Trending News

Blog Post

Album of The Day: Tulisa – The Female Boss
Album of The Day

Album of The Day: Tulisa – The Female Boss 

Released by: Universal Music Indonesia

Ketika berada di N-Dubz, Tulisa dan teman-temannya masuk dalam kategori diperhitungkan. Tapi ternyata perhitungan terhadap grupnya tersebut tidak bisa membuat proyek solo Tulisa ikut diperhitungkan pula. Pastilah kesuksesan N-Dubz yang membuat ada ekspektasi yang terbangun untuk “The Female Boss” ini. Sehingga ketika yang dihasilkan tidak mencapai ekspektasi, ulasan yang kurang memuaskan pun lahir melekat pada karya tersebut.

Apa itu female boss? Lewat “Intro” Tulis menjelaskan bagaimana sesuatu yang baik bisa muncul di saat yang tidak menguntungkan: “she is strong when she is weak, she is brave when she is scared, she is humble when she is victorious, she is female boss”. Frase “The Female Boss” juga muncul dalam track ‘British Swag’ yang sepertinya memberikan definisi lanjutan tentang ide utama dari album yang dirilis di bulan terakhir 2012 lalu ini. ‘British Swag’ yang menampilkan rap oleh Nine merupakan sebuah track R&B hip-hop yang cukup solid beat-nya, dibantu dengan dubstep yang konstan hadir di sela-sela beat tersebut.

Album ini didominasi oleh lagu yang mengajak kita untuk berpesta. Ada yang menawarkan pesta pora dalam semarak suasana: ‘Live It Up (feat. Tyga)’, ‘Live Your Life’, ‘I’m Ready’; dan ada pula yang menciptakan nuansa lebih intimate: ‘Foreigner’, ‘Steal My Breath Away’, ‘Damn’. Tapi itu belum semua, karena masih ada penawaran yang emosional yang bisa diambil dari beberapa lagu bertempo rendah berikut: ‘Skeletons’, ‘Sight of You’, dan ‘Habit’. Tulisa bukan tipe vokalis yang punya big voice, namun ia menyodorkan olahan emosi dalam lirik yang lirih. Cicipi ‘Skeletons’ yang disajikan dalam erangan vokal Tulisa.

“The Female Boss” juga bisa diartikan sebagai penguasaan lapangan yang dilakukan Tulisa terhadap albumnya ini. Ia terlibat dalam penulisan seluruh lagu dalam album ini, sementara memperoleh bantuan dari Rico Love, Jean Baptiste, Stereotype, The Dream, Toby Gad, Diane Warren, hingga Eg White sebagai produsernya. Mereka-merekalah yang punya andil sehingga ‘Visa’ yang ngehip-hop bisa berada di satu rekaman dengan ‘Counterfeit’ yang membalada.

Menilik single andalan album ini, ‘Young’, sebuah lagu club ready yang menceriakan dan penuh nilai komersial, Tulisa seharusnya gampang menjual album ini. ‘Young’ berhasil menjuarai singles chart di UK, sayangnya itu tidak memberi efek yang besar pada album penuhnya. Karena ketika “The Female Boss” dirilis, angka penjualannya kurang cemerlang. Tapi ini sedikitpun tidak menjadi kekhawatiran bagi Tulisa. Karena yang ia kejar bukanlah posisi puncak chart, tapi akumulasi penjualan yang nantinya dianugerahi platinum. Waktu masih panjang untuk melihat apakah album berisi 16 track ini nantinya mampu meraih prestasi tersebut.

Official Website

TRACKLIST
1. Intro 1:18
2. Young 4:12
3. Live it Up (feat. Tyga) 3:52
4. Dam 3:02
5. British Swag (feat. Nines) 3:41
6. Live Your Life 3:58
7. Visa (feat. Wiley) 3:31
8. Foreigner 4:50
9. Skeletons 4:50
10. I’m Ready 3:47
11. Steal My Breath Away 4:17
12. Kill Me Tonight 3:47
13. Counterfeit 4:07
14. Habit 3:49
15. Sign of You 4:39
16. Outro 0:39

Related posts

Leave a Reply