Trending News

Blog Post

Album of The Month: Various Artist – 2013 Grammy Nominees
Album of The Day

Album of The Month: Various Artist – 2013 Grammy Nominees 

Released by: Warner Music Indonesia

Ada 22 track yang dikumpulkan dalam sajian “2013 Grammy Nominees” ini. Layaknya tahun-tahun terdahulu, produser eksekutif album akan mengambil field yang diberikan spotlight sehingga tersaji di setiap seri album mereka. Hanya saja belakangan mereka lebih kreatif dalam memposisikan tracklist dalam album, sehingga tidak lagi terkotak berdasar pada field yang memungkinkan pendengar dengan ketertarikan pada field tertentu akan melewatkan sajian dari field yang ia kurang favoritkan.

Dan apa saja sajian field di album tahun ini? Selain kategori umum: Record of the Year, Song of the Year, Album of the Year, Best New Artist, juga ada Pop dan Rock sebagai field yang disoroti; Best Pop Solo Performance, Best Pop Vocal Album, Best Rock Performance, Best Rock Song, dan Best Rock Album. Karena kompleksnya unggulan sekaligus selektifnya produser eksekutif album, 22 track masih kurang menyajikan ‘Thinking About You’ dari Record of the Year dan ‘Where Have You Been’ dari Best Pop Solo Performance.

Album dibuka dengan ‘Lonely Boy’, sebuah lagu rock yang mengusung sound oldschool rock sekaligus mengandung ke-catchy-an masa kini oleh The Black Keys. Dan bam! Selanjutnya adalah parade hits: ‘Stronger (What Doesn’t Kill You)’, ‘We Are Never Ever Getting Back Together’, ‘Somebody That I Used To Know’, ‘Wide Awake’, dan ‘We Are Young’. Semuanya adalah hit besar di 2012 yang membuat nama setiap penampilnya; Kelly Clarkson, Taylor Swift, Gotye, Katy Perry, dan Fun masuk ke deretan artis top dunia.

Yang hadir dari ranah pop, Florence + The Machine, Pink, dan Maroon 5 menghadirkan lagu masing-masing yang tak kalah menggemparkan. ‘Shake It Out’, ‘Try’, dan ‘Payphone’ masing-masing memiliki dampak tak hanya di genre pop, tapi juga di lahan umum musik. Pop memiliki keistimewaan karena popularitasnya yang otomatis menguasai tema umum dari kekhususan yang sudah ia kuasai terlebih dahulu. Kalau ketiga nama di atas memperoleh unggulan untuk karya musik mereka berupa album, maka Carly Rae Jepsen, si gadis manis asal Kanada ini mendapatkan kesempatannya bersanding dengan nama-nama besar seperti Adele dan Kelly Clarkson untuk single ‘Call Me Maybe’. Lagu yang fun ini memaksa para juri untuk meloloskan namanya sebagai salah seorang vokalis pop terbaik di 2012 sehingga menggeser nama John Mayer, Jason Mraz, dan Bruno Mars dari atas meja.

I praise next 4 songs on the list; ‘Adorn’, ‘The A Team’, ‘Wanted’, dan ‘Ho Hey’. Keempatnya punya rasa yang berbeda satu sama lain yang membuat dinamika album menghadirkan harmoni ke telinga, bak mata menatap indahnya pelangi. Miguel, Ed Sheeran, Hunter Hayes, dan The Lumineers menggebrak jagad musik dengan musik mereka yang mutlak enaknya. Ini tanpa mengecilkan daftar lagu lain yang menyusul, karena selanjutnya berjajar lagu-lagu rock dengan tawaran beragam sound, dengan twist sebuah track R&B yang menyempil di antaranya. ‘Hold On’, ‘I Will Wait’, ‘Pyramids’, ‘We Take Care of Our Own’, ‘Freedom At 21’, ‘Madness’, dan ‘Charlie Brown’, menggambarkan bahwa laki-laki juga punya tempat yang layak sepanjang 2012. Menyeimbangkan pandangan di kategori Pop Solo yang unggulannya seluruhnya adalah wanita, termasuk Adele dengan ‘Set Fire To The Rain (Live)’ yang tersaji sebagai track penutup.

Kualitas, kuantitas, popularitas, Grammy mengemas semuanya. Gerigi musik ke telinga hasil dari racikan tracklist dalam album ini adalah sesuatu yang menyegarkan. Sementara paket ke album yang disertai sarung slipcase memperunik sajian untuk mata. Semoga album ini tidak mendapat sekedar “I Like”, melainkan sebuah “I Love” dari para pendengarnya.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Lonely Boy – The Black Keys 3:13
2. Stronger (What Doesn’t Kill You) – Kelly Clarkson 3:42
3. We Are Never Ever Getting Back Together – Taylor Swift 3:11
4. Somebody That I Used To Know (feat. Kimbra) – Gotye 3: 27
5. Wide Awake – Katy Perry 3:39
6. We Are Young (feat. Janelle Monae) – Fun 3:53
7. Shake It Out – Florence + The Machine 3:51
8. Try – Pink 4:00
9. Payphone (feat. Wiz Khalifa) – Maroon 5 3:51
10. Call Me Maybe – Carly Rae Jepsen 3:13
11. Adorn – Miguel 3:13
12. The A Team – Ed Sheeran 3:42
13. Wanted – Hunter Hayes 3:48
14. Ho Hey – The Lumineers 2:34
15. Hold On – Alabama Shakes 3:45
16. I Will Wait – Mumford & Sons 4:35
17. Pyramids – Frank Ocean 4:00
18. We Take Care Of Our Own – Bruce Springsteen 3:53
19. Freedom At 21 – Jack White 2:46
20. Madness – Muse 3:34
21. Charlie Brown – Coldplay 3:45
22. Set Fire To The Rain (Live) – Adele 4:10

Related posts

Leave a Reply