Quantcast

Road To Grammy 2013 part III: Rock/Metal/Country

By - 6 years ago in Behind The Music

Setelah kategori Pop dan RnB, maka minggu ini kita akan membahas prediksi tentang nama-nama apa saja yang akan memenangkan Grammy 2013 di beberapa kategori yang tak kalah seru. Untuk itu, kali ini kita menghadirkan nama-nama yang berbeda yaitu William Supardi (@will14msupardi) dan Galih Gumelar (@jgsey). Tanpa banyak basa-basi, let’s rock on!

Who do you think would be the ideal definition of Rockstar?
@will14msupardi: Dave Grohl
@jgsey: U2

Best Hard Rock/Metal Performance

I’m Alive – Anthrax
Love Bites (So Do I) – Halestorm
Blood Brothers – Iron Maiden
Ghost Walking – Lamb Of God
No Reflection – Marilyn Manson
Whose Life (Is It Anyways?) – Megadeth

@will14msupardi

Will win: Iron Maiden – Blood Brother

Dibandingkan nominees lainnya,di sepanjang tahun 2012 Iron Maiden merupakan band tersukses baik dari segi chart maupun penjualan album. Satu hal yang cukup menarik dari lagu Blood Brother ini adalah lagu ini bukan sebuah lagu baru melainkan lagu dari album Iron Maiden yang berjudul Brave New World releasean tahun 2000 namun lagu ini masuk dalam album live Iron Maiden relesean tahun lalu yang berjudul En Vivo. Tidak hanya dari segi chart dan penjualan, saya pribadi merasa lagu ini adalah sebuah lagu yang cukup spektakuler dan pantas menang untuk kategori ini.

@jgsey

Will win: Iron Maiden – Blood Brothers

Saya excited sekali dengan nominasi ini karena para nominatornya sangat luar biasa dan para nominator tersebut menyuguhkan sesuatu yang berbeda satu sama lain. Favorit para juri (dan juga saya) mungkin akan jatuh kepada Iron Maiden – Blood Brothers karena karya produksi lagu ini sangatlah rapi dan “ngena” untuk ukuran band yang bergenre Hard Rock seperti mereka. Mereka menunjukkan kapabilitas mereka sebagai band legendaris sehingga kemungkinan mereka akan membawa pulang grammy lagi tahun ini setelah memenangkan kategori ini pada Grammy Awards 2011

Best Rock Album

El Camino – The Black Keys
Mylo Xyloto – Coldplay
The 2nd Law – Muse
Wrecking Ball – Bruce Springsteen
Blunderbuss – Jack White

@will14msupardi

Will win: The Black Keys – El Camino

Kategori best rock album pada tahun ini diisi oleh album-album rock berkualitas dari musisi besar seperti Coldplay, Muse, Bruce Springsteen hingga Jack White dan bisa dibilang underdognya adalah The Black Keys. Secara kualitas, tiap album dalam kategori ini memiliki kelebihannya masing-masin namun alasan saya memilih album El Camino dari The Black Keys untuk memenangkan kategori ini karena The Black Keys adalah salah satu band yang cukup banyak dibicarakan sepanjang tahun 2012 dengan single-singlenya seperti ‘Lonely Boy’ dan ‘Gold on the Ceiling’ dan tidak sedikit music critics dari seluruh dunia memberikan nilai tinggi untuk album ini. Melihat kemenangan Arcade Fire 2 tahun lalu yang cukup mengejutkan banyak pihak, bukan tidak mungkin Grammy akan memberikan lagi surprise element tersebut dengan memilih The Black Keys untuk memenangkan kategori ini.

@jgsey

Will win: The Black Keys – El Camino

Saya sangat menyukai kategori ini karena benar-benar mengedepankan kualitas musik yang terlihat dari beberapa nominasi yang menurut saya sangat tepat (walaupun saya berharap album “Rise Ye Sunken Ships” milik We Are Augustines juga dapat masuk kategori ini). Runaway winner nya masih belum jelas terprediksi, namun menurut saya The Black Keys – El Camino akan membawa pulang gramophone emas di kategori ini karena “El Camino” adalah nomor yang sangat brilliant pula mengedepankan keseimbangan proporsi materi dan produksi. Dan terlihat juga dari tren tiap tahun apabila ada album yang dinominasikan di “Best Album” per kategori genre serta masuk pula di nominasi “Album of the Year” pastilah album tersebut akan membawa pulang penghargaan “Best Album” di kategori genre tersebut. Dalam kasus kategori rock, diantara Jack White dan The Black Keys, mungkin para juri akan memilih The Black Keys.

Best Alternative Music Album

The Idler Wheel Is Wiser Than The Driver Of The Screw And Whipping Cords Will Serve You More Than Ropes Will Ever Do – Fiona Apple
Biophilia – Björk
Making Mirrors – Gotye
Hurry Up, We’re Dreaming. – M83
Bad As Me – Tom Waits

@will14msupardi

Will win: Gotye – Making Mirrors

Kategori ini merupakan salah satu kategori yang susah ditebak pemenangnya karena bisa dibilang semua nominee dalam kategori ini berada di level yang sama dan juga mempunyai chance yang sama untuk memenangkan kategori ini namun saya harus berpihak kepada Gotye simply karena kesuksesan single SomebodyThat I Used To Know. Kesuksesan single ini tidak bisa dianggap remeh karena berhasil menjadi juara di Australia, Uk dan juga US maka saya cukup yakin apabila lagu Somebody That I Used To Know memenangkan kategori lain seperti Record of The Year dan Best Pop Duo performance maka besar kemungkinan Grammy juga akan memberikan best alternative album kepada Making Mirrors.

@jgsey

Will win: : Tom Waits – Bad As Me

Pada kategori ini, hati saya sangat berharap Bjork dengan Biophilia nya menjadi pemenang karena album ini cukup kreatif dimana musik yang sangat dewasa, artwork unik ala Bjork, dan peluncuran beberapa seri aplikasi di iPad demi perilisan album tersebut menambah keterbedaan album tersebut dengan yang lain. Namun saya pikir juri akan memilih Tom Waits – Bad As Me karena materi experimental rock yang dia bawakan benar-benar eksperimental secara harfiah. Ditambah dengan banyaknya kritik positif mengenai album ini serta suksesnya secara komersial, dapat dikatakan “Bad As Me’ merupakan comeback project yang menarik setelah 7 atau 8 tahun hibernasi dalam membuat album.

Best Country Solo Performance

Home – Dierks Bentley
Springsteen – Eric Church
Cost Of Livin’ – Ronnie Dunn
Wanted – Hunter Hayes
Over – Blake Shelton
Blown Away – Carrie Underwood

@will14msupardi

Will win: Carrie Underwood – Blown Away

Sejak pertama kali mendengarkan lagu Blown Away dari Carrie Underwood saya langsung mengagumi lagu ini karena dengan musik yang bisa dibilang cukup sederhana namun bisa menonjolkan kekuatan vocal dari Carrie Underwood khususnya pada bagian chorus. Sejak awal kemunculannya dulu Carrie Underwood adalah salah satu artis favorit Grammy untuk kategori country dengan sudah memenangkan 5 Grammy awards dalam 7 tahun terakhir. Tahun lalu Carrie juga masuk kategori ini dengan lagu Mama’s Song namun tidak menang sehingga saya cukup yakin bahwa ini adalah tahun 2013 ini adalah tahunnya Carrie untuk memenangkan kategori ini.

@jgsey

Will win: Carrie Underwood – Blown Away

Sejujurnya saya tak punya cukup bayangan mengenai kategori ini, namun terlihat nama-nama besar seperti Carrie Underwood dan Blake Shelton yang tampaknya dapat mengerucut menjadi calon runaway winner di kategori ini. It might be Carrie Underwood. Bisa dibilang diantara seluruh nominator mungkin hanya karya produksi single ini yang paling “stand out”. Sementara lagunya sendiri ditulis dengan baik dimana Carrie Underwood membawakannya juga dengan emosi yang pas. Tambahan, airplay single yang baik ditambah dengan sikap Grammy yang selalu ramah terhadap penyanyi ini pada beberapa penghargaan yang lalu dapat menjadi nilai plus bagi Carrie.

Best Country Song

Blown Away – Josh Kear & Chris Tompkins, songwriters (Carrie Underwood)
Cost Of Livin’ – Phillip Coleman & Ronnie Dunn, songwriters (Ronnie Dunn)
Even If It Breaks Your Heart – Will Hoge & Eric Paslay, songwriters (Eli Young Band)
So You Don’t Have To Love Me Anymore – Jay Knowles & Adam Wright, songwriters (Alan Jackson)
Springsteen – Eric Church, Jeff Hyde & Ryan Tyndell, songwriters (Eric Church)

@will14msupardi

Will win: Carrie Underwood – Blown Away

Selain kategori solo performance, lagu Blown Away dari Carrie Underwood juga masuk menjadi nominasi kategori Best country song dan saya kembali menjagokan lagu Blown Away untuk juara dalam kategori ini. Kalau sebelumnya saya sudah berbicara mengenai kualitas lagu ini dan Carrie Underwood maka saya akan mencoba melihat lagu ini dari segi komersil. Lagu Blown Away cukup sukses di 2 charts country paling bergengsi di Billboard dimana Blown Away sempat menjadi juara di chart US Country Airplay serta menjad runner-up di chart US Country Songs. Albumnya yang memiliki judul sama dengan lagu inipun sempat menjadi juara 1 US Billboard 200 abum. Hal ini makin meyakinkan saya bahwa lagu Blown Away akan menang minimal salah satu dari kategori ini, Best country solo performance atau Best country song kalau tidak dua-duanya.

@jgsey

Will win: Eli Young Band – Even If It Breaks Your Heart

Para juri mungkin akan menyukai Eli Young Band, yang menciptakan lagu yang prosesnya mirip dengan lagu-lagu Lady Antebellum. Secara komposisi, lagu ini sebenarnya menggunakan rumus 4-keys standar, tapi yang membuatnya berbeda adalah penggunaan notasi nada serta lirik yang membuat lagu ini sangat “country” sekali. Mungkin saja mereka memenangkan penghargaan ini.

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

5 Responses to “Road To Grammy 2013 part III: Rock/Metal/Country”

  1. Rama says:

    Gw yakin. Carrie yang bakal membawa 2 kategori country diatas.

  2. Tyno says:

    dukung carrie underwood,,,,,,,Blown away iyeee iyeee yeeee

  3. jojon says:

    blown away~~~~~

  4. Prince Avram says:

    Agak buta sama kategori Rock, kalo country sama seperti yg lain, jagoin Carrie menang

  5. mutek says:

    You go, Jege!

Leave a Reply

Related Articles

Artist Interviews | May 11, 2019 By

CreativeDisc Interview with Ocean Alley: Sajian Reggae Fusion Australia ala Ocean Alley

Music News | December 20, 2018 By

Pertama Kali Dalam Sejarah, Nominasi Album of the Year Grammy Sertakan Album Yang CD-nya Tidak Rilis

Music News | December 10, 2018 By

Raih Nominasi Grammy, Hidup Demi Lovato Kembali Dipenuhi Harapan