Trending News

Blog Post

Album of The Day: Pitbull – Global Warming
Album of The Day

Album of The Day: Pitbull – Global Warming 

Released by: Sony Music Indonesia

Sekarang, rap lebih populer atas kedekatannya dengan musik dance dibanding Hip-Hop. Sebut saja Flo Rida, Nicki Minaj, dan juga Pitbull. Mereka bertiga sepertinya yang membuat perkawinan antara rap dan dance membahana. Ketiganya unggul dalam menciptakan musik untuk clubbing dengan kemeriahan gaya masing-masing. Pitbull di satu pihak, punya keluwesan musik yang menjorok ke gaya latin. Meskipun tidak dominan, hal ini cukup memberikan faktor beda buatnya. “Global Warming” sebagai album terbaru Pitbull menjadi bukti dari apa yang ia paling tahu: memaksa orang bergerak dengan musiknya.

Title track ‘Global Warming’ sebagai track pembuka menghadirkan aliran semangat ke pendengar. Intro berdurasi 1 menit 25 detik memang menimbulkan efek nanggung. Bagian pertama menampilkan Pitbull dan bagian kedua dibawakan oleh Sensato dengan lirik berbahasa latin. Lagu ini mengambil sample lagu ‘Macarena’ membuat kita jadi mau goyang macarena sembari mendengarkannya. Selanjutnya, musik yang bergerak mengencang adalah pola yang dipasang di hampir setiap lagu di dalam album ini. ‘Don’t Stop The Party’, ‘Have Some Fun’, ‘Last Night’, ‘Everybody F–ks’, juga ‘1159’.

Generiknya album ini disiasati dengan memberikan naik turunnya irama yang juga menandakan perbedaan dari satu bagian ke bagian lainnya dalam satu lagu. ‘Hope We Meet Again’ memiliki rasa demikian. Kiranya hal ini akan menjadi sekuel dari ‘International Love’ dari Pitbull dan Chris Brown yang dulu saling mendukung dalam hentakan, tapi kini Chris hadir sebagai penyeimbang beat. ‘Drinks For You (Ladies Anthem)’, ‘Party Ain’t Over’, ‘Last Night’, dan juga ‘Feel This Moment’ memiliki vibe demikian. Sehingga kita enggak mati kebosanan dalam beat yang mungkin konstan dentumannya dari awal hingga akhir.

Yang jelas terdengar berbeda adalah ‘Outta Nowhere’ dan ‘Echa Pa’lla (Manos Pa’rriba). Kedua lagu ini secara nyata stand out, meskipun tidak menampilkan world class artist sebagai bintang tamunya. ‘Outta Nowehere’ bersama Danny Mercer diramu dalam alunan musik alternative berpadu hip-hop, sementara ‘Echa Pa’lla’ bersama Papayo hadir secara sensual dalam irama latin.

Ini album kedua Pitbull yang bertabut bintang. Ia mempercayakan mengambilan hook di kebanyakan lagunya kepada artis tamu. Beberapa artis kelas berat dilibatkan untuk memberikan sumbangsih vokal mereka: Shakira di ‘Get It Started’, Christina Aguilera di ‘Feel The Moment’, The Wanted di ‘Have Some Fun’, Akon di ‘Everybody F–ks’. Menyambung kerjasama yang sudah pernah dibuat sebelumnya; Afrojack di ‘Party Ain’t Over’, ‘Have Some Fun’, dan ‘Last Night’, juga Chris Brown di ‘Hope We Meet Again’. Sementara untuk nama-nama berikut; Jennifer Lopez, Usher, Havana Brown, dan Enrique Iglesias, kehadiran mereka seperti pay back atas kehadiran Pitbull di hits mereka terdahulu. Secara berturut-turut, ‘Drinks For You (Ladies Anthem)’, ‘Party Ain’t Over’, ‘Last Night’, dan ‘Tchu Tchu Tcha’ memutar keadaan dimana sebelumnya Pitbull hadir di lagu mereka sebagai penggembira, dan kini mereka yang menjadi faktor tambahan untuk lagu Pitbull.

Merasa mengenali beberapa lagu dalam album ini meskipun baru pertama kali mendengarkannya? Itu semua karena pengambilan sample yang dilakukan Pitbull terhadap lagu-lagu terdahulu dan menyesuaikannya dengan beat yang ia punya untuk menjadi tracks yang menarik dan familiar. ‘Feel This Moment’ (menampilkan Christina Aguilera) mengambil sample ‘Take On Me’, ‘Have Some Fun’ (menampilkan The Wanted & Afrojack) mengambil sample ‘All I Wanna Do’, dan masih ada beberapa lagi: ‘Back In Time’ dan ‘Tchu Tchu Tcha’ (menampilkan Enrique Iglesias). Sementara lagu ‘I’m Off That’ dan ‘Don’t Stop The Party’ mengambil elemen lagu sekaligus menampilkan penampil lagunya; Afrojack dan TJR. Pitbull juga menggunakan dubstep untuk sesi khusus di beberapa lagunya. Paling terasa adalah di ‘Back In Time’, dan bisa didapati di beberapa track lain.

Sangat mudah mengerti bagaimana Pitbull sangat bisa diandalkan untuk urusan menikmati hidup dengan cara berpesta. Album “Global Warming” ini unggul di ide tersebut, meskipun pendengar sering mendapati diri mereka tidak mengerti apa yang Pitbull ucapkan dalam liriknya. Apakah itu masalah? Sebenarnya tidak. Karena walau ia seorang rapper, ia lebih menjual beat musiknya ketimbang kata demi kata yang dengan cepat ia ucapkan. Tapi kalau ingin mengambil waktu untuk mengerti apa yang Pitbull ucapkan, dengarkan ‘Have Some Fun’ dan ‘Outta Nowhere’, dimana banyak moment untuk menangkap kata demi kata yang dilafalkan Pitbull dalam rap-nya. Dan apakah “Glibal Warming” bisa memenuhi ekspektasi semua orang? Bisa dikatakan 8 dari 10 harapan akan terpenuhi dengan album ini.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Global Warming (feat. Sensato) 1:25
2. Don’t Stop The Party (feat. TJR) 3:26
3. Feel The Moment (feat. Christina Aguilera) 3:49
4. Back In Time 3:27
5. Hope We Meet Again (feat. Chris Brown) 3:41
6. Party Ain’t Over (feat. Usher & Afrojack) 4:03
7. Drinks For You (Ladies Anthem) (feat. Jennifer Lopez) 3:16
8. Have Some Fun (feat. The Wanted & Afrojack) 4:04
9. Outta Nowhere (feat. Danny Mercer) 3:26
10. Tchu Tchu Tcha (feat. Enrique Iglesias) 3:25
11. Last Night (feat. Havana Brown & Afrojack) 3:39
12. I’m Off That 3:17
13. Echa Pa’lla (Manos Pa’rriba) (feat. Papayo) 3:16
14. Everybody F–ks (feat. Akon & David Rush) 4:17
15. Get It Started (feat. Shakira) 4:05
16. 1159 (feat. Vein) 3:37

Related posts

Leave a Reply