Trending News

Blog Post

Album of The Day: “Glee: The Music, The Christmas Album Vol 3
Album of The Day

Album of The Day: “Glee: The Music, The Christmas Album Vol 3 

Released by: Sony Music Indonesia

Agak salut dengan Glee yang menyanggupi tiga tahun berturut menghasilkan sebuah album studio bertemakan Natal. Tahun 2012 mereka merilis “Glee: The Music, The Christmas Album Volume 3” yang hanya terdiri dari 10 lagu saja. Sayangnya Adam Anders dan Ryan Murphy tampak seperti kehabisan stok lagu hari raya untuk dinyanyikan oleh para pemain serial Glee sehingga hanya menyediakan sebanyak ini saja.

Well, itu sepertinya tidak akan menjadi masalah besar seandainya mereka menyiapkan gubahan yang istimewa kepada lagu-lagu tersedia sehingga membuatnya terdengar spesial. Namun sayangnya, tidak. ‘Jingle Bell Rocks’ dan ‘White Christmas’ tidak ubahnya dengan banyak versi yang telah dinyanyikan oleh banyak artis. Chord Overstreet memberikan tarikan vokalnya yang khas ke lagu ‘Jingle Bell Rocks’, namun Darren Criss malah mengondisikan vokalnya untuk lumat dalam gaya yang Sinatra-Buble di ‘White Christmas’; penyelamatnya adalah Chris Colfer yang warna unik vokalnya memberi angka untuk duet mereka. Harmoni keduanya tidak hilang, hanya saja sedikit mengcewakan. Mengingat duet Darren-Chris terjadi sejak volume pertama album Natal Glee.

Kejutan selalu datang dari Naya Rivera. Dengan sensualitasnya, ‘Santa Baby’ di volume dua merupakan jati diri, namun disini ia dipercaya untuk membawakan ‘Silent Night’. Versinya jazz, loungey. Tapi itu sangat bisa dinikmati. Ini seperti tamparan ke muka Lea Michele yang diberi ‘I’ll Be Home For Christmas’. Naya melakukan hal yang sama baiknya dengan bintang dari serial ini.

Anak-anak baru Glee juga cukup memberi warna, meski tidak dalam kadar yang luar biasa. Alex Newell membawakan gospel ‘Joy To The World’, sementara Melissa Benoist mencoba maksimal dalam ‘The First Noel’. Good, but not great. Lagu-lagu solo lainnya yang menampilkan senior Cory Monteith dan Kevin McHale juga tak bicara begitu banyak. ‘Happy Xmas (War Is Over)’ oleh Cory kehilangan magic dan ‘Feliz Navidad’ oleh Kevin kehilangan spark. Seperti fatamorgana, album ini tidak tersaji seperti apa yang diharapkan. Group number ‘Have Yourself A Merry Little Christmas’ pun tidak lagi memiliki senandung vokal latar yang telah menjadi trade mark dari lagu keroyokan Glee. Bahkan ‘Hanukkah, Oh Hanukkah’ dari Mark Salling dan Jacob Artist juga gagal menceriakan.

Tak ada usaha untuk menghidupkan album ini. Tidak ada gubahan yang khusus, lagu original yang diciptakan. Seandainya mereka mengambil lagu-lagu bertemakan Natal seperti ‘Kiss Me For Christmas’ (Jessica Simpson) atau ‘It’s Not Christmas Without You’ (Katharine McPhee) untuk diikutsertakan ke album ini, tanpa harus repot-repot memikirkan plot mana yang cocok untuk menampilkannya di episode, setidaknya ada nilai effort yang tertera. Album ini seperti peringatan bagi siapa saja yang hendak membuat album Natal tiga tahun berturut-turut. Don’t you even wanna try! Mengitup dari kebiasaan Sue Sylvester dalam teriakannya melatih para pemandu sorak, “If you think making Christmas albums two years in a row is hard, try three. That’s hard!”.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track list:
1. Jingle Bell Rock (featuring Chord Overstreet) 2:33
2. White Christmas (featuring Darren Criss and Chris Colfer) 3:36
3. Have Yourself A Merry Little Chritmas (featuring Mark Salling, Jacob Artist, Chord Overstreet, Heather Morris, Darren Criss, Chris Colfer, and Melissa Benoist) 3:36
4. Silent Night (featuring Naya Rivera) 4:08
5. Joy To The World (featuring Alex Newell) 3:50
6. The First Noel (featuring Melissa Benoist) 2:25
7. I’ll Be Home For Christmas (featuring Lea Michele) 3:17
8. Feliz Navidad (featuring Kevin McHale) 2:52
9. Hanukkah, Oh Hanukkah (featuring Jacob Artist and Mark Salling) 2:10
10. Happy Xmas (War Is Over) (featuring Cory Monteith) 3:40

Related posts

Leave a Reply