Trending News

Blog Post

Album of The Day: Green Day – ¡Tré!
Album of The Day

Album of The Day: Green Day – ¡Tré! 

Released by: Warner Music Indonesia

Akhirnya album trilogi Green Day pun lengkap dengan hadirnya bagian ketiga, yaitu ¡Tré!, setelah sebelumnya berturut-turut menghadirkan ¡Uno!, dan ¡Dos!. Jika ¡Uno! diisi oleh lagu-lagu yang dulu membuat kita jatuh cinta kepada Green Day di dekade 90-an. Fun. Light. Free-spirited. Energetic. All that punk! Dan ¡Dos! terdengar sedikit monoton, bagaimana dengan ¡Tré!?

Album dibuka dengan sebuah lagu yang tak segahar judulnya, Brutal Love. Ternyata lagu ini adalah sebuah lagu mellow yang mengusung nuansa retro-pop. Meski demikian kita masih bisa mendengarkan ciri khas Green Day disini. Dan jangan kuatir, karena selanjutnya hadir nomor pop-punk ringan yang sangat easy listening berjudul Missing You. Memang, ini merupakan sebuah nomor yang sebenarnya sangat mudah ditaklukkan oleh Green Day, namun tampaknya mereka memang berniat meneruskan semangat pop yang mereka usung di dua album sebelumnya.

8th Avenue Serenade, yang merupakan track berikutnya, masih memiliki sturktur notasi dan melodi yang nyaris setipe dengan Missing You. Track-track sejenis dapat kita temui dalam Sex, Drugs & Violence, Amanda dan 99 Revolution. Lagu-lagu pop-punk yang mengandalkan ketukan drum yang monoton, namun berderap dengan penuh enerji. Sekali lagi Green Day tampaknya kembali ke semangat 90-an yang diusung dalam album ¡Uno! dan ¡Dos!.

Akan tetapi Green Day tidak berniat hanya menyajikan materi yang sama atau tipikal, karena ¡Tré! masih menyimpan beberapa lagu yang cukup menarik buat untuk disimak. Sebut saja track minimalis berjudul Drama Queen. Hanya bertemankan gitar akustik, BJ Armstrong menyanyikan lagunya dengan penuh perasaan. Dan saat instrumen lain mulai menemani, semangat akustik masih memenuhi lagunya, menjadikan lagu ini sebagai salah satu yang paling berkesan di album ini.

Jangan lewatkan juga X-Kid, yang menghadirkan pop-punk dalam bentuk yang lebih “tenang”, setipe hits klasik mereka, When I Came Around, meski tentu saja X-Kid memerlukan waktu untuk mengujinya sebagai lagu yang everlasting. Semangat rock n’roll yang seru dihadirkan dengan A Little Boy Named Train, sedangkan modern rock ala dekade 90-an diwakilkan melalui track berjudul Walk Away.

Album ditutup oleh sebuah pop-mellow yang mungkin tidak terdengar seperti Green Day sama sekali, yaitu The Forgotten. Dengan piano serta string section yang mengiringi, kesan sendu bukan satu-satunya yang mendominasi, karena lagunya juga terdengar megah mendayu. Bahkan vokal BJ Armstrong terdengar mendayu. Sebagai catatan, lagu ini merupakan lagu soundtrack untuk bagian terakhir film Twilight Saga, yaitu Breaking Dawn Part 2. Terlepas dari itu, sebenarnya cukup menyenangkan mendengarkan Green Day dalam lagu-lagu “galau” seperti ini.

Lantas, apakah dengan ¡Tré! ini, Green Day sukses dalam menutup album trilogi mereka ini. Sebagai bagian penutup, ia menghadirkan materi yang sebenarnya tidaklah baru. Karena cenderung mengulang materi dari dua album sebelumnya. Dengan menghadirkan tiga album secara marathon, kesan ambisius memang sulit dihindarkan. Akan tetapi setelah mendengarkan ketiga album ini secara keseluruhan, ambisius is the least thing crossed in Green Day mind when did the albums. Tampaknya mereka memang berniat untuk bersenang-senang dengan pop-punk yang dulu membesarkan nama mereka.

Trilogi ¡Uno!, ¡Dos!, ¡Tré! mungkin bukanlah album-album terbaik dari Green Day. Akan tetapi sebagai band yang sudah eksis lebih dari dua dekade, Green Day menunjukkan jika mereka masih mampu hadir dalam industri musik dengan bermodalkan semangat bermusik yang sama, seperti saat dulu, kala karir mereka bersinar dengan lebih terang.

Konsistensi seperti yang ditunjukkan oleh Green Day inilah yang membuat kita harus mengangkat topi dan memberi penghargaan yang tinggi kepada mereka. Dan cara paling sederhana untuk itu adalah dengan menyimak trilogi ¡Uno!, ¡Dos!, ¡Tré! ini.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Brutal Love” 4:54
2. “Missing You” 3:43
3. “8th Avenue Serenade” 2:36
4. “Drama Queen” 3:07
5. “X-Kid” 3:41
6. “Sex, Drugs & Violence” 3:31
7. “A Little Boy Named Train” 3:37
8. “Amanda” 2:28
9. “Walk Away” 3:45
10. “Dirty Rotten Bastards” 6:26
11. “99 Revolutions” 3:49
12. “The Forgotten” 4:58

Related posts

Leave a Reply