Trending News

Blog Post

Album of The Day: The XX – Coexist
Album of The Day

Album of The Day: The XX – Coexist 

Released by: Warner Music Indonesia

Tahun 2013 sepertinya akan menjadi lampu hijau bagi para major label untuk merilis album-album yang berbeda dan forward dengan pola pikir mengarah pada scene music pada masa yang akan datang. Setelah gempuran berbagai musik yang digarap dengan cara “suka-suka gue” yang baik serta berkualitas pada tahun 2012 yang lalu (seperti Tame Impala, Alt-J, Everything Everything, Haim, Django Django, dan seterusnya), maka tak ada salahnya Indonesia juga mulai mengenal jenis musik tersebut secara general dan tidak partial. The XX dapat menjadi suatu alternatif yang baik dalam memperkenalkan jenis musik ini ke dalam kehidupan anda, apalagi album teranyar mereka, “Coexist” , memiliki materi yang cukup ringan walaupun dikemas secara sophisticated. Dan yang paling penting adalah album ini tak mengenal istilah genre di dalamnya.

Well, mungkin The XX belum begitu terkenal di Indonesia, namun “Coexist” ini merupakan album kedua mereka setelah sebelumnya merilis album pada tahun 2009. Album ini berisi 11 lagu yang kebanyakan lagunya bercerita tentang lika-liku hubungan interpersonal antara 2 individu yang memiliki tema patah hati hingga ignorancy namun dibalut lirik-lirik yang unik dan disertai aransemen musik yang sedikit gloomy dan dalam.

Contoh yang baik terdapat pada track “Chained” dimana mereka menggunakan progresi chord sederhana namun mereka membangun tension melalui aransemen musik yang serius. Atau mungkin anda juga dapat tertarik dengan track “Reunion” yang terasa intim dan dekat dengan orang-orang yang mendengarkan lagu ini. Tampaknya mereka ingin mengedepankan sisi ini karena pada album ini mereka jarang sekali menggunakan layer vokal yang bertumpuk-tumpuk, selain itu album ini terkesan minimalis (seperti juga di track “Tides” dimana vokal dilakukan secara unisound alih-alih menggunakan layer vokal). Namun lagu ini tak seluruhnya mengenai vokal saja karena anda dapat mendengarkan penggunaan tab-tab gitar yang modern pada lagu “Sunset” serta “Missing”. Atau penggunaan beat-beat yang pulsing dan membangun emosi pada lagu “Unfold” atau “Tides”.

Akan menjadi masalah besar bagi anda yang terbiasa mendengarkan lagu-lagu yang catchy apabila mendengarkan album ini karena kebosanan yang amat sangat akan segera menyerbu anda. Tapi album ini layak mendapat tempat di telinga anda karena album ini memberi sudut pandang yang berbeda dalam melihat musik sebagai media entertainment. Album ini secara konten menyadarkan anda bahwa setiap masalah dalam hubungan interpersonal tergantung bagaimana anda menyikapinya. Selain itu secara value, album ini menyadarkan kita bahwa sebagai penikmat musik sudah bukan jamannya lagi mengkotak-kotakkan musik secara genre. Dan dapatkah album ini menjadi sinyal baik bagi skema musik di tahun 2013? The answer is in your own perspective.

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Angels” (lyrics by Croft) 2:51
2. “Chained” 2:47
3. “Fiction” (lyrics by Sim) 2:56
4. “Try” 3:15
5. “Reunion” 3:57
6. “Sunset” 3:38
7. “Missing” 3:33
8. “Tides” 3:01
9. “Unfold” 3:02
10. “Swept Away” 4:59
11. “Our Song” 3:13

Related posts

Leave a Reply