Trending News

Blog Post

Album of The Day: Robbie Williams – Take The Crown
Album of The Day

Album of The Day: Robbie Williams – Take The Crown 

Released by: Universal Music Indonesia

Mungkin hal yang paling menonjol dari seorang Robbie Williams adalah kepribadiannya yang terpancar nyata lewat lagu-lagu yang ia bawakan. Ia tidak kehilangan secercah cahayapun yang menerangi karir solonya, hingga album terbarunya ini, “Take The Crown“. Sebelas buah lagu dikemas apik di dalamnya. Bukan jumlah yang difavoritkan, tapi tampaknya konsep selektif memegang peran penting yang mengakibatkan jumlah track di album ini hanya segitu saja. Bukan masalah besar kalau semuanya punya kualitas sendiri, sehingga muncullah sebuah kepuasan sebagai pengalaman dengarnya.

Ada perjalanan musik dari lagu ke lagu. ‘Be A Boy’ terinspirasi dengan pop 80-an. Arahan musiknya berkata demikian, namun hook “ooh ee ooh” yang tersisip mengatakan bahwa lagu ini dihasilkan pada abad ini. Beat yang bergerak di awal lagu ‘Gospel’ bercermin pada lagu klasik The Police ‘Every Breath You Take’ dan sama sekali tidak memiliki kegospelan di dalamnya. Dan ‘Candy’ adalah sebuah track yang playful dan penuh canda. Dinamisnya album ini juara! Ambil runut ke beberapa hit terdahulu Robbie, ia memang rajanya menghadirkan corak musik yang berbeda-beda. ‘Millennium’, ‘Rock DJ’, ‘Angels’ merupaka kita di antaranya yang punya sound yang kontras bedanya satu sama lain. Coba dengarkan track ‘Different’ dan ‘All That I Want’. Di dalamnya ada unsur rock, tapi perpaduannya yang membuat kedua lagu ini bergerak ke jalur yang berbeda. ‘Different’ mendekat ke powerballad sementara ‘All That I Want’ ke dance.

Tampak Robbie mendominankan rock sebagai elemen utama “Take The Crown”. Mungkin crown yang ia maksud adalah takhta rockstar. Dengarkan ‘Hey Wow Yeah Yeah’ yang begitu cadasnya sehingga terdengar seperti sebuah track yang sangat mungkin dihadirkan oleh grup Aerosmith. Sementara versi rock yang lebih slow diperdengarkan dalam ‘Losers’ (menampilkan Lissie), it’s almost acoustic, sampai full band unjuk gigi berikut string section mendekati durasi akhir lagu.

Secara lirik, kebisaan yang menjadi kebiasaan Robbie adalah menohok, sarkas, sekaligus menghibur. ‘Candy’ buktinya. Lagu ini tak cuma fun di lirik, berimbang dengan fun di musik. Rima sempurna dalam lirik didapati di lagu ‘Sh*t On The Radio’. It’s a sex song, but then it had a deal with the radio somehow. Tapi ketahuilah, apapun makna yang sebenarnya Robbie lewat selentingan liriknya, ia mengedepankan kemurnian sound untuk melatarinya. Musik yang organik diciptakan untuk menjaga kualitas penampilan album.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Be A Boy 4:39
2. Gospel 4:25
3. Candy 3:21
4. Different 4:52
5. Sh*t On The Radio 2:53
6. All That I Want 3:30
7. Hunting For You 3:58
8. Into The Silence 4:48
9. Hey Wow Yeah Yeah 2:52
10. Not Like The Others 4:15
11. Losers (feat. Lissie) 4:08

Related posts

Leave a Reply