Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kid Rock – Rebel Soul
Album of The Day

Album of The Day: Kid Rock – Rebel Soul 

Released by: Warner Music Indonesia

Dalam sejarah karirnya yang merentang sepanjang dua dekade lebih, Kid Rock dulu sempat dikenal sebagai seorang rapper yang cukup fenomenal. Akan tetapi, memasuki tahun 2000-an, ia membanting arah musiknya ke dalam ranah rock n’ roll, blues dan country yang masih dilanjutkan dalam album kesembilannya ini, Rebel Soul.

Pria 42 tahun yang bernama asli Robert James Ritchie menyebar lagu-lagu rock, blues dan country tadi dalam 14 track yang terdapat dalam Rebel Soul. Wow! Gak terasa Kid Rock sudah 22 tahun semenjak album debut Kid Rock. Mendengarkan siingle andalan untuk album tersebut adalah Let’s Ride, seolah kenangan kembali pada keseruan mendengarkan lagu hard rock.

Secara umum, Rebel Soul terdiri dari lagu-lagu bercorak rock, blues, country, atau pun perpaduan diantaranya. Album dibuka dengan dengan Chickens in The Pen yang menghadirkan sentuhan retro yang seru. Terkesan santai namun kita tahu pasti dikerjakan dengan aransemen yang rapi. Ada sedikit sentuhan soul di sini yang mengindikasikan Chickens in The Pen kaya akan referensi musikal Kid Rock.

Coba dengarkan Gucci Galore yang terdengar cukup usil karena menyebut-nyebut nama mantan istrinya Pamela Anderson hingga boss Playboy, Hugh Hefner. Nomor rock ini masih menyimpan sedikit sentuhan hiphop yang dulu sering diusung oleh Kid Rock, meski tentu saja bentuk seutuhnya adalah hard-rock. Nomor-nomor rock fun lain yang bisa disimak adalah Let’s Ride, Celebrate, dan tentu saja Mr. Rock n Roll.

Album ini juga memiliki track yang berjudul God Save Rock N Roll. Namun uniknya ini sama sekali bukan lagu rock n roll murni karena country lebih mendominasi melodinya. Lagu yang ceria ini memang seru sekali menjadi teman melantai dansa di sebuah bar country. Dan Kid Rock patutu dipuji karena vokal rocknya ternyata cukup piawai dalam membawakan lagunya.

Rebel Soul pun diwarnai dengan beberapa lagu-lagu southern rock yang tentu saja lebih kental dengan nuansa country, seperti sebut saja Detroit Michigan, yang dipoles dengan lantunan saxophone. Atau coba dengar saja Redneck Paradise yang dibalur dengan aspek blues yang mengasyikan dan Happy New Year yang melantun sangat laidback.

Akan tetapi, secara umum album diisi oleh banyak lagu country, sebagaimana track yang menjadi judul album, Rebel Soul. Dengan perpaduan antara gitar akustik dan listrik, serta vokal gahar Kid Rock, menghasilkan sebuah lagu anthem yang seru.

Jangan lewatkan pula banyak lagu balada country manis yang memberi semarak tersendiri di album Rebel Soul, seperti Coccaine and Gin. Jangan tertipu judulnya yang gahar karena lagu yang cukup bluesy ini justru mengalun dalam tempo yang berjalan lambat. Beberapa track mid hingga low-tempo bisa disimak dalam track-track seperti The Mirror yang mendapat sedikit sentuhan elektro dan autotunes pada vokal, atau track penutup Midnight Ferry yang penuh dengan emosi.

Rebel Soul memang terdengar agak so last decade jika menilik trend yang berkembang saat ini. Namun keberanian Kid Rock untuk tampil nge-rock yang tradisional seperti ini patut mendapat pujian, karena ia mengembalikan kejayaan rock tepat pada tempatnya. Tampaknya album Rebel Soul harus segera dimiliki oleh penggemar setia Kid Rock atau pun penikmat musik rock/blues/country.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Chickens in the Pen” 4:49
2. “Let’s Ride” 4:51
3. “3 CATT Boogie” 4:24
4. “Detroit, Michigan” 3:56
5. “Rebel Soul” 4:02
6. “God Save Rock n Roll” 5:21
7. “Happy New Year” 3:34
8. “Celebrate” 4:01
9. “The Mirror” 4:46
10. “Mr. Rock n Roll” 6:37
11. “Cucci Galore” 4:25
12. “Redneck Paradise” 5:12
13. “Cocaine and Gin” 4:15
14. “Midnight Ferry” 5:18

Related posts

Leave a Reply