Trending News

Blog Post

Album of The Day: Memory Lane: The Best of McFly
Album of The Day

Album of The Day: Memory Lane: The Best of McFly 

Released by: Universal Music Indonesia

Sepuluh tahun kebersamaan dipergunakan oleh band McFly sebagai waktu yang tepat untuk merilis album kompilasi mereka yang diber judul “Memory Lane – The Best Of McFly” ini. Meskipun ini adalah album kompilasi kedua dari Tom Fletcher cs bukan berarti ia kurang istimewa dibanding yang pertama dulu. Timing-nya yang bertepatan dengan usia band yang menginjak angka 10 membuat album ini lebih menaknai arti sebuah “greatest hits”. 22 buah lagu disajikan dengan menyematkan 3 lagu baru di dalamnya.

Kekuatan terbesar yang McFly punya adalah musik mereka bisa masuk ke kuping lebih banyak penggemar musik. Lagu-lagu mereka bisa dengan mudah merasuki penggemar musik pop, juga gampang nyangkut ke telinga penggemar musik rock. Sesuatu yang “cadas” dari mereka adalah dalam skala ‘Do Ya’ dan ‘One For The Radio’ yang diambil dari album “Radio:Active” yang sepertinya memang dikondisikan sebagai album paling nge-rock yang mereka punya. Nah, kadar rock yang maksimum seperti contoh di atas bukanlah racun bagi telinga. Karena dijamin, rock a la McFly itu ramah.

Nah, aplikasi definisi ramah alias easy listening tersebut begitu optimal di beberapa single seperti ‘Obviously’ dan ‘All About You’ yang merupakan koleksi lagu nomor 1 McFly. Semakin didengar semakin ketahuanlah bahwa musik McFly itu kaya. Mereka tidak mematok diri pada sesuatu untuk disebut sebagai identitas, tapi mereka merancang musiknya untuk menjadi eksploratif. Ada pengaruh The Beatles di lagu ‘Don’t Stop Me Now’ dan Green Day di lagu ‘Memory Lane’, sementara dalah ‘Party Girl’ dan ‘Shine A Light’ (menampilkan Taio Cruz) mereka menjamah ke ranah dancepop. Ini menguuatkan opini mengenai musik nan eksploratif tadi. You’d be surprised dengan lagu-lagu yang disediakan di album ini. ‘Love Is Easy’ terdengar begitu original McFly, namun ‘Cherry Cola’ terasa begitu Mika.

Bagaimana penerimaan masyarakat? Luar biasa baik. Ada 18 buah lagu mereka yang berhasil menembus ke Top 10 dengan 7 di antaranya pernah mencicipi puncak; ‘Five Colours In Her Hair’, ‘Obviously’, ‘All About You’, ‘Don’t Stop Me Now’, ‘Star Girl’, ‘I’ll Be Okay’, dan ‘Baby’s Coming Back’ (track unavailable). Itu menjelaskan kalau usaha mereka selama sepuluh tahun ini tidak sia-sia. Mereka mungkin tidak punya breakout moment secara global seperti Coldplay atau The Script. Tapi itu membuktikan kalau mereka punya tempat dan musik mereka diterima, sehingga eksistensi dapat mereka pertahankan. “Memory Lane – The Best Of McFly” adalah tutup buku sepuluh tahun pertama untuk menyambut berpuluh-puluh tahun ke depan dengan rangkaian musik yang tidak kalah bervariasi lagi. Amin.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Love Is Easy 3:43
2. Shine A Light (feat. Taio Cruz) 3:38
3. Party Girl 3:13
4. Falling In Love 3:33
5. Do Ya 2:52
6. Lies 3:44
7. One For The Radio 3:07
8. The Heart That Never Lies 3:27
9. Transylvania 4:10
10. Friday Night 3:21
11. Star Girl 3:29
12. Don’t Stop Me Now 3:21
13. I’ll Be OK 3:26
14. All About You 3:06
15. Room On The 3rd Floor 3:16
16. Obviously 3:19
17. Five Colours In Her Hair 2:59
18. Do Watcha 3:12
19. Cherry Cola 3:03
20. That Girl (Demo) 2:52
21. Obviously (Demo) 3:03
22. Memory Lane 4:37

Related posts

Leave a Reply