Trending News

Blog Post

Album of The Day: Various Artists – The Twilight Saga: Breaking Dawn, Pt. 2 (Original Motion Picture Soundtrack)
Album of The Day

Album of The Day: Various Artists – The Twilight Saga: Breaking Dawn, Pt. 2 (Original Motion Picture Soundtrack) 

Released by: Warner Music Indonesia

Akhirnya Twilight Saga benar-benar memasuki episode terakhirnya. Setelah tahun lalu, bagian pertama dari Breaking Dawn, yang merupakan episode terakhir dari rangkaian kisah percintaan antara manusia (Bella Swan) dan vampir (Edward Cullen) tersebut membuat kita penasaran, maka tepat hari ini rasa penasaran tersebut akan terbayarkan dengan hadirnya The Twilight Saga: Breaking Dawn, Pt. 2. Akan tetapi, kita tidak akan membicarakan filmnya di sini, namun sebagaimana biasa, tentu saja kita akan membahas tentang album soundtracknya, yang juga merupakan rilisan terakhir untuk album soundtrack Twilight Saga.

Setelah absen di album soundtrack Breaking Dawn, Pt. 1, amat disayangkan Muse kembali absen. Namun begitu ada nama-nama paten lain yang siap memeriahkan album ini, sebut saja Green Day, Passion Pit, Ellie Goulding dan Feist. Dan sudah tradisi jika album soundtrack Twilight Saga akan selalu mengundang nama-nama yang kita kurang awam namun sangat layak untuk disimak.

Album dibuka dengan Where I Come From milik Passion Pit. Band pengusung elektropop ini lagi-lagi mempersembahkan lagu elektronika yang eklektik. Mudah dicerna, namun juga tidak terdengar cheesy. Selanjutnya Ellie Gooulding hadir dengan Bittersweet yang istimewanya diproduseri oleh mantan kekasihnya, Skrillex. Sebagai penyandang nama besar di skena dubstep, tentu saja Bittersweet tidak terlepas dari sentuhan dubstep.

Green Day kemudian hadir dengan The Forgotten yang mungkin tidak akan terdengar seperti Green Day sama sekali. Dengan piano dan string yang hadir sebagai musik pengantar, The Forgotten terdengar seperti pop melankolis yang gloomy. Namun jangan kuatir, karena ini Green Day yang kita bicarakan, sehingga lagunya akan jauh terdengar menye-menye. Diva indie-pop-folk, Feist, hadir dengan Fire in the Water yang atmosferik dan megah. Meski terdengar suram namun ada sesuatu yang magis saat kita mendengarkan lagu ini. Feist yang biasanya hadir dengan lagu-lagu yang memiliki tekstur yang simple, kali ini memilih untuk tampil dengan jauh lebih melodramatis dan filmis. Agak-agak mengingatkan Florence + The Machine.

Setelah nama-nama besar tadi, berikutnya album mulai memberikan lagu-lagu yang diusung oleh nama-nama indie yang menjanjikan. Dibuka dengan The Boom Circuits yang menghadirkan elektro-trip-hop yang sendu dalam Everything and Nothing. Nomor mid-tempo rock and roll yang berbalut elektro-pop hadir dalam The Antidote milik St. Vincent. Sementara itu POP ETC menghadirkan synth-pop new-wave yang menghanyutkan dalam Speak Up, yang menghadirkan pilihan nada yang tak terduga.

Duo asal Inggris, Iko, hadir dalam lagu sendu minimalis, hanya bertemankan piano, berjudul Heart of Stone yang juga tak kalah syahdu dibandingkan Fire in The Water milik Feist tadi. Nomor minimalis lainnya kemudian menyusul, yang kali ini dihadirkan oleh band pengusung indie-pop bernama A Boy and His Kite. Lagu yang berjudul Cover Your Tracks ini hadir dengan balutan gitar yang susul menyusul berdenting menemani vokal yang bernyanyi dengan penuh perasaan.

Dan album soundtrack Twilight tidak akan lengkap tanpa kehadiran musisi folk. Maka simaklah Ghosts oleh penyanyi asal Irlandia, James Vincent McMorrow. Petikan gitar yang merdu menjadi teman bernyanyi James yang lirih dan lembut. Begitu syahdu. Begitu memikat. KIta lanjutkan dengan salah satu jebolan American Idol, yaitu Paul McDonald, yang merupakan finalis musim ke sepuluh dan sekaligus suami dari Nikki Reed yang bermain sebagai Rosalie di Twilight Saga. Dalam lagu All I’ve Ever Needed ia pun menghadirkan sang istri sebagai teman duet. Agak berbau nepotisme memang, namun syukurlah kerjasama ini dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, karena lagunya sangat menarik untuk disimak.

Aktor pemeran Peter Parker/Spider-Man di pentas musikal Broadway berjudul Spider-Man: Turn Off the Dark menyumbangkan sebuah lagu (yang tentu saja) theatrikal berjudul New for You. Jangan kuatir, lagu ini tidak akan terdengar melodramatis-operatis, karena New for You memilih hadir dalam balutan balada megah yang mengharu-biru. Dan Christina Perri pun kembali lagi dengan A Thousand Years, Pt. 2, yang sebenarnya merupakan lagu yang sama namun kali ini menghadirkan vokal tamu milik Steve Kazee sebagai teman duet. Lagu ini memang amatlah bagus karena didengar berapa kali pun selalu berhasil menyentuh perasaan.

Sebagai penutup dihadirkan nomor istrumentalia sebagai bagian musik skoring filmnya yang dikerjakan oleh komposer ternama, Carter Burwell. Dengan aransemen yang melantun lembut, nomor ini terasa tepat menutup album yang diisi oleh banyak lagu-lagu yang menghadirkan sensasi lirih dan lembut.

Sekali lagi serial The Twilight Saga menghadirkan album soundtrack yang mengesankan. Pilihan untuk memadukan antara nama-nama yang lebih populer dengan yang relatif baru ataupun yang kurang familiar merupakan sebuah langkah yang patut untuk dipuji. Dan kepercayaan para musisi ini dengan filmnya merupakan sebuah anugerah yang tak terkira, karena mereka tampaknya dengan cukup total menyumbangkan lagu-lagu terbaik mereka, yang pada akhirnya membuat album ini menjadi salah satu album soundtrack yang juara.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Where I Come From” Passion Pit 3:39
2. “Bittersweet” Ellie Goulding 3:56
3. “The Forgotten” Green Day 4:59
4. “Fire in the Water” Feist 2:30
5. “Everything and Nothing” The Boom Circuits 4:25
6. “The Antidote” St. Vincent 3:39
7. “Speak Up” POP ETC 4:40
8. “Heart of Stone” Iko 3:53
9. “Cover Your Tracks” A Boy and His Kite 4:31
10. “Ghosts” James Vincent McMorrow 3:45
11. “All I’ve Ever Needed” Paul McDonald and Nikki Reed 3:56
12. “New for You” Reeve Carney 3:10
13. “A Thousand Years, Pt. 2” (featuring Steve Kazee) Christina Perri 5:07
14. “Plus que ma propre vie” Carter Burwell 4:15

Related posts

Leave a Reply