Trending News

Blog Post

Album of The Day: K’Naan – Country, God or the Girl
Album of The Day

Album of The Day: K’Naan – Country, God or the Girl 

Released by: Universal Music Indonesia

Setelah sukses dengan EP. More Beautiful Than Silence di awal tahun 2012, maka rapper/penyanyi/penulis lagu asal Kanada berdarah Somalia, K’naan, sudah menyiapkan album studio keempatnya, Country, God, or the Girl. Yep, he got four album already. Kita umumnya memang mengenal dia semenjak single Wavin’ Flag yang menjadi single promosi Coca Cola untuk Piala DUnia 2010. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika kita menyimak album ini.

Country, God or The Girl sendiri masih mengambil tiga lagu dari EP More Beautiful Than Silence, yaitu Is Anybody Out There?, Nothing to Lose dan Better. Nothing To Lose yang menampilkan rapper Nas yang mengisi bagian verse dari lagu riang ini. Seperti biasa, K’naan tampil dengan santai, baik saat ngerap ataupun bernyanyi. Dengan hook yang catchy, lagu bertempo sedang ini terdengar sangat mengasyikkan untuk disimak dan tanpa sadar sudah ikut dalam iramanya.

Pilihan K’Naan mengajak Nelly Furtado untuk menemaninya dalam menyanyikan Is Anybody Out There mungkin adalah pilihan yang tepat, karena Furtado mampu menyanyikan bagiannya dengan nuansa rapuh seperti yang diinginkan oleh tema lagunya. Yep, meski memakai tempo yang cukup kencang, namun single ini bercerita tentang kepedihan dalam kesendirian. Gemuruh aransemen mengantarkan pilihan nadanya bertendensi menjadi anthem. Sebuah anthem yang galau tampaknya. Sebenarnya tidak ada yang begitu istimewa dengan Is Anybody Out There, sebagaimana kebanyakan lagu rap dengan vokal sebagai teman pengiring, akan tetapi duet K’Naan dan Furtado begitu padu dalam menyanyikan esensi lagunya, sehingga tanpa perlu upaya keras bagi kita untuk larut di dalamnya. Lagunya sendiri cukup sederhana untuk dapat dimengerti. Dan sangat catchy untuk di dengar berulang-ulang.

Sementara itu Better mengambil sampel lagu Lost! milik Coldplay untuk memberi warna antemik pada lagunya. Memberi semangat rock pada semangat hip-hop di dalamnya. Memang, ditengah trend electropop/EDM yang mewabah di skena hip-hop, K’Naan masih percaya dengan hiphop yang organis, sehingga di album ini akan banyak ditemui lagu-lagu sejenis. Bukan berarti K’Naan tidak mencoba menghadirkan lagu elektropop di album ini, karena kita akan masih akan mendengarkan lagu uptempo seperti The Sound of My Breaking Heart yang terdengar sangat RedOne-ish, karena memang RedOne berada di belakngnya.

Single pertama yang diperkenalkan untuk album Country, God or the Girl adalah Hurt Me Tomorrow yang masih bergaya laidback ala K’naan. Dengan pengaruh etnik yang lumayan cantik, K’naan bernyanyi dan juga ngerap. Lagunya santai saja mengikuti aransemen penuh beat musik pengiringnya. Dengan latar belakang darah Somalianya, K’naan memang terdengar agak berbeda dari penyanyi kulit hitam asal Amerika dan Kanada lainnya. World music yang mempengaruhinya adalah pembeda dengan kebanyakan musisi Hip-hop kebanyakan. Dan hal tersebut merupakan nilai tambah bagi lagu-lagunya termasuk untuk single Hurt Me Tomorrow. Single yang sebenarnya cukup “pedih” ini tetap terdengar ceria di tangan K’naan.

Satu yang menjadi catatan adalah K’Naan tidak hanya mencoba menghadirkan lagu-lagu yang organis, akan tetapi juga memasukkan elemen-elemen etnik, terutama Afrika ke dalam barisan lagu-lagunya. Tidak hanya karena K’Naan memiliki cengkok yang khas, namun juga ia menginfusi melodi etnik tersebut dalam baluta notasinya. Dan dengan latar belakang dirinya sebagai seorang penulis puisi, kita dapat merasakan sentuhan artistik yang cukup pekat baik dari lirik maupun notasinya tadi.

Satu yang patut menjadi perhatian, K’Naan tidak melulu ngerap disini, karena umumnya ia lebih memilih untuk bernyanyi secara konvensional, karena umumnya lagu-lagu yang ditawarkannya memang akan lebih efektif tersampaikan pesannya melalui nyanyian, mengingat aransemen yang memadukan antara pop, rock, etnik dan folk. Simak saja 70 Excuses yang kental dengan nuansa Afrika yang merdu atau Bulletproof Pride yang menampilkan Bono dari U2. Lagu-lagu ini dengan efektif menghadirkan sensasi artistik yang terjaga.

Country, God or the Girl mungkin sebuah album Hiphop yang nge-pop ala-ala masa kini, akan tetapi sebagai sebuah dengan mengusuang kualitas musikal yang terjaga, K’Naan menawarkan sebuah album yang cerdas dan juga sebenarnya sangat menyenangkan untuk didengar. Tetap mengusung konsep easy listening akan tetapi tidak pernah murahan. Sangat direkomendasikan.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Seed” 3:35
2. “Gold in Timbuktu” 4:34
3. “Waiting Is a Drug” 3:17
4. “Better” 3:15
5. “Simple” 3:26
6. “Is Anybody Out There?” (featuring Nelly Furtado) 3:58
7. “Hurt Me Tomorrow” 3:27
8. “The Sound of My Breaking Heart” 3:51
9. “Nothing to Lose” (featuring Nas) 3:57
10. “70 Excuses” 4:11
11. “Bulletproof Pride” (featuring Bono) 4:42
12. “The Wall” 4:27

Related posts

Leave a Reply