Trending News

Blog Post

February 2013 Artist Highlight – Josh Groban
Reviews

February 2013 Artist Highlight – Josh Groban 

Siapa yang menyangka anak dari seorang pebisnis dan seorang guru sekolah akan menjadi salah satu penyanyi pop opera terpopuler dunia. Joshua Winslow Groban, atau yang dikenal luas dengan nama Josh Groban menemukan jalannya menjadi seorang superstar di usia 17 tahun. Saat itu, produser dan penulis lagu kenamaan, David Foster tengah dibuat pusing oleh perhelatan Grammy tahun 1999 dimana seyogyanya Andrea Bocelli harus mengadakan latihan untuk penampilannya bersama Celine Dion. David menjadikan Josh sebagai pengganti Andrea saat latihan, dan menyiapkan untuk performance ready manatau Andrea pun berhalangan hadir di malam penghargaan. Sayangnya buat Josh, karena Andrea yang hadir membuatnya batal untuk mendebutkan diri di siaran televisi. Tapi rezeki memang tak kemana, karena selanjutnya Josh berhasil nongol di TV untuk acara Rossie O’Donnell sepekan setelahnya.

Pesona Josh juga mulai memikat kalangan musisi, atlet, dan politisi. Josh ditampilkan dalam konser Sarah Brightman, mengisi soundtrack film “Artificial Intelligence”, tampil untuk acara amal yang diselenggarakan oleh Andre Agassi, Muhammad Ali, dan juga Bill Clinton yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat pada saat itu. Semua ini memudahkan Josh dalam perilisan album perdananya, “Josh Groban” di tahun 2001, setelah ia dikontrak oleh Warner Brothers Records via 143 Music bekerjasam dengan HitQuarters. Album dengan single hit ‘To Where You Are’ ini memperoleh respon yang luar biasa dari penikmat musik. Di AS mendapat sertifikat double platinum setelah terjual di atas angka dua juta kopi. Ia pun dibuatkan tayangan TV spesial, “Josh Groban In Concert” yang tayang di PBS pada tahun 2002. Nama Josh juga tercatat sebagai salah satu pemeran pembantu di serial “Ally McBeal”. Ia bernyanyi untuk episode terakhir serial tersebut di tahun 2001. Dan tampaklah bahwa televisi memegang peranan penting untuk karir Josh.

Meskipun demikian, Josh tetap menanggap bahwa masyarakat mengenal sosoknya lebih lewat musiknya dibanding lewat penampilannya di TV. Album keduanya, “Closer” dirilis di tahun 2003, menampilkan hit ‘You Raise Me Up’ yang hingga saat ini, versi Josh untuk lagu duo Secret Garden tersebut dinyatakan sebagai versi terpopuler. Josh pun diunggulkan di Grammy berkat penampilannya ini. Tak cuma itu, ia yang dipercaya untuk menyanyikan lagu ‘Believe’ untuk film “The Polar Express” membawa lagu tersebut sebagai salah satu unggulan di ajang Oscar dan Grammy untuk ketagori Best Original Song dan Best Song Written For A Motion Picture. Album ketiga Josh, “Awake” dirilis di tahun 2006, dimana ia mengadakan tur di 71 kota di AS, berikut mengunjungi Australia dan Filipina untuk album ini. Single hit yang berhasil dicetak adalah ‘You Are Loved’.

Sukses enggak pernah gagal mampir di album Josh. Di tahun 2007 contohnya, saat ia merilis album Natal berjudul “Noel”, album ini kemudian menjadi salah satu album Natal tersukses dalam sejarah di AS. Itulah yang akhirnya dituai oleh Josh berkat kegigihannya dalam menggali potensi seni sejak kelas 5 SD. Pendidikan formal di bidang seni diteruskannya hingga ke jenjang universitas. Sehingga tak perlu keluar pertanyaan mengenai musikalitas. Josh menjajal kesempatannya untuk lebih mendalami sajian musiknya lewat kerjasama dengan Rick Rubin di album kelimanya “Illuminations”. Album yang menampilkan hit ‘Hidden Away’ ini juga menuntun Josh untuk melaksanakan tur dalam rangka promosi album di tahun 2011.

Kini, di bulan Februari ini, Josh merilis album keenamnya, “All That Echoes” yang berisi belasan lagu yang dijamin memanjakan telinga pendengar. Single pertama ‘Brave’ sudah dilepas dan mendapat sambutan yang lumayan bagus dari para penggemarnya. Dalam album ini, Josh bekerjasama dengan Rob Cavallo yang kerap tampil di album musisi rock. Josh sendiri berhasil menampilkan Laura Pausini dan Arturo Sandoval untuk bersanding dengannya masing-masing untuk lagu ‘E Ti Promettero’ dan ‘Un Alma Mas’. Kehadirannya dengan album keenam ini adalah undangan buat kalian semua untuk kembali menikmati musik pop klasik tawaran Josh yang dipastikan hadir dalam vokal tenor berkarakter dengan ruh yang kuat dan mempengaruhi. “All That Echoes” akan menggema sebulan penuh dalam Artist Highlight oleh Creativedisc dan Warner Music Indonesia.

Official Website
Official Facebook
Official Twitter @joshgroban

Official Website Warner Music Indonesia
Official Twitter @WarnerMusicID

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply