Trending News

Blog Post

Album of The Day: Girls Aloud – Ten
Album of The Day

Album of The Day: Girls Aloud – Ten 

Released by: Universal Music Indonesia

Lama tak bersama, Girls Aloud memanfaatkan moment ultah grup mereka yang kesepuluh untuk reuni. Tak cuma reuni, mereka juga merekam beberapa lagu baru yang akan dimasukkan ke dalam album kompilasi kedua mereka yang berjudul “Ten” bersama hits mereka terdahulu. Sepuluh tahun? Ya, sudah sedemikian lama Nadine, Nicola, Kimberly, Sarah, dan Cheryl membentuk Girls Aloud. Mereka juga sudah mengukir beragam prestasi di chart dan penghargaan musik di UK. Hendak dimasukkan dalam kategori legendaris, girlband ini bercerita mengenai musik mereka lewat album ini.

Sejak meluncurkan “Sound of the Underground”, kelima cewek Girls Aloud mendapatkan sorotan atas musik mereka yang sedemikian otentik dalam arahan musik Xenomania. ‘Sound of the Underground’ dan ‘No Good Advice’ mewakili era ini, awal dimana Girls Aloud masih harus menemukan tempat di blantika musik pop. Good for them, karya Xenomania yang mereka tampilkan tersebut stand out di antara girlband lainnya seperti Sugababes dan Atomic Kitten. Sudah menemukan faktor pembeda, penerimaan masyarakat terhadap musik kelimanya adalah hadiah yang manis untuk mempertahankan eksistensi.

Setelah ramuan dancepop yang riuh tadi berhasil, Girls Aloud tak ingin menjadikan musik mereka terkungkung dalam lahan itu saja. Sehingga dihadirkanlah “What Will The Neighbours Say?”. Album ini tetap mengutamakan dancepop super gegap gempita seperti ‘The Show’, ‘Love Machine’, dan memperkenalkan ciri baru Girls Aloud, yaitu pembangkit hit masa lalu. Mereka berhasil mencetak hit dengan lagu cover version ‘I’ll Stand By You’ dan ‘Jump’. Nadine cs mempertahankan kolaborasi dengan Xenomania di setiap album mereka. Selama tiga tahun berturut, kerjasama ini menghasilkan tiga buah album. Yang ketiga adalah “Chemistry” yang di dalamnya terdapat hit ‘Biology’.

Musik yang inventif dari Xenomania untuk Girls Aloud mulai mendapatkan perombakan saat ‘Call The Shots’ hadir. Single ini menawarkan rasa yang lebih kalem, tidak seceria ataupun seheboh single lainnya, Meskipun demikian, “Tangled Up” masih menyajikan corak yang sama lewat ‘Sexy! No No No…’ dan ‘Can’t Speak French’. Ajaibnya, para penggemar tidak merasa kelelahan dengan ini, karena mereka tetap memperoleh kesuksesan komersil dari setiap karya musik yang mereka hasilkan. Dan puncaknya adalah saat ‘The Promise’ dirilis. Bukan cuma menjadi lagu nomor 1 keempat bagi Girls Aloud, tapi juga dinobatkan sebagai British Single di ajang BRIT Awards di tahun 2009. Ditambahi ‘The Loving Kind’ dan ‘Untouchable’ dari “Out Of Control” yang menambah koleksi lagu sukses kelima cewek ini. Sayangnya, puncak yang mereka raih merupakan jalan buntu yang membuat kelimanya memutuskan untuk istirahat sejenak dari Girls Aloud untuk mengejar karir secara terpisah.

Cerita tersebut yang hendak mereka kisahkan dalam “Ten”, album yang merangkum semua hit yang mereka cetak. Girls Aloud tercatat sebagai salah satu grup tersukses di UK yang hadir dari talent show televisi. Mereka juga menorehkan prestasi sebagai grup cewek dengan penjualan terbaik di abad 21 di UK. Semuanya pasti bertambah oke dengan kehadiran ‘Something New’ yang dirilis sebagai single andalan untuk “Ten”. Single ini punya struktur yang unik, memberikan nilai jenius lagi atas penemuan corak pop yang dihasilkan. Rasa berbeda dengan ‘Beautiful Cause You Love Me’, sebuah balada yang menyentuh mengenai betapa berharganya penghargaan diri untuk menemukan cinta yang murni. Koleksi “Ten” juga berhias dua lagu baru lainnya yang tak kalah asyik, ‘On The Metro’ dan ‘Every Now And Then’. Kedelapanbelas track yang tersedia adalah perayaan super mantap dari salah satu grup vokal tersukses yang pernah ada. Ini untuk sejarah Girls Aloud!

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Something New 3:21
2. The Promise 3:44
3. The Loving Kind 4:00
4. Untouchable 3:49
5. Sexy! No No No… 3:16
6. Call The Shots 3:46
7. Can’t Speak French 3:21
8. Something Kinda Ooooh 3:21
9. Biology 3:36
10. The Show 3:37
11. Love Machine 3:27
12. I’ll Stand You 3:46
13. Jump 3:39
14. No Good Advice 3:48
15. Sound Of The Underground 3:42
16. On The Metro 3:13
17. Beautiful Cause You Love Me 3:29
18. Every Now and Then 4:25

Related posts

Leave a Reply