Trending News

Blog Post

Album of The Day: Les Misérables: Highlights from the Motion Picture Soundtrack
Album of The Day

Album of The Day: Les Misérables: Highlights from the Motion Picture Soundtrack 

Released by: Universal Music Indonesia

Les Misérables adalah sebuah novel klasik paling popular di abad ke 19, ditulis oleh Victor Hugo dan saat ini dianggap sebagai salah satu karya sastra terbaik. Ia bahkan sukses mempertahankan reputasinya semenjak diterbitkan pada tahun 1862 hingga sekarang. Tidak hanya itu ia menginspirasi sebuah pementasan drama musikal legendaris berjudul sama di tahun 1980, yang juga masih terus dipentaskan hingga saat ini.

Di tahun 2012, sineas pemenang Oscar, Tom Hooper (The King’s Speech), memutuskan untuk mengangkat pementasan drama musikal tersebut dalam bentuk film yang dibintangi oleh banyak bintang terkenal, seperti Hugh Jackman, Russell Crowe, Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Eddie Redmayne, Helena Bonham Carter, Sacha Baron Cohen dan Samantha Barks

Disini kita tidak akan membahas film salah satu nominasi Oscar di tahun 2013 ini akan tetapi album soundtracknya yang menyertai. Sebagai catatan, lagu-lagu dalam Les Misérables ditulis oleh Claude-Michel Schönberg dan lirik ditulis oleh Alain Boublil dan Jean-Marc Natel, serta adaptasi dalam bahasa Inggris oleh Herbert Kretzmer. Sebagai catatan, filmnya mencakup 50 buah lagu karena sebagai musikal, dialog dalam film Les Misérables memang dihadirkan dalam bentuk nyanyian.

Albumnya soundtracknya sendiri kemudian diberi nama Les Misérables: Highlights from the Motion Picture Soundtrack, dan hanya menghadirkan 20 buah lagu yang dianggap highlight dari 50 buah lagu yang terdapat di dalam filmnya.

Para pemain yang disebut diatas menyanyikan langsung dialog mereka. Tentu saja bukan sesuatu yang aneh jika para bintang film yang terlibat dalam film musikal menyanyikan sendiri lagu-lagunya. Yang menjadi pembeda, Tom Hooper memutuskan untuk membiakan para aktor menyanyikan langsung lagu-lagunya ketimbang merekam vokal mereka terlebih dahulu di studio. Tanpa polesan dan apa adanya. Sebuah pilihan yang berani, mengingat latar belakang para pemainnya.

Beberapa nama memang sudah berpengalaman di skena musikal sebelumnya. Sebut saja Hugh Jackman yang bahkan pernah memenangkan Tony Awards untuk pementasan The Boy from Oz, juga Amanda Seyfried yang pernah terlibat dalam Mamma Mia!, atau Helena Bonham Carter dan Sacha Baron Cohen dalam Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street.

Beberapa nama lain juga memiliki latar belakang musik seperti Russel Crowe yang pernah menjabat sebagai vokalis band bernama Odd Foot of Grunts atau Samantha Barks yang merupakan seorang penyanyi. Dan Eddie Redmayne pernah memenangkan Tony pula untuk pemetasan Red. Sementara itu, bagi seorang Anne Hathaway ini mungkin menjadi pengalaman musikal pertamanya.

Yang harus menjadi catatan, kebanyakan dari mereka adalah aktor, sehingga musik bukanlah resume utama mereka. Tentu saja jika harus membandingkan dengan penyanyi asli, secara kualitas vokal jelas mereka tertinggal jauh. Ada beberapa bagian vokal mereka terdengar “aneh” jika tidak mau disebut tidak mencapai note yang tepat. Sebagai contoh Russel Crowe yang terkadang terdengar tidak pas dalam menyanyikan bagiannya. Bahkan seorang Hugh Jackman saja terdengar agak “maksa” dan meleset di beberapa lagu.

Yang paling mencuri perhatian tentu saja Anne Hathaway. Ia dengan sukses menalukkan lagu penuh emosi seperti I Dreamed A Dream. Sebagai penyanyi, vokalnya mungkin tidak istimewa, namun sebagai aktris, penjiwaanya sangat sempurna sehingga mampu untuk mengajak kita tersedot dalam arus emosi lagunya. Jangan lewatkan juga lagu yang dinyanyikan dengan penuh penghayatan oleh Samantha Barks, On My Own. Kedua lagu ini bisa disebutkan sebagai higlight dari album ini.

Dengan hanya mencomot 20 lagu dari 50 lagu yang ada, Les Misérables: Highlights from the Motion Picture Soundtrack, memang tidak bisa mencuplik semangat atau esensi filmnya secara utuh. Ia hanya bisa disimak secara parsial sebagai sebuah album soundtrack saja. Akan tetapi bukankah memang itu “tugas” dari album ini?

Bagi yang awam bagi materi aslinya, atau bahkan belum menonton filmnya, album ini bisa saja akan sedikit sulit untuk didengar, karena mengandung konsep theatrikal yang besar. Belum lagi teknik live-record yang akan membuat lagu-lagunya terdengar “raw” atau kasar/mentah. Namun begitu, setelah beberapa kali dengar, barulah kita (mungkin) bisa merasakan atmosfir megah dan dramatis yang terdapat di dalam filmnya.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST

No. Title Artist Length
1. “Look Down” Hugh Jackman, Russell Crowe and Convicts 2:21
2. “The Bishop” Colm Wilkinson 1:34
3. “Valjean’s Soliloquy” Hugh Jackman 3:18
4. “At the End of the Day” Hugh Jackman, Anne Hathaway, Foreman, Factory Girls and Cast 4:27
5. “I Dreamed a Dream” Anne Hathaway 4:38
6. “The Confrontation” Hugh Jackman and Russell Crowe 1:55
7. “Castle on a Cloud” Isabelle Allen 1:11
8. “Master of the House” Sacha Baron Cohen, Helena Bonham Carter and Cast 4:52
9. “Suddenly” Hugh Jackman 2:32
10. “Stars” Russell Crowe 3:01
11. “ABC Café / Red and Black” Eddie Redmayne, Aaron Tveit and Students 4:21
12. “In My Life / A Heart Full of Love” Amanda Seyfried, Eddie Redmayne and Samantha Barks 3:12
13. “On My Own” Samantha Barks 3:11
14. “One Day More” Cast of Les Misérables 3:39
15. “Drink with Me” Eddie Redmayne, Daniel Huttlestone and Students 1:41
16. “Bring Him Home” Hugh Jackman 3:37
17. “The Final Battle” Students and Cast of Les Misérables 3:17
18. “Javert’s Suicide” Russell Crowe 3:00
19. “Empty Chairs at Empty Tables” Eddie Redmayne 3:13
20. “Epilogue” Cast of Les Misérables 6:20

Related posts

Leave a Reply