Trending News

Blog Post

Album of The Day: Alicia Keys – Girl on Fire
Album of The Day

Album of The Day: Alicia Keys – Girl on Fire 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Alicia Keys adalah seorang pejuang. Ia tak mau kalah dengan zaman. Ia mempertahankan diri dan musiknya untuk bertarung dalam medan perang persaingan musik. Sekarang ia punya sebuah senjata berupa “Girl On Fire“, album studio kelima berisi 14 lagu yang dalam pengerjaannya Alicia dibantu oleh Darkhcild, Dr. Dre, The Smeezingtons, Babyface, Emeli Sande, Frank Ocean, dan suaminya sendiri, Swizz Beatz. Untuk album ini, Alicia mengaku tak terpengaruh pada lansekap musik pop masa kini. Ia mengeliminir musik yang sedang hangat di pasaran dari albumnya, dan lebih fokus pada penggabungan electro soul dan hip-hop. Buat yang mengharapkan menemukan deretan lagu yang catchy dalam album ini, tahan harapan tersebut.

‘Brand New Me’ hadir laksana penegasan diri Alicia yang baru. Posisinya yang kini sebagai seorang istri sekaligus seorang ibu membawanya kepada perspektif baru dalam memandang kehidupan. Itu yang kini memberinya banyak inspirasi. Track ini lengket dengan intro instrumental ‘De Novo Adagio’, yang kekuatan tercipta dari permainan piano. Alicia membawa serta putranya, Egypt untuk hadir di lagu ‘When It’s All Over’. Permainan emosi diperdengarkan lewat ‘Listen To Your Heart’. Dari empat track pertama ini sudah diperoleh dimanika musik yang membuat “Girl On Fire” punya kadar anti-bosan yang besar.

Perpaduan antara modern dan klasik dihadirkan dalam track ‘New Day’. Lagu ini mengingatkan akan kehebohan yang pernah Alicia hadirkan bersama Beyonce untuk lagu ‘Put It In A Love Song’. Hook yang berulang-ulang, beat yang kencang, menghasilkan keriuhan yang tak terelakkan. Sementara single andalan dari album ini, ‘Girl On Fire’ memiliki gebukan drum yang repetitif dan konstan dari awal hingga akhir, mendekatkan pada struktur lagu ‘Try Sleeping With A Broken Heart’ yang juga diambil dari album Alicia terdahulu. Kehadiran Nicki Minaj di versi inferno-nya membuat lagu lebih berwarna. Demikian juga dengan Maxwell yang muncul di lagu ‘Fire We Make’. Alicia secara nyata tunduk dalam bayang-bayang gaya bernyanyi Maxwell sehingga menghadirkan sebuah track neo soul yang solid.

Dengan keinginan Alicia yang tak memaksakan album ini untuk terdengar current, album ini kehilangan sentuhan ambisi. Di sisi lain, ini merupakan keuntungan. Ia punya idealisme yang terbentuk sehingga albumnya murni dibuat oleh Alicia. Jauh dari kesan wannabe. ‘Tears Always Win’, ‘That’s When I Knew’, dan ‘One Thing’ selain bukti dari idealisme, juga perwujudan dari kesenangan sendiri. If you’re looking for a tearjerker items, langsung pasang ‘Not Even The King’ dan ‘101’ yang punya musik sederhana tapi kaya, yang punya sentuhan ke jiwa. But if you’re looking for something to dance for, ‘Limitedless’ tersedia untuk kamu. I can tell you people that it’s the album to die for. Biarkan apresiasi bergerak mungkin menjauh darinya, tapi semoga minat tidak berbohong.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. De Novo Adagio 1:19
2. Brand New Me 3:53
3. When It’s All Over 4:34
4. Listen To Your Heart 3:46
5. New Day 4:02
6. Girl On Fire (Inferno Version) (feat. Nicki Minaj) 4:30
7. Fire We Make (feat. Maxwell) 5:21
8. Tears Always Win 3:59
9. Not Even The King 3:07
10. That’s When I Knew 4:05
11. Limitedless 3:57
12. One Thing 4:08
13. 101 6:27
14. Girl On Fire (Main Version) 3:44

Related posts

Leave a Reply