Trending News

Blog Post

Album of The Day: Bruno Mars – Unorthodox Jukebox
Album of The Day

Album of The Day: Bruno Mars – Unorthodox Jukebox 

Released by: Warner Music Indonesia

Bruno Mars is back. Setelah sukses dengan album debutnya, Doo-Wops & Hooligans, di tahun 2010, maka album keduanya, Unorthodox Jukebox, akan menjadi pembuktian apakah dia akan masuk dalam klub one hit-wonder atau memang memiliki kekuatan tersendiri sehingga musiknya dapat diterima oleh para pendengar musik. Seharusnya tidak perlu memasuki klub tersebut, karena Mars tidak melulu hanya seorang artis rekaman, akan tetapi juga seorang artis dan penampil. Sebuah kelebihan yang pantas untuk dikedepankan.

Album dibuka dengan nomor “sendu” berjudul Young Girl. Bagi yang merindukan single melodramatis yang “galau” ala Mars, boleh bernafas lega, karena Young Girls yang memiliki semua ciri khas tersebut. Vokal khas milik Bruno Mars menyanyikan dengan penuh perasaan lirik yang terkandung di dalamnya. Dengan prima ia mampu mengajak kita untuk larut ke dalam emosinya dan kemudian terbalut perasaan sedih. Syukurlah tanpa harus terkesan cengeng.

Selanjutnya hadir Locked Out of Heaven. Memadukan antara pop-groovy ala dekade 80-an dengan soul, single ini begitu asyik untuk disimak. Pada intinya lagu ini memang seperti fusi dari berbagai subgenre yang menunjukkan kemampuan Mars dalam menyusun lagu yang kuat. Verse terdengar lincah ceria sementara bagian chorus malah terdengar sedikit melankolis. Uniknya, bukan terdengar kacau, namun malah terdengar pas dan saling mendukung.

Dibandingkan dengan Doo-Wops & Hooligans, maka Unorthodox Jukebox memiliki materi yang sedikit rumit dan gelap. Mungkin saja dalam sekali pendengaran akan sulit untuk dapat menyimak lagu seperti Gorilla yang kental dengan nuansa soul dan sad-core (beberapa sound effect terdengar seperti “mengikuti” Lan Del Rey) serta menghadirkan vokal Bruno Mars secara lebih berlarat. Atau Moonshine, sebuah synth-pop retro yang membawa kembali kita ke atmosfir 80-an, yang meski cheesy namun tak kehilangan sentuhan “magic“-nya.

Unorthodox Jukebox pun memiliki lagu-lagu ambisius yang tampaknya ingin menunjukkan kemampuan Mars tidak hanya sebagai penyanyi, namun performer. Maka hadirlah lagu-lagu seperti balada soulful minimalis berjudul When I Was Your Man atau nomor soul yang lebih uptempo dengan Natalie. Lagu-lagu ini seolah menunjukkan jika Mars tetap mampu menghadirkan versatilitas baik dalam vokal maupun teknis produksi. Namun, dengan nomor disco-funk yang groovy seperti Treasure atau reggae seperti Show Me, Mars seolah tak terlupa jika ia masih seorang pop-star.

Track Money Make Her Smile menjadi bukti kuat jika Mars, dan The Smeezingtons yang bertugas sebagai produser, menyadari jika kapabilitas dirinya sebagai seorang penyanyi pop memanglah solid. Perpaduan antara beat elektro-pop dengan nuansa RnB dan hiphop membuat lagunya terdengar riuh dan meriah. Entah apakah seorang Frank Ocean atau will.i.am yang menjadi sasaran saing Mars, yang pasti lagu ini menjadi ajang show-of bagi dirinya.

Album ditutup dengan If I Knew, sebuah nomor soul mid-tempo yang penuh perasaan. Track singkat ini menjadi epilog yang manis bagi Unorthodox Jukebox, setelah kita dibombardir dengan banyak aransemen mapan yang kekinian dan rumit. Lagunya jelas cukup mengandalkan kekuatan vokal Mars, tanpa harus memiliki keharusan menjadi “canggih”. Entah mengapa, justru di sini kita dapat menemukan jati diri seorang Bruno Mars sebenarnya. Telanjang tanpa polesan make-up. Namun terlihat jauh tulus dan menarik.

Unorthodox Jukebox mungkin memang menjadi proyek ambisius seorang Bruno Mars. Sebuah album pembuktian kekuatannya sebagai seorang musisi, entah rekaman atau panggung. Mungkin tidak secerah Doo-Wops & Hooligans. Bisa jadi sebenarnya Unorthodox Jukebox jauh lebih cerdas dalam merangkum estetika bermusiknya. Akan tetapi, memang diperlukan beberapa kali dengar untuk dapat mencerna dengan baik isi albumnya, agar kita kiranya dapat menangkap dengan matang apa yang sebenarnya yang ingin disampaikan oleh Bruno Mars.

Terlepas dari itu, dengan Unorthodox Jukebox, Mars bermaksud mengklaim jika he’s here to stay. Dan ia cukup berhasil untuk itu.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Young Girls 3:48
2. Locked Out Of Heaven 3:53
3. Gorilla [Explicit] 4:04
4. Treasure [Explicit] 2:58
5. Moonshine 3:48
6. When I Was Your Man 3:33
7. Natalie 3:45
8. Show Me 3:27
9. Money Make Her Smile 3:24
10. If I Knew 2:12

Related posts

Leave a Reply