkat kesuksesan mendunia. Pengalaman itu yang dirangkumnya untuk dibagi dalam “Greatest Hits: Chapter One“, sebuah album kompilasi apik yang mengedepankan single-single Kelly yang berhasil menjadi hits.

‘Since U Been Gone’ menjadi track pembuka. Lagu pop rock dengan hentakan musik yang keras ini menjadi landasan puncak karir Kelly. Meskipun gagal meraih posisi teratas di puncak Billboard Hot 100, ‘Since U Been Gone’ secara tegas tergambar sebagai signature song Kelly dan mempengaruhi sound dari kebanyakan hit Kelly seterusnya. Sebut saja ‘Behind These Hazel Eyes’, ‘Never Again’, atau yang paling bertsruktur serupa ‘My Life Would Suck Without You’. Sukses mutlak yang dicetak ‘Since U Been Gone’ juga merupakan alasan kepercayaan diri Kelly untuk membuat setiap albumnya menjadi rekaman pop rock yang solid, tidak lagi terlalu berwarna seperti album debutnya.

Dalam era “Breakaway” juga Kelly mengumpulkan lebih banyak fans. Ia tak hanya berdiri di depan dalam barisan penyanyi wanita genre pop rock, tapi juga barisan penyanyi wanita segala genre di era ini. Tak heran Kelly memilih untuk memasukkan seluruh single yang ia rilis dari album ini untuk disajikan sebagai “Hit Terbaik”-nya. ‘Breakaway’, ‘Since U Been Gone’, ‘Behind The Hazel Eyes’, ‘Because Of You’, ‘Walk Away’, bahkan ‘Beautiful Disaster (Live)’ yang adalah koleksi dari album kedua Kelly memadati tracklist. Kelly pasti merasa pop rock adalah posisi ternyamannya untuk bermusik, dan ingin kuat bertahan dalam ranah ini.

Namun sekarang, Kelly mulai merambah ke jalur country. Ia terlebih dahulu mengakrabi Reba McEntire dan merekam ulang hit ‘Because Of You’ secara duet dalam versi country yang sayangnya terlewat dari kompilasi ini. Kelly lebih memilih kolaborasinya dengan Jason Aldean dalam ‘Don’t You Wanna Stay?’ yang berhasil membuahnya penghargaan di bidang musik country untuknya. Dari sini, ia lebih mendalami musik tradisional Amerika tersebut dengan menawarkan kolaborasinya bersama Vince Gill di lagu ‘Don’t Rush’. Mungkin ke depannya akan lebih banyak lagu-lagu country yang Kelly hasilkan.

Namun ketika membahas tentang warna musik, debut album “Thankful” adalah album yang paling berwarna dibanding album Kelly manapun. Ia punya sound pop yang dominan dengan infus rock, soul, dan balada. Tapi mungkin kesan pribadi yang kurang dari album ini yang membuat Kelly hanya mengambil tiga single saja untuk diikutsertakan ke dalam album kompilasinya: ‘Miss Independent’, ‘A Moment Like This’, dan ‘The Trouble With Love Is’. Kelly dan tim berupaya sebaik mungkin untuk menampilkan lagu-lagu yang mewakili 10 tahun pertama karir sang idola ke dalam kompilasi padat lagu ini, berharap tak ada moment yang telepas darinya. Rekaman yang dianggap kurang sukses “My December” saja mampu menghasilkan hit Top 10 ‘Never Again’, sehingga masih punya catatan disini.

Masa kebangkitannya yang di album “All I Ever Wanted” diwakilkan oleh ‘My Life Would Suck Without You’, ‘Already Gone’, dan ‘I Do Not Hook Up’ yang masing-masing punya kisah berbeda dan menarik mengenai hubungan sepasang kekasih. Hingga hadirlah “Stronger” yang semacam penguatan mental bagi para pendengar. Memberikan pengajaran mengenai kekuatan diri dan bagaimana menatap positif hal-hal yang tampak tidak menguntungkan. ‘Mr. Know It All’, ‘Stronger (What Doesn’t Kill You)’, dan ‘Dark Side’ merupakan karya-karya yang punya tingkat personal dalam level tinggi ke Kelly Clarkson. Ini mengalir terus ke lagu-lagu original yang hanya tersedia dalam kompilasi ini: ‘Catch My Breat’ dan ‘People Like Us’. Nothing but empowerment!

Ketika mengungkap usaha mengenai pemilihan lagu yang sebaik mungkin mengikutsertakan segala moment dalam karir Kelly, hadirlah ‘I’ll Be Home For Christmas’ dari rekaman “iTunes Sessions” tahun 2011. Lihatkan bagaimana apiknya album ini tercipta? Tapi tetap saja masih kurang. Seandainya format “Greatest Hits” tersebut diubah menjadi “The Singles Collection”, pasti hasilnya akan lebih banyak dengan runut kronologis. Tapi ya sudahlah, tertulis disini “Chapter One”, dengan harapan di masa mendatang akan hadir chapter berikutnya yang lengkap ataupun melengkapi yang ini.

DVD “Greatest Hits: Chapter One” menampilkan 14 video musik terpilih dari Kelly Clarkson. Dua di antaranya tidak tersedia di dalam album, sehingga bisa mengobati kekurangan yang mungkin menghinggapi. Selamat menikmati perjalanan musik Kelly, mulai dari kemenangannya di American Idol, dipakainya lagunya untuk soundtrack film, keberhasilannya memenangkan penghargaan Grammy, lompatan besarnya ke puncak Billboard Hot 100, hingga kolaborasinya dengan rekan artis dan pencipta lagu yang benar-benar beragam: Christina Aguilera, Avril Lavigne, Chantal Kreviazuk, Ryan Tedder, Kara DioGuardi, hingga Katy Perry.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
CD
1. Since U Been Gone (Breakaway) 3:10
2. My Life Would Suck Without You (All I Ever Wanted) 3:32
3. Miss Independent (Thankful) 3:34
4. Stronger (What Doesn’t Kill You) (Stronger) 3:41
5. Behind These Hazel Eyes (Breakaway) 3:17
6. Because Of You (Breakaway) 3:40
7. Never Again (My December) 3:36
8. Already Gone (All I Ever Wanted) 4:41
9. Mr. Know It All (Stronger) 3:52
10. Breakaway (Breakaway) 3:58
11. Walk Away (Breakaway) 3:58
12. Don’t You Wanna Stay (with Jason Aldean) (Stronger) 4:20
13. Catch My Breath 4:10
14. People Like Us 4:20
15. Don’t Rush (feat. Vince Gill) 4:02
16. I’ll Be Home For Christmas (iTunes Sessions) 2:54
17. Dark Side (Stronger) 3:44
18. A Moment Like This (Thankful) 3:48
19. The Trouble With Love Is (Thankful) 3:41
20. I Do Not Hook Up (All I Ever Wanted) 3:20
21. Beautiful Disaster (Live) (Breakaway) 4:35

DVD
1. Miss Independent
2. Low
3. Since U Been Gone
4. Behind These Hazel Eyes
5. Because Of You
6. Walk Away
7. Never Again
8. Don’t Waste Your Time
9. My Life Would Suck Without You
10. I Do Not Hook Up
11. Already Gone
12. Mr. Know It All
13. Stronger (What Doesn’t Kill You)
14. Dark Side

Related posts

Leave a Reply