Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ke$ha – Warrior (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of The Day: Ke$ha – Warrior (Deluxe Edition) 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Kesha Rose Sebert kembali lagi dengan album keduanya yang diberi judul Warrior. Siapa yang menunggu-nunggu album sophomore sang Ke-dollar sign-ha? We know we do! Dengan kesuksesan album debutnya, Animal di tahun 2010 plus EP Canibal di tahun yang sama, telah mengukuhkan namanya sebagai si gadis pesta dengan hits-hits seru yang pastinya akan menjadi teman yang pas dalam berdansa-dansi di lantai dansa.

Dalam Warrior, ia mengklaim akan lebih menampilkan semangat rock yang tampaknya merupakan “panggilan hatinya” yang terdalam. Namun apakah dia sukses dalam menyampaikan maksudnya? Untuk mengetahuinya, tentu saja kita harus menyimak baik-baik album ini.

Kehadiran nama seperti rocker gaek, Iggy Pop, yang menjadi teman duet di lagu rock n roll yang cerita, Dirty Love, mungkin bisa menjadi indikasi. Keduanya hadir dengan semangat bermain-main yang kental tanpa terlupa semangat rocknya. Simak juga Only Wanna Dance With You yang terdengar seperti lagu milik The Strokes. Dan tidak usah keran karena The Strokes langsung hadir menemani Ke$ha. Semangat rock yang lebih organis dapat ditemui dalam track Wonderland yang bercorak balada, karena drummer band The Black Keys, Patrick Carney, bertugas sebagai penggebuk drum.

Satu yang patut diperhatikan, Ke$ha disini mencoba untuk menghadirkan vokalnya secara lebih “telanjang”, tanpa imbuhan auto-tunes yang menjadi ciri khasnya. Dan ia patut dipuji karena ia cukup tangkas untuk menyanyikan lagu-lagu ini secara lebih “alami”. Akan tetapi tampaknya Ke$ha belum benar-benar berani tampil nge-rock secara penuh, karena toh Warrior secara umum masih banyak menghadirkan banyak nomor elektropop yang telah menjadi ciri khasnya.

Single pertama untuk album ini Die Young, basically is a classic Ke$ha. Masih dengan semangat punk yang sama, dan tentu saja masih merupakan nomor elektro-pop-dance yang kental. Namun menurut Ke$ha, ada semangat hippy juga di dalamnya. Sembari kita mencari-cari dimana letak hippynya, tidak ada salahnya juga berdansa-dansi penuh semengat mengikuti lagunya. Hey, Ke$ha always know how to make a good party anthem. Dr. Luke kembali hadir menjadi produser dengan Cirkut dan Benny Blanco menjadi rekanan dirinya. Kehadiran Nate Ruees dari Fun. memberi warna tersendiri untuk lagunya.

Nama-nama seperti Dr. Luke dan Max Martin memang kembali mewarnai album ini, sehingga memang tidak salah jika prototipe Warrior memang tidak benar-benar jauh dari Animal. Track yang membuka album, sekaligus menjadi judul album, Warrior, sudah menjadi indikasi jika kita memang akan disiapkan dalam ranah musik Ke$ha yang penuh degup elektro, rap ala singtalk dan..ahem..auto-tunes.

Single yang dirilis berikutnya C’mon, pun merupakan sebuah electropop at its best. Hip. Nge-beat. Rame. Riuh. Akan tetapi dibandingkan Die Young misalnya, C’mon terdengar lebih santai dan soft. Sebuah balada up-tempo, mungkin? Terlepas dari itu, C’mon adalah sebuah lagu yang menampilkan Ke$ha sebagaimana yang kita kenal. Sisanya Warrior dipenui dengan beat-beat yang bertujuan untuk memanaskan lantai dansa tadi, seperti Crazy Kids (yang dibantu tulis oleh will.i.am untuk bagian rap-nya), Wherever You Are yang terdengar sedikit Katy Perry-ish, hingga Supernatural yang mengisahkan romansanya dengan mahluk…alam gaib.

Lagu-lagu ini memang menunjukkan sisi “liar” seorang Ke$ha. Urakan? Badung? Usil? Mungkin saja. Akan tetapi sebenarnya Ke$ha tidaklah se-rebellious itu. Tampaknya ia masih seorang gadis manis yang merindukan romansa cantik seperti yang ditunjukkan dalam nomor rock-uptempo Thinking Of You. Di balik hingar bingar musiknya terdengar rasa rindu mendalam yang sebenarnya sangat manis. Jangan lupakan juga anthem berbalut elektro-house, All That Matters (The Beautiful Life), yang meski masih menghadirkan the F word, namun sebenarnya sarat dengan makna self empowerment.

Jangan lewatkan empat lagu bonus yang terdapat dalam edisi deluxe. Last Goodbye adalah sebuah nomor pop uptempo yang romantis, sedangkan Gold Trans Am adalah sebuah lagu yang bergaya rock-anthemic ala 80-an. Out Alive adalah sebuah elektro-house yang menggebu dan ini dia…..sebuah nomor cantik yang sangat pas menutup album. Sebuah lagu berjudul Past Lives yang ditulis secara solo oleh Ke$ha. Nomor balada minimalis yang mengalir lirih ini terdengar begitu syahdu, lembut dan mengalun, dan membuat kita pangling akan sosok seorang Ke$ha yang “meriah”. Grup rock alternative The Flaming Lips hadir sebagai produser, sehingga tidak mengherankan jika Past Lives terdengar begitu “berbeda”.

Jadi, apakah Ke$ha sudah beranjak dewasa dengan album ini? Jawabannya, ya dan tidak. Ya, karena ia sudah mulai berani keluar dari kalur amannya. Tidak, karena secara umum, Warrior masih terdengar seperti…Ke$ha. Namun ini bukan berarti jelek, karena Warrior adalah album yang sangat menghibur. Bisa dikatakan setiap track dikonsep dengan baik, sehingga menghindarkan kesan hanya sebagai filler, melainkan bagian yang utuh dari albumnya. Warrior juga menunjukkan jika Ke$ha, jika melepas embel-embel auto-tunes-nya, sebenarnya adalah seorang penyanyi yang kredibel. Dan, yang pasti, she’s a damn good song-writer.

Warrior mungkin akan tidak disukai oleh banyak orang, namun kemungkinan untuk disukai, terutama oleh para Animal, mungkin jauh lebih besar. Dan dengan Warrior sekali lagi Ke$ha membuktikan ia mampu menghasilkan album pop, yang mungkin merupakan salah satu yang terbaik untuk tahun ini.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Warrior” 4:00
2. “Die Young” 3:31
3. “C’Mon” 3:34
4. “Thinking of You” 3:04
5. “Crazy Kids” 3:50
6. “Wherever You Are” 3:58
7. “Dirty Love” (featuring Iggy Pop) 2:44
8. “Wonderland” (featuring Patrick Carney) 3:42
9. “Only Wanna Dance with You” (featuring The Strokes) 3:31
10. “Supernatural” 4:10
11. “All That Matters (The Beautiful Life)” 3:37
12. “Love Into the Light” 4:46
DELUXE EDITION BONUS TRACK
13. “Last Goodbye” 3:50
14. “Gold Trans Am” 3:20
15. “Out Alive” 3:31
16. “Past Lives” 3:35

Related posts

Leave a Reply