Trending News

Blog Post

Album of The Day: Olly Murs – Right Place Right Time
Album of The Day

Album of The Day: Olly Murs – Right Place Right Time 

Released by Sony Music Indonesia
Tantangan bagi para finalis The X Factor UK adalah mempertahankan kesuksesan mereka untuk jangka waktu yang lama. Shayne Ward, Leona Lewis, dan Alexandra Burke sepertinya kalah dalam tantangan tersebut, tapi tidak bagi Olly Murs. Ia masih memiliki arah sukses yang memuncak dengan album ketiganya, “Right Place Right Time“. Apa yang membuat ia masih bisa berdiri tegak hingga saat ini? Jawabannya mudah, tetap lengket dengan jenis musik yang paling tepat untuk corak vokal sendiri. Shayne, Leona, dan Alexandra adalah vokalis-vokalis yang eksperimental dan cenderung mengambil langkah yang terlalu besar dalam menerapkan sebuah resiko dalam karir mereka. Tapi tidak dengan Olly. Ia masih standar dan batasan yang ia ikuti.

Pertama: sound klasik. Olly dari dulu dikenal dengan vokalnya yang matang dan jadi, sehingga sedikit ruang gerak baginya untuk bereksplorasi dengan vokalnya. Tapi ia pintar dengan memilih lagu-lagu yang mengakomodir vokalnya tersebut. Setiap lagu pop yang ia nyanyikan memiliki nuansa klasik retro. Entah itu dari gubahan gitarnya ataupun sesi string. Yang jelas, itu selalu hadir. Tak jarang juga gubahan lagu yang demikian dihadirkan dalam tempo cepat sehingga membuat lagu-lagu yang ia tampilkan punya kualitas ear catchy. Buktikan di: ‘Army Of Tow’, ‘Hey You Beautiful’, ‘Head To Toe’, ‘Personal’, ‘Cry Your Heart Out’, ‘Runaway’.

Kedua: take risk, but not too big risk. Bermain aman memang asik, tapi membosankan. Jujur pada jati diri bukan berarti Olly takut mengambil resiko. Ia juga berani menantang diri untuk melakukan beberapa hal yang bisa dianggap sebagai perbaikan untuk musiknya. Seperti menambahkan rap untuk single andalan dari album ini. ‘Troublemaker’ yang memiliki lirik yang menghibur meskipun dengan kisah yang tidak mengenakkan menghadirkan Flo Rida dalam durasi kurang dari setengah menit. Tentu ini menambah nilai “heboh” dalam keriangan yang sudah terbentuk dari awal lagu. Kemudian dalam title track ‘Right Place Right Time’, ada percobaan ke dancepop yang dihadirkan. Tidak sepenuhnya jenerik, karena instrumen asli masih diperdengarkan untuk membentuk beat yang dipimpin oleh musik turn table. Dengarkan juga ‘Sliding Doors’ dan ‘Perfect Night’ untuk track yang bisa diajak joget bersama.

Ketiga: menyentuh. Nah, untuk nyanyian terbaik Olly memang dalam lagu-lagu tempo rendah, lagu-lagu emosional. Ada ruh yang terhembus lewat nyanyiannya yang kemudian menyentuh tak hanya telinga pendengar, tapi juga jiwa mereka. Mendengarkan sekaligus memberi pengalaman emosional. ‘Loud and Clear’ memiliki moment yang nyaris membuat kita meneteskan air mata. Iring-iringan vokal latar di akhir chorus adalah moment tersebut. Dalam keramaian justru hadir kesan menyedihkan yang memuncak. Dengarkan juga ‘Dear Darlin’, ‘One Of These Days’.

Keempat: it’s okay to be sounded like any other artists, especially the famous ones. Sudah mendengar ‘Loud and Clear’? Nah, lagu ini membuat kita punya fikiran yang condong memiripkan lagu ini dengan ‘Paradise’-nya Coldplay. Di bagian mana? Di bagian vokal latar akhir chorus sebagai klimaks tersebut. Selain itu, beberapa lagu Olly juga mengingatkan kita pada Bruno Mars. Weits, Olly memang hadir lebih dulu. Tapi Bruno populer lebih mengglobal. Sehingga ia harus rela dibilang mirip Bruno ketimbang Bruno yang mirip dirinya. ‘What A Buzz’ says it all. “Right Time Right Place” is Olly Murs original, kemiripan dengan sound artis lain bisa dipandang sebagai sebuah hal yang patut dikritik, tapi tak menutup kemungkan ini memunculkan kemudahan penerimaan musiknya bagi telinga lebih banyak orang.

Kelima: selamat menikmati sajian terbaik Olly Murs. Setiap album ia memiliki kecenderungan lebih baik dari album sebelumnya. So, the best is yet to come!

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Army Of Two 4:47
2. Troublemaker (feat. Flo Rida) 3:05
3. Loud And Clear 3:49
4. Dear Darlin’ 3:26
5. Right Place Right Time 3:13
6. Hand On Heart 3:17
7. Hey You Beautiful 3:06
8. Head To Toe 3:15
9. Personal 3:15
10. What A Buzz 3:07
11. Cry Your Heart Out 3:39
12. One Of These Days 3:06

Related posts

Leave a Reply