Trending News

Blog Post

Album of The Day: Of Monsters and Men – My Head Is an Animal
Album of The Day

Album of The Day: Of Monsters and Men – My Head Is an Animal 

Released by: Universal Music Indonesia

Tidak pernah kita duga sebelumnya jika Islandia akan memberikan salah satu band folk paling panas saat ini, saat kita terbiasa mendengarkan musisi-musisi dengan gaya bermusik yang eklektik dan mapan dari negara tersebut, seperti Múm, Björk atau Sigur Rós. Tapi sekarang mereka memiliki Of Monsters and Men yang abum debut mereka, My Head Is an Animal menjanjikan sensasi folk yang sangat menyenangkan untuk disimak.

Tak bisa dipungkiri, semenjak kesuksesan Mumford & Sons, maka skena folk rasa-rasanya tidak bisa dimonopoli oleh Amerika Serikat saja. Genre yang dulunya lekat dengan negara melting-pot itu sekarang juga dinikmati oleh banyak orang di bumi ini serta menjadi aliran yang ditekuni oleh berbagai musisi lintas negara.

Mendengarkan Of Monsters and Men memang membuat kita akan sedikit teringat akan Mumford & Sons, akan tetapi setelah menyimak albumnya, gaya bermusik mereka cenderung memiliki gaya yang setipe dengan Edward Sharpe and the Magnetic Zeros atau Fanfarlo.

Terlepas dari itu My Head Is an Animal terdiri atas lagu-lagu yang tidak hanya disusun berdasarkan melodi yang harmonis, namun juga menyimpan semangat egaliter yang kuat, sebagaimana lagu-lagu folk pada umumnya. Mereka juga tidak menafikan semangat rock, pop atau pun indie-pop sebagai balutan lagu-lagunya.

Of Monsters and Men adalah band yang terdiri atas lima personel dengan menampilkan dua vokalis sekaligus, Nanna Bryndís Hilmarsdóttir dan Ragnar Þórhallsson. Kehadiran dua vokalis dengan berbeda kelamin ini menghadirkan keseimbangan yang tepat guna dalam setiap lagunya, dan vokal Nanna dan terutama Ragnar yang cenderung nasal, menghadirkan semangat folk yang kuat.

Album masih memiliki lagu-lagu yang penuh semangat dan gegap gempita, seperti sebut saja Little Talks atau Six Weeks, yang riuh dan rocky. Akan tetapi umumnya lagu-lagu di dalam My Head Is an Animal adalah lagu-lagu tenang, lembut dan melodius.

Seperti yang termaktub di dalam track Mountain Sound, “Hold your horses now / Sleep until the sun goes down / Through the woods we ran / Deep into the mountain sound“. Alih-alih mengikuti selera pasar, mereka memilih untuk larut dalam balutan musik folk yang merdu seperti ini.

Slow & Steady mungkin juga bisa menjadi pernyataan politis berikutnya dari Of Monsters and Men. Dengan menghadirkan vokal yang bernyanyi lirih serta hentakan drum yang menggebu, seperti dua kutub yang bersebrangan namun uniknya menghadirkan harmonisasi yang prima.

Jangan mengharapkan lagu-lagu yang kompleks atau njelimet dari Of Monsters and Men karena My Head Is an Animal diisi oleh barisan tembang balada yang memiliki lirik sederhana, mengandalkan harmonisasi, lembut dan mengalun seperti From Finner, Love Love Love, Your Bones, Sloom atau Lakehouse. Guarantee to soothe your heart out. Lantunan lagu-lagu ini seperti pelipur bagi jiwa yang terluka. Ok. Agak berlebihan memang, akan tetapi kurang lebih seperti itulah.

Kita pastinya akan mendapatkan semua yang bisa kita bayangkan dari musik folk saat mendengarkan Of Monsters and Men. Tidak ada lagu yang jelek atau semacam filler saja di dalam My Head Is an Animal. Setiap lagu dikomposisikan dengan baik, matang dan rapih. Setiap lagu dapat berdiri sendiri untuk disimak secara penuh.

Dengan konsep yang matang seperti ini, rasa-rasanya kita bisa mengharapkan banyak lagi ke depannya dari band pengusung folk yang bernama of Monsters and Men ini.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Dirty Paws” 4:38
2. “King and Lionheart” 4:33
3. “Mountain Sound” 3:35
4. “Slow and Steady” 5:01
5. “From Finner” 3:43
6. “Little Talks” 4:26
7. “Six Weeks” 5:34
8. “Love Love Love” 3:58
9. “Your Bones” 4:09
10. “Sloom” 4:43
11. “Lakehouse” 4:35
12. “Yellow Light” 4:54

Related posts

Leave a Reply