Trending News

Blog Post

Single of The Day: Utada Hikaru – Sakura Nagashi
Single of The Day

Single of The Day: Utada Hikaru – Sakura Nagashi 

Utada Hikaru, diva asal Jepang ini akhirnya muncul dengan single barunya. Pelantun “First Love”, “Hikari”,”Colors”, “Heart Station” dan “Beautiful World” ini memang masih dalam kondisi hiatus namun lagu terbarunya, “Sakura Nagashi” muncul sebagai bentuk penghargaan kepada series Rebuild of Evangelion yang merupakan series terbaru dari salah satu series anime legendaris yaitu Neon Genesis Evangelion yang rilis pada tahun 1995. Di kalangan penikmat anime sendiri seluruh series yang berkaitan dengan Neon Genesis Evangelion merupakan salah satu tontonan wajib untuk para penggiat anime atau lebih familiar disebut otaku dan sudah mendapat berbagai pujian dari kritikus seni di seluruh dunia karna konten dari anime yang sarat akan psikologis selain menawarkan mecha yang desainnya out of the box.

Merupakan suatu kebangaan sendiri dimana Utada Hikaru menyanyikan seluruh soundtrack film Rebuild of Evangelion sejauh ini. Di Evangelion 1.0 “Beautiful World” dipilih sebagai soundtracknya yang bisa diartikan sebagai perasaan hati dari seseorang wanita yang bisa digambarkan dalam karakter di anime ini seperti Misato, Rei bahkan karakter laki-laki yaitu Shinji. Lalu di film keduanya, Evangelion 2.0 remake dari lagu ini dengan meraup kembali suasana akustik dan britpop yang sendu, indah dan melankolis yaitu “Beautiful World (PLANiTB Acoustica Mix). Tidak salah jika para staff Evangelion 3.0 kembali menunjuk Utada Hikaru yang sudah dinobatkan oleh fans Evangelion (yang biasa dipanggil Eva Geek) sebagai “The Singer of Rebuild of Evangelion” sebagai pengisi soundtrack di series film terbaru mereka. Dan spesial untuk film ini dia menulis lagu ballad “Sakura Nagashi” yang ia tulis bersama dengan komposer asal Inggris yaitu Paul Carter dan hasilnya sangat berbeda dengan kedua soundtrack sebelumnya dimana yang pertama memasukkan unsur electropop dengan sensasi new wave, j-pop dan r&b. Yang kedua sedikit ballad dan sendu di lagu ini dia benar-benar lirih dalam penyampaian lagu dan nuansa lagu itu sendiri.

Piano yang lirih dan juga lembut membuka lagu ini lengkap dengan vokal Utada Hikaru yang soft, mellow dan empuk. Sesekali petikan gitar juga muncul dan suguhan biola menambah kesan ballad yang muncul di lagu ini. Kesan khidmat dan khusyuk juga muncul dimana pada bagian bridge tempo lagi ini sedikit lebih cepat karna gebukan drum dan petikan gitar, lagu ini juga mempunyai klimaks yang sempurna untuk ukuran lagu ballad, Utada sendiri di klimaks lagu ini tidak menarik vokalnya sampai tinggi namun hal ini tidak membuat lagu ini menjadi semakin melemah. Tembang ini juga sempurna untuk menjadi penutup film seepik Evangelion 3.0.

Menyoal tema di lagu, lagu ini bisa dideskripsikan sebagai sebuah penggambaran akan kehidupan yang indah, memang akan sama dengan “Beautiful World” namun disini Utada memfokuskan akan kehidupan yang lebih umum. Utada disini juga menegaskan konsep cinta di lagu ini.

Lagu ini merupakan Utada Hikaru di titik terbaiknya, performa vokalnya yang powerful dan indah menjadi faktor indahnya lagu ini. Bisa dikatakan lagu ini elegan dan indah karna komposisi musiknya yang mendekati musik klasik dengan sedikit bunyi elektrik dari gitar dan drum membuat single ini jadi tidak begitu kaku. Konsep ballad sendiri merupakan konsep yang sempurna untuk menggambarkan lagu secara keseluruhan. Cerita dari Evangelion 3.0 akan memakai cerita baru yang sama sekali berbeda dengan apa yang sudah-sudah. Besar ekspektasi saya untuk Evangelion 3.0 karna saya fans dari film anime tersebut, dengan adanya single “Sakura Nagashi” ini ekspektasi saya sedikit bisa terjawab dan saya yakin Evangelion 3.0 akan seindah dan seepik lagu ini.

Lihat videonya

Official Website

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

LYRIC
Hiraita bakari no hana ga chiru no o
“Kotoshi mo hayai ne” to
Zannen sou ni miteita anata wa
Totemo kirei datta

Moshi ima no watashi wo mireta nara
Dou omou deshou
Anata nashi de ikiteru watashi o

Everybody finds love
In the end

Anata ga mamotta machi no dokoka de kyou mo hibiku
Sukoyaka na ubugoe o kiketa nara
Kitto yorokobu deshou
Watashitachi no tsudzuki no ashioto

Everybody finds love
In the end

Mou nido to aenai nante shinjirarenai
Mada nanimo tsutaetenai
Mada nanimo tsutaetenai

Hiraita bakari no hana ga chiru no o
Miteita kodachi no yarusenaki kana

Donna ni kowaku tatte me o sorasenai yo
Subete no owari ni ai ga aru nara

Related posts

Leave a Reply