Trending News

Blog Post

The 55th Annual GRAMMY Awards – Recap
Music News

The 55th Annual GRAMMY Awards – Recap 

The 55th Annual Grammy Award ini dibuka dengan performance dari Taylor Swift, dengan hit-nya “We Are Never Ever Getting Back Together” dengan konsep Alice in Wonderland. Entah disengaja atau tidak, tampaknya Taylor melakukan sedikit sindiran kepada Harry Styles dengan menggunakan aksen British di bait lagunya. Sebelumnya, Taylor Swift telah memenangkan Grammy untuk kategori Best Song Written For Visual Media. Tak lama kemudian, LL Cool J sebagai host Grammy menceritakan sedikit tentang piala Grammy yang pernah diraihnya. Dia mengatakan “Grammy is a dream come true“.

Penampilan selanjutnya disuguhkan Ed Sheeran yang berduet dengan Elton John. Mereka berdua menyanyikan salah satu lagu Ed Sheeran, yang menjadi nominasi Song Of The Year, “The A Team” dengan iringan piano dari Elton John. What a great performance!

Kali ini, J.Lo dan Pitbull membawakan nominasi pertama untuk Grammy dengan kategori Best Pop Solo Performance yang dimenangkan oleh Adele “Set Fire To The Rain (Live)”, dimana Adele berkomentar bahwa JLo merupakan ‘lucky charm‘ untuknya. Dan kemudian, Neil Patrrick Haris naik ke stage untuk menampilkan FUN. FUN tampil atraktif dan membawakan lagu “Carry On” dan kerennya lagi, adanya konsep “rainstorm di stage kali ini.

Acara kemudian diserahkan kepada “the two guitar slinging Grammy winners“, Bonnie Raitt dan John Mayer . John sempat memberi selamat untuk Bonnie karena telah memenangkan Grammy ke 10-nya dengan kategori Best Americana Album. Mereka menampilkan Miranda Lambert dan Dierks Bentley, yang akan berduet untuk membawakan hit mereka, “Over You” dan “Home”. Dari tempat duduknya, suami Miranda, Blake Shelton memberikan standing ovation untuk mereka berdua.

Miguel dan Wiz Khalifa menbawakan lagu Adorn dan membacakan nominasi Grammy untuk kategori Best Country Solo Performance. Untuk kategori ini, dimenangkan oleh Carrie Underwood untuk “Blown Away”, yang juga memenangkan kategori Best Country Song.

Presenter selanjutnya, Faith Hill dan Tim McGraw membacakan kategori Song Of The Year dengan Ed Sheeran, Fun., Carly Rae Jepsen, Kelly Clarkson dan Miguel sebagai nominasinya. Dan Grammy untuk Song Of The Year kali ini didapatkan Fun. dengan hit-nya “We Are Young”

Stage diambil alih oleh Johnny Depp dan menampilkan Mumford and Sons dan mereka membawakan lagu “I Will Wait”. Terlihat, Taylor Swift sangat menikmati penampilan Mumford and Sons dan ikut bernyanyi.

Beyonce dan Ellen Degeneres membawakan beberapa lelucon dan memberi tahu kepada semua penonton tentang kembalinya Justin Timberlake ke panggung Grammy. Justin Timberlake membawakan “Suit and Tie” dengan sangat elegan dengan suit dan big band bersamanya dan layar TV tiba-tiba berubah menjadi sepia. Jay-Z juga pun turut naik ke panggung untuk nge-rap dibagian chorus. Tak hanya itu, JT juga membawakan “Pusher Love Girl”, lagu di album baru Justin Timberlake.

Nominasi selanjutnya dibawakan oleh Kelly Rowland dan Nas adalah nominasi baru di Grammy kali ini. Kategori yang dibawakan adalah Best Urban Contemporary Album. Frank Ocean memenangkan kategori ini mengalahkan Miguel dan Chris Brown.

Selanjutnya, Dave Grohl memberikan Grammy kepada The Black Keys untuk lagunya “”Lonely Boy” yang memenangkan kategori Best Rock Performance”. Ini Grammy ke-3 untuk The Black Keys.

Disusul performance dari Maroon 5 yang menyanyikan Daylight dan Alicia Keys yang bergabung dengan mereka untuk menyanyikan “Girl On Fire”. Yang menariknya, Alicia Keys tidak bermain piano seperti biasanya, tetapi dengan drum.

Keith Urban dan Kaley Cuoco sedikit memberikan lelucon disaat membawakan kategori Best Pop Vocal Album. Untuk kategori ini, dimenangkan Kelly Clarkson untuk albumnya “Stronger”. Kelly Clarkson menyampaikan rasa terima kasihnya. Pidato kemenangan ini begitu spontan dan lucu, karena Kelly tidak menyangka bisa menang di kategori ini. “Miguel, i don’t know who the hell you are, but we’ve got to sing together“, ujarnya dengan tertawa.

Performance selanjutnya disuguhkan oleh Rihanna dan Mikky Ekko yang berduet menyanyikan “Stay”. It was a very emotional performance.

Kategori selanjutnya, Best Rap Song Collaboration dibawakan oleh dua nominasi Grammy tahun ini, Carly Rae Jepsen dan Ne-Yo. Best Rap Song Collaboration dimenangkan Jay-Z & Kanye West feat. Frank Ocean & The-Dream yang telah mendapatkan 2 Grammy sebelumnya. Tak banyak kata dari Jay-Z, dia hanya berkata “I would like to thank the swap meet for his hat“.

Penampilan selanjutnya dari The Black Keys, Dr. John and the Preservation Hall Jazz Band membawakan lagu “Lonely Boy”. Dilanjut dengan penampilan Kelly Clarkson dengan tribute untuk Grammys Lifetime Achievement, Patti Page dan Carole King. Kelly Clarkson membawakan dua lagu “Tennessee Waltz” dan “(You Make Me Feel Like A) Natural Woman”. Best Country Album dimenangkan Zac Brown Band atas albumnya “Uncaged”.

Next, a tribute to Bob Marley. Dengan Bruno Mars yang menyanyikan “Locked Out of Heaven”, dan Sting joins him on stage. Dan mereka juga menyanyikan “Walking on the Moon”. Rihanna dan Ziggy Marley bergabung dan membawakan “Could You Be Loved”, dari Bob Marley. Damian Marley juga ikut bergabung bersama mereka.

The Lumineers, salah satu nominasi Best New Artist membawakan hit mereka “Ho Hey”. Taylor Swift terlihat menikmatinya. Penampil berikutnya, Jack White membawakan “Love Interrupted” dan “Freedom at 21”.

Katy Perry membawakan nominasi Best New Artist, dan dia sempat mempromosikan produk eyelash linenya. Dan Best New Artist kali ini dimenangkan oleh FUN. Kemudian, Hunter Hayes menyanyikan sebaris dari lagunya dan dilanjut dengan penampilan dari Carrie Underwood, menyanyikan “Blown Away” with her gorgeous princess dress. Dan juga “Two Black Cadillacs” .

Dan, Prince! naik ke atas panggung untuk membawakan nominasi Record of
the Year . Dan sebelum menyebutkan siapa yang akan mendapatkan Grammy untuk nominasi ini, Prince mengatakan “Oh I love this song“, dan kemudian dia menyebutkan “Somebody That I Used To Know” dari Gotye feat. Kimbra yang sebelumnya telah mendapatkan 2 Grammy. Sayangnya, Gotye tidak menyanyi malam ini, dan dia menyapu bersih dari 3 nominasi yang diterimanya.

Performance selanjutnya dari Chick Corea, Kenny Garrett, dan Stanley Clark untuk tribute to Dave Brubeck, pianis jazz dunia. Di In Memoriam kali ini, tribute untuk Levon Helm dipersembahkan oleh Elton John, Zac Brown, T Bone Burnett, Mavis Staples, Mumford and Sons
dan Alabama Shakes lead singer, Brittany Howard yang membawakan lagu “The Weight” dari The Band.
Presenter selanjutnya Juanes menyanyikan “Your Song” milik Elton John sebelum ia menampilkan Frank Ocean. Frank Ocean menyanyikan “Forrest Gump”.

And the last, nominasi Album of The Year yang dibawakan Adele dimenangkan oleh Mumford and Sons untuk album “Babel” . “We weren’t expecting to win“, kata mereka. Ini tak hanya menjadi kemenangan besar untuk mereka, tapi juga labelnya, Glassnote Records. Mereka juga sempat memberi pujian untuk Adele dan outfitnya.

Dan akhirnya, LL Cool J mengakhiri acara dengan tampil bersama Chuck D, Tom Morello dan Travis Barker membawakan single baru dari LL Cool J “Whaddup”. LL Cool J shouted “MCA Forever!” di akhir penampilan. Tahun ini jumlah penonton Grammy mencapai 28,37 juta menurun dari tahun lalu yang mencapai 39,9 juta penonton.

(Vhemmy)

Untuk daftar lengkap pemenang Grammy Awards 2013 bisa klik disini

Related posts

Leave a Reply