Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jake Bugg – Jake Bugg
Album of The Day

Album of The Day: Jake Bugg – Jake Bugg 

Released by: Universal Music Indonesia

Anak muda berumur 18 tahun pada umumnya bersenang-senang, menikmati pendidikan tinggi, masih dalam tahap dalam merencanakan masa depan, dan lain-lain, namun tampaknya hal tersebut tidak berlaku dalam diri Jake Bugg. Pada usia yang demikian dia sudah menciptakan sebuah album yang benar-benar pantas disebut breakthrough, sebuah usaha yang jarang dibawa oleh individu lain yang memiliki level demografi sama dengannya. Sebuah karya yang otentik dan original yang mungkin akan membawa behavior scene music kembali ke bentuk singer/songwriter, dan juga akan me-rekonstruksi guitar power music yang memang perlu untuk dibangkitkan.

Jake Bugg” adalah judul album dari Jake Bugg. Judul albumnya menggambarkan isi album ini sendiri, yaitu apa adanya. Begitu mendengarkan album ini pertama kali pada Oktober 2012 yang lalu saya bisa merasakan adanya influence dari John Denver, Bob Dylan, The LA’s, dan bahkan sedikit influence dari folk alternative seperti Bon Iver (khususnya di album “For Emma.. Forever Ago”), namun hal yang patut diacungi jempol disini adalah kemampuan Bugg untuk menulis lagu yang “kasar” namun juga dapat menjadi elegan dalam waktu yang bersamaan.

Apabila anda masih bingung dengan pernyataan saya di atas, mari simak lagu “Simple As This”. Lagu lain seperti “Country Song” juga patut menjadi rekomendasi dimana tabulature gitar yang dipakai oleh Bugg terkesan sangat profesional. Lebih jauh lagi, penempatan track “Lightning Bolt” pada awal album menurut saya sangat tepat, karena track tersebut merupakan statement tidak langsung Jake Bugg terhadap skema musik yang ia pilih dimana semangat indie dapat dibawakan dengan teknik pop ala Jake Bugg yang sangat original. Sedangkan nuansa Merseyside sangat kental sekali di dalam lagu ‘Slide” yang bertautan dengan lagu “Someone Told Me” yang memiliki lirik yang sangat dalam dan hanya dibawakan dengan tabulature gitar (lagi). Lalu lagu “Fire” yang direkam seperti demo kasar dengan strumming gitar ala reggae memberikan nuansa yang menarik di akhir album.

Tak perlu basa-basi akan keampuhan album ini. Menduduki nomor 1 di chart Inggris (bahkan mengalahkan album “Glassheart” milik Leona Lewis), menjadi nominator di Brit Awards, dan bahkan menduduki posisi 9 pada NME Best Album of 2012 adalah sedikit contoh saja. Dan kalau saya boleh memberi rating, saya akan memberi album ini nilai 8,5 dari 10 karena memang musik seperti inilah yang perlu dibangkitkan lagi. Dan apabila anda mengkotakkan skema musik secara indie atau mainstream, saya harap Jake Bugg dapat mendobrak paradigma konteks bermusik tersebut. Saya tidak bermaksud overrated terhadap album ini, namun setidaknya itu yang saya rasakan. Well, it’s a good start for 2013 right?

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Lightning Bolt” 2:24
2. “Two Fingers” 3:15
3. “Taste It” 2:24
4. “Seen It All” 2:51
5. “Simple as This” 3:19
6. “Country Song” 1:49
7. “Broken” 4:07
8. “Trouble Town” 2:50
9. “Ballad of Mr Jones” 2:39
10. “Slide” 3:08
11. “Someone Told Me” 2:36
12. “Note to Self” 2:40
13. “Someplace” 3:32
14. “Fire” 1:45

Related posts

Leave a Reply