Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ne-Yo – RED
Album of The Day

Album of The Day: Ne-Yo – RED 

Released by Universal Music Indonesia
Meskipun album terakhirnya mengecewakan, Ne-Yo tidak lantas memperoleh perlakukan hidup yang mengecewakan juga. Setelah diangkat menjadi salah seorang petinggi di label rekaman Motown, ia tidak menyia-nyiakan waktu untuk merilis album terbarunya langsung di bawah label tempatnya bekerja tersebut. Album ini diberi judul “R.E.D.“, yang adalah singkatan untuk “Realizing Every Dream”. Ini adalah masa dimana Ne-Yo mengambil kesempatan untuk menyadari bahwa hidup yang ia peroleh dari dulu hingga sekarang adalah hal-hal yang pernah ia impikan. Saatnya untuk menyadari dan mensyukurinya.

Percobaan ke musik dance yang terjadi di album terdahulu mungkin hal yang tak terlalu membuat penggemarnya gembira. ‘Cracks In Mr. Perfect’ membuka album dengan sound R&B yang murni, klasik, dan tidak mengecewakan. Lagu jenis organik ini yang menjorok ke corak yang paling pas dengan sosok Ne-Yo sebagai artis. Ada kesan mulus dan seksi yang dimilikinya. Nuansa serupa juga diperdengarkan lewat beberapa lagu lain seperti ‘Lazy Love’, ‘Miss Right’, dan ‘Stress Reliever’. Tempo yang cenderung lemah mendominasi sound dalam album.

Tak hanya klasik, lagu-lagu R&B yang punya corak current juga ada. ‘Be The One’ dan ‘Carry On (Her Letter To Him)’ memimpin. Kedua lagu ini bisa diandalkan menjadi stand out tracks. Ya, vokal smooth Ne-Yo juga tampil optimal di dalam kedua track ini. Usut punya usut, album ini menampilkan Ne-Yo dengan produser langganannya, StarGate berikut No I.D. dan David Banner. Seperti kembali ke selera awal, atau mungkin pulang kampung bagi Ne-Yo ke akar musiknya dulu. Tujuan yang ditetapkan bagi album ini untuk menjadi sebuah album yang bermakna juga tercapai. Ada kisah yang tersisip dalam lagu-lagu yang bertemakan personal.

Perpaduan bisa didapat dari kolaboradi yang ia punya di dalamnya. Bersama Tim McGraw menciptakan ‘She Is’. Satu-satunya kekuatan country yang muncul hanya dari petikan gitar akustik yang menjadi salah satu bahan bangunan musiknya. Menggabungkan hip-hop dalam lagu ‘Don’t Make Em Like You’ dengan kolaborasi bersama Wiz Khalifa. Tampak jelas bahwa setiap artis yang Ne-Yo bawa untuk lagu-lagu ini mampu memberikan sumbangsih sound sebagai variasi untuk albumnya.

Tapi itu tak memperdaya Ne-Yo dari kebolehannya memadu vokal untuk lagu-lagu uptempo. Di ‘Let Me Love You (Until You Learn To Love Yourself)’ contohnya. Ia bisa nge-groove dalam irama yang menghentak. Disusul ‘Forever Now’, ‘Shut Me Down’, dan juga ‘Unconditional’ yang menjadi lagu-lagu periang dalam “R.E.D.”. Jadi, sudah dapat yang bermakna, sudah dapat yang menghibur, dan sudah dapat juga yang berbeda. Dengan kata lain, sudah dapat semua dari “R.E.D.”.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Cracks In Mr. Perfect 4:56
2. Lazy Love 3:16
3. Let Me Love You (Until You Learn To Love Yourself) 4:11
4. Miss Right 3:49
5. Jealous 4:07
6. Don’t Make Em Like You (feat. Wiz Khalifa) 4:09
7. Be The One 3:47
8. Stress Reliever 3:36
9. She Is (feat. Tim McGraw) 3:26
10. Carry On (Her Letter To Him) 3:57
11. Forever Now 3:41
12. Shut Me Down 3:41
13. Unconditional 4:38

Related posts

Leave a Reply