Band asal Jepang, SCANDAL akan konser di Jakarta, 13 Maret 2013

Oleh: welly - 06 Dec 2012

Image and video hosting by TinyPic

SCANDAL, grup band cewek beraliran musik pop/rock berasal dari Osaka, Jepang, akan tampil di Jakarta, Marygops Studios setelah berhasil mendatangkan band legendaris asal Jepang L’Arc-en-Ciel (Laruku) pada bulan Mei 2012 lalu, selanjutnya dengan bangga mempersembahkan “SCANDAL– LIVE IN JAKARTA” pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2013 bertempat di Tennis Indoor Senayan Jakarta.

SCANDAL adalah Haruna Ono, Tomomi Ogawa, Mami Sasazaki, dan Rina Suzuki. SCANDAL dibentuk sejak mereka duduk di bangku SMA pada bulan Agustus 2006, keempat gadis ini bertemu di sekolah vokal dan tari Caless, Haruna dan Mami dari Calles cabang Nagoya Tomomi dan Rina dari cabang Osaka, mereka pun memutuskan untuk membentuk band SCANDAL, menulis dan memainkan lagu mereka sendiri sambil menjalani kehidupan aktifitas sekolah. Mereka setiap akhir pekan sering tampil di Shiroten di Osaka Castle Park. SCANDAL menyebut diri mereka sebagai "Grup Gadis Pop Rock Jepang Terkuat", mereka sangat energik, dinamis dan cantik, seiring berjalannya waktu lebih dari seratus penggemar mulai konsisten menghadiri pertunjukan live mereka, yang menjadikan SCANDAL semakin dikenal di masyarakat Jepang. Pada bulan Agustus 2007, SCANDAL berkesempatan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara khusus di Shibuya Club Asia.

Klub yang sangat diakui dan dihormati di Shibuya, Saat itulah label rekaman Kitty Records (anak perusahaan Kitty Films) menawarkan untuk merekam lagu-lagu mereka. Beberapa bulan kemudian keempat gadis ini dikontrak secara independen yang fleksibel oleh Kitty Records dalam kemitraan dengan Tower Records. Sebuah catatan menarik tentang band ini adalah cara yang unik dalam mempromosikan band mereka. Karena mereka adalah penggemar Anime dan Manga Jepang, mereka ingin diwakili dalam bentuk anime, mengubah setiap anggota menjadi karakter anime. SCANDAL dalam bentuk animasi ini adalah fitur pada serangkaian video promosi yang tersedia di situs web dan blog yang kemudian juga dijual dalam bentuk DVD. Sebelum begitu terkenal di Jepang dan masuk major label, band ini bahkan sudah tampil di acara festival budaya Jepang di Amerika dan Perancis.

Pada tahun 2008, SCANDAL merilis tiga single indie exclusive di Tower records. Single indie pertama mereka ini dirilis pada tanggal 3 Maret 2008 di perayaan Girl’s Day, yang meskipun berada di peringkat kedua pada "Indies Weekly Chart", single-nya terjual habis di seluruh Jepang dan karena permintaan single mereka yang cukup tinggi maka dalam upaya untuk mempermudah fans dalam mendapatkan album ini, single ini dirilis di iTunes Music Store Amerika dan Jepang pada 9 April 2008. Dua single (dalam bentuk CD) berada di peringkat nomor 1 di "Indies Weekly Chart". Single kedua mereka Koi Moy?, juga ditunjuk sebagai "Lagu terbaik minggu ini" di iTunes Store Jepang dari 16 April - 22 April 2008.

Tepat setelah merilis single pertama mereka, SCANDAL meninggalkan Jepang untuk melanjutkan tur internasional pertama mereka, "Japan Nite US Tour 2008", diikuti oleh dua konser di konvensi budaya dan anime Jepang, "Sakura-Con 2008" dari 16 Maret - 30 Maret. Pada bulan Juli tahun yang sama, mereka tampil di France's Japan Expo dan juga di Ani-Com Hong Kong pada bulan Agustus. SCANDAL menyudahi karier indie mereka dengan merilis album mini pertama mereka, Yah! Yah! Yah! HELLO SCANDAL. Pada awal September 2008, SCANDAL memulai kontrak dengan Sony Music Jepang, yang kemudian berhasil merilis album – album sebagai berikut :

- Album ke-1: BEST?SCANDAL.

Album pertama mereka, BEST?SCANDAL dirilis pada 21 Oktober 2010, Album pertama ini menduduki peringkat #5 Oricon chart mingguan, membuat mereka menjadi band gadis pertama Jepang sejak Zone yang memiliki debut album yang mampu menduduki peringkat lima besar di Oricon Chart, Pada tanggal 30 Desember 2009, 51 Japan Record Award diadakan, SCANDAL masuk nominasi Best New Artist.

- Album ke-2: TEMPTATION BOX

Belum genap satu tahun setelah merilis album pertama meraka, album kedua "TEMPTATION BOX" dirilis pada 11 Agustus 2010. Masih di tahun 2010 mereka merilis sebuah mini album "R-GIRL ROCK" yang berisi kumpulan lagu covering dari beberapa musisi wanita Jepang termasuk lagu covering dari band wanita Zone.

- Album ke-3: BABY ACTION

Album ketiga "BABY ACTION" dirilis awal Agustus 2011, seperti pada dua album sebelumnya sebuah single di rilis dengan judul "LOVE SURVIVE” Single yang dirilis sebelumnya "Pride” pada Februari 2011 menjadi lagu penutup untuk anime "Stardriver: Kagayaki ni Takuto". Pada bulan April 2011 mereka merilis single "Haruka" yang menjadi lagu tema film anime 3D "Tofu Kozo" Yang menempati peringkat #3 Oricon Chart mingguan.

Bagi penggemar SCANDAL di Indonesia tunggu kedatangan mereka di Jakarta pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2013 dalam konsernya yang bertajuk “SCANDAL – LIVE IN JAKARTA” dipromotori oleh Marygops Studios. Ticket Prices : Festival: Rp. 750,000 Tribune 1 Rp. 600,000 and Tribune 2: Rp. 450,000

welly
More from Creative Disc