Trending News

Blog Post

Album of The Day: Yannick Bovy – Better Man
Album of The Day

Album of The Day: Yannick Bovy – Better Man 

Released by: Universal Music Indonesia

Perkenalkan, Yannick Bovy. Pemuda asal Belgia yang baru berusia 25 tahun ini ternyata memiliki semangat old soul di dalam dirinya karena di album debutnya, Better Man, ia memilih untuk tampil secara penuh melalui musik jazz yang terkadang megah, penuh dengan swing dan didukung oleh big band.

Mungkin ada benarnya jika Bovy diklaim sebagai penerus dari Michael Bublé . Well, setidaknya mulai dari vokal, cengkok, gaya bernyanyi sampai penampilan fisik yang tak kalah ganteng. Namun, dengan menyebutkan Frank Sinatra atau Nat King Cole sebagai sosok yang memberi pengaruh dalam bermusik, agak tidak adil juga jika kemudian harus terus membanding-bandingkan Bovy dengan Bubble.

Memang, akan sulit untuk tidak melakukannya, karena Better Man berisi banyak lagu-lagu swing yang dinyanyikan dengan menggunakan big band yang meriah, plus gaya bernyanyi yang mirip pula. Secara materi, Better Man diisi oleh banyak lagu lawas yang dinyanyi ulang, sebut saja hits klasik L.O.V.E. atau All My Loving yang dipresentasikan dengan semangat swing yang asyik.

Well, mostly memang lagu-lagu ini diadaptasi menjadi swing atau pun lagu jazz yang sentimentil seperti I’ve Got You Under My Skin atau Fly Me To The Moon. Bovy mampu mengajak pendengar untuk duduk manis menyimak vokalnya yang renyah.

Meski begitu, Better Man tidak melulu berisi lagu lama yang bercorak swing saja karena album juga memiliki lagu asli dan dinyanyikan dalam gaya jazz yang lebih kontemporer. Sebut saja track yang menjadi judul albumnya, Better Man, sebuah nomor midtempo yang kental dengan pop serta vokal Bovy yang tampil dengan lebih relaks tanpa harus terjebak pakem megah seperti yang dilakukannya saat menyanyikan lagu-lagu lawas tadi. Ini malah membuat ia terdengar mirip dengan Jamie Cullum.

Sementara itu Theoretical Love mungkin versi Bovy atas Haven’t Met You Yet. Dengan beat yang berderap dan asyik, santai mengalun, mengapungkan konsep tentang cinta yang didambakan. Sebuah pop yang manis. Coba simak juga track Baby, I Know yang terdengar sedikit nge-blues.

Yep, Better Man tidak melulu hanya berisi lagu-lagu swing/big band akan tetapi jua light jazz, bossa-nova, pop hingga blues dan soul. Semua dilahap Bovy dengan meyakinkan. Membuat lagu-lagu yang terdapat di dalam album ini begitu menarik untuk disimak. Better Man tidak hanya hanya catchy namun juga easy listening.

Yannick Bovy memang masih harus menujukkan kemampuan musikalitasnya sendiri ketimbang hanya menjadi pengekor. Mendengarkannya memang sontak kita seolah mendengarkan Michael Bublé bernyanyi. Hanya saja dalam versi yang jauh lebih light. Terlepas dari itu, ia menunjukkan performa yang cukup menawan dan Better Man pantas untuk dimiliki bagi penikmat musik jazz.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. All My Loving 3:00
2. I’ve Got You Under My Skin 3:18
3. She’s Even More Beautiful 3:15
4. She Don’t Know It 3:52
5. Better Man 3:56
6. My Cherie Amour 3:06
7. Hold On 2:54
8. I Wanna Be Around 2:48
9. Theoretical Love 3:05
10. Perfect 3:47
11. Baby, I Know 3:05
12. Fly Me To the Moon 2:35
13. Cheek To Cheek 3:12
14. Smoke Gets In Your Eyes 3:21
15. L.O.V.E. 2:50

Related posts

Leave a Reply